Hari Pariwisata Dunia 2020 ,Tourism and Rural Development

0
10

 

 

 

SPANYOL, bisniswisata.co.id: Sekjen Badan Pariwisata Dunia ( UNWTO), Zurab Pololikashvili memberikan pesan khusus memperingati Hari Pariwisara Dunia tiap 27 September. Berikut pesannya kepada semua negara anggota. Berikut pesannya ;

Selama 40 tahun terakhir, Hari Pariwisata Dunia telah menyoroti kekuatan pariwisata untuk menyentuh hampir setiap bagian dari masyarakat kita.  Saat ini, pesan ini lebih penting dari sebelumnya.

Tema Hari Pariwisata Dunia 2020 – Pariwisata dan Pembangunan Pedesaan – sangat relevan saat kita menghadapi krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Pariwisata telah terbukti menjadi penyambung hidup bagi banyak komunitas pedesaan.  Namun, kekuatan sebenarnya masih harus dikerahkan sepenuhnya. 

Sektor ini tidak hanya menjadi sumber utama lapangan kerja, terutama bagi perempuan dan pemuda.  Ini juga memberikan peluang untuk kohesi teritorial dan inklusi sosio-ekonomi untuk wilayah yang paling rentan.

Pariwisata membantu masyarakat pedesaan mempertahankan warisan alam dan budaya mereka yang unik, mendukung proyek konservasi, termasuk melindungi spesies yang terancam punah, tradisi atau rasa yang hilang.

Pandemi COVID-19 telah membuat dunia terhenti.  Sektor kita termasuk yang paling terpukul dengan jutaan pekerjaan berisiko.

Saat kita bekerja sama untuk memulai kembali pariwisata, kita harus memenuhi tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa manfaat pariwisata dibagikan oleh semua.

 Krisis ini merupakan kesempatan untuk memikirkan kembali sektor pariwisata dan kontribusinya bagi manusia dan planet;  sebuah kesempatan untuk membangun kembali dengan lebih baik menuju pariwisata yang lebih berkelanjutan, inklusif dan tangguh.

 Menempatkan pembangunan pedesaan di jantung kebijakan pariwisata melalui pendidikan, investasi, inovasi dan teknologi dapat mengubah mata pencaharian jutaan orang, melestarikan lingkungan dan budaya kita.

Sebagai sektor lintas sektor utama, pariwisata berkontribusi secara langsung atau tidak langsung pada semua Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

 Memanfaatkan pariwisata sebagai pendorong pembangunan pedesaan akan membuat komunitas global tetap pada jalurnya untuk mencapai Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan, rencana ambisius kita untuk manusia dan planet.

Saat kita menandai 75 tahun Perserikatan Bangsa-Bangsa, inilah saatnya untuk benar-benar memenuhi potensi besar pariwisata.

Termasuk kemampuannya yang unik untuk mendorong pembangunan bagi masyarakat pedesaan, mendukung janji kita untuk tidak meninggalkan siapa pun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.