Geplak, Camilan Khas Bantul Sasar Penjualan Via Online

0
48
Geplak, camilan ringan yang unik dan menarik (Foto: dana Desa)

BANTUL, bisniswisata.co.id: Berwisata ke Bantul Yogyakarta tak lengkap tak menikmati camilan ringan yang lagi ngetrend. Geplak. Namanya memang unik. Menarik juga mengagumkan. Bahkan bentuk teksturnya juga menarik, seperti bola sodok. Apalagi geplak hadir dengan aneka warna yang memikat. Karenanya, Geplak bisa menjadi buah tangan untuk orang-orang tercinta. Geplak memiliki cita rasa yang khas, legit menggigit.

Makanan ringan yang sangat tradisional dan klasik ini, terbuat dari parutan kelapa dan gula pasir atau gula jawa ini, rasanya manis juga renyah jika digigit. Ada pula yang menyebutnya sebagai makanan Betawi dengan tambahan bahan berupa tepung beras dan daun jeruk purut. Kebanyakan geplak adalah hasil industri rumah tangga dan kerap dijumpai di toko oleh-oleh yang berada di Yogyakarta dan sekitarnya.

Awal kemunculannya, Geplak hanya memiliki dua varian warna yaitu putih dan coklat. Warna putih biasanya menggunakan gula tebu, sedangkan yang berwarna coklat terbuat dari gula jawa. Seiring dengan berjalannya waktu, mulai bermunculan kreasi baru dari segi warna dan rasa dalam pengolahan makanan ini.

Yang awalnya hanya mempunyai dua warna, sekarang menjadi bermacam warna seperti merah, hijau, kuning, putih dan coklat. Selain itu, yang awalnya hanya rasa gula tebu dan gula jawa, kini cita rasa Geplak juga di menjadi lebih bervariasi, muncul berbagai rasa baru seperti rasa kacang, jahe, strawbery dan durian.

Cara membuatnya pun relatif mudah bahkan sederhana. Pertama, rebuslah air matang bersama gula pasir hingga larut. Kemudian, masukkan tepung beras, garam, dan parutan kelapa, lalu tunggu hingga mendidih. Jika sudah mendidih, kamu masih harus memisahkan adonan ini menjadi beberapa bagian. Beri pewarna yang berbeda untuk setiap adonan, lalu bentuklah sesuai selera.

Letakkan adonan yang sudah dibentuk di loyang dan tunggu hingga mengeras. Sebelum dikreasikan dengan pelbagai pewarna, geplak dulunya sekadar menjadi pengganti nasi. Saat musim paceklik datang, nggak sedikit warga yang mengolahnya untuk mengatasi rasa lapar.

Salah satu produsen geplak yang sudah terkenal dan sangat direkomendasikan yaitu Geplak Mbok Tumpuk. Varian rasa geplak mbok tumpuk adalah Durian, Gula Jawa, Jeruk dan Framboze. Semua prosesnya masih dengan cara tradisional. Kuali yang digunakan dalam pembuatan geplak terbuat dari tembaga dan proses memasaknya menggunakan tungku dengan bahan bakar berupa kayu. Saat ini Geplak Mbok Tumpuk dalam satu kilo berharga Rp. 30.000,-.

Era teknologi dengan kehadiran e-commerce. ternyata geplak juga tak ketinggakan dengan menjajakan dagangannya via daring. Beberapa toko online pun menjual makanan ringan asal Bantul ini. Tujuannya tidak perlu jauh-jauh ke Bantul jika lagi kepingin, cukup di media daring pun Geplak bisa didapatkan. Seperti di Tokopedia.com, (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.