DESTINASI INTERNATIONAL LIFESTYLE NEWS

Festival Gua Pamerkan Kekayaan Alam kota Davao Sur

Walikota  Matanao , Vincent Fernandez mengajak masyarakat untuk mengeksplorasi keajaiban alam mereka saat membuka Festival Gua 2023 pada Kamis ,18 Mei 2023. ( Foto: PNA/ Che Palicte)

MATANAO, Davao del Sur, Filipina, bisniswisata.co.id:  Festival Gua 2023 berlangsung untuk memamerkan sumber daya alam kota ini dan dibuka oleh Walikota  Matanao, Vincent Fernandez.

Walikota Vincent Fernandez mengatakan festival tiga hari yang berlangsung 18-20 Mei ini mencakup kegiatan seperti pameran gua dan foto, lukisan mural, penanaman pohon, dan penjelajahan gua.

“Kami ingin masyarakat tahu bahwa kami memiliki gua-gua yang indah ini.  Kami memiliki sekitar 60 hingga 70 gua yang masih belum dijelajahi, ”katanya. Saat ini, dua gua, Su’bon dan Asbang Fak Sol, keduanya terletak di Barangay Asbang, dibuka untuk umum.

         Walikota  Matanao, Vincent Fernandez

Fernandez mengungkapkan optimisme bahwa lebih banyak pekerjaan di wilayah tersebut akan dihasilkan jika Biro Pertambangan dan Geosains dan Departemen Lingkungan dan Sumber Daya Alam (DENR) akan menyetujui pembukaan lebih banyak gua untuk umum.

“Lapangan akan semakin banyak karena kita akan membuka penginapan, butik, restoran, toko, dan lain-lain,” katanya. Sementara itu, walikota juga mengimbau warga di kawasan pegunungan untuk berhenti menebang pohon guna mencegah erosi.“Kami akan menilai dan memberi mereka mata pencaharian mereka,” katanya.

Negeri gua

Clover Jane Sabornido, kepala dinas pariwisata Matanao, mengatakan mereka siap menjadi “negara gua” di provinsi tersebut, berdasarkan penilaian The Department of Environment and Natural Resources (DENR)

Dia mengatakan mereka mengandalkan persetujuan DENR karena badan tersebut adalah satu-satunya badan yang berwenang untuk menilai dan memberikan rencana pengelolaan gua. “Kalau DENR menyetujui, barulah Dinas Pariwisata masuk. Setiap gua memiliki persiapan tiga tahun sebelum dibuka untuk umum,” ujarnya.

Hilda Ansariah Sabri

Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers dan Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat (2018-2023)