Uncategorized

DOT-Cordillera: Memberikan Pengalaman Wisata Untuk Pertahankan Kemajuan

PARIWISATA EKSPERIENSIAL. Departemen Pariwisata (DOT) Filipina mendesak para pemangku kepentingan untuk melakukan aktivitas yang memungkinkan pengunjung mendapatkan pengalaman lengkap di destinasi tersebut, seperti memetik stroberi di La Trinidad, Benguet. Direktur DOT-Cordillera Jovita Ganonga dalam wawancara, Senin (1 April 2024) mengatakan experiential tour akan mendorong kunjungan kembali. (Foto file PNA)

KOTA BAGUIO, Filipina, bisniswisata.co.id:  Departemen Pariwisata di Wilayah Administratif Cordillera (DOT-CAR) mengatakan para pemangku kepentingan harus memanfaatkan keuntungan dari wisata eksperiensial untuk meningkatkan kunjungan kembalinya wisatawan.

Destinasi wisata harus memiliki kegiatan yang dapat diikuti oleh wisatawan dan akan memberikan kesan pribadi tentang tempat dan budaya tersebut, kata Jovita Ganongan, direktur DOT-CAR, mengatakan dalam wawancara per telpon Senin seperti dilansir PNA.

“Jangan hanya sekedar menawarkan tempatnya. Mari kita memberikan pengalaman berbeda kepada wisatawan, selain sekadar melihat atraksi indah kita.” tegasnya.

Pada tahun 2023, wilayah ini menerima 1,6 juta wisatawan, mendekati rekor tahun 2019 yaitu 2,01 juta wisatawan. Jovita Ganongan menyebut tenun tali atau alat tenun agar wisatawan dapat merasakan bagaimana suatu kain disatukan.

“Mereka bahkan akan mengapresiasi bahan atau pakaiannya jika mereka juga berupaya dalam penciptaan produknya,” ujarnya.

Tarian Cordillera, nyanyian, pakaian asli dan minum tapuey (arak beras) juga akan menjadi pengalaman berharga bagi wisatawan, kata Ganongan.

Para tamu juga dapat berpartisipasi selama panen bunga dan buah, terutama jeruk Sagada dan stroberi La Trinidad, Benguet.

“Kami meminta operator kami untuk mengadakan tur keliling,” katanya, mengacu pada menghubungkan provinsi dan lokasi,” ungkapnya.

Hilda Ansariah Sabri

Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers dan Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat (2018-2023)