CRUISE INTERNATIONAL

Destinasi Terbaru Untuk Menyambut Kembali Leisure Cruises

Kapal Carnival Cruise Line merapat di Long Beach, California. (FOTO: adibili /iStock Editorial/Getty Images Plus)

NEW JERSEY, bisniswisata.co.id: Kapal pesiar penumpang telah muncul pascapandemi di beberapa pelabuhan sejak pelayaran dihentikan secara global oleh pecahnya pandemi COVID-19.

Dilansir dari travelpulse.com beberapa waktu lalu, pelabuhan pelayaran utama Pantai Timur AS sebagian besar melanjutkan operasinya dalam  memanfaatkan musim panas sementara pelayaran Pantai Barat tampaknya dimulai lebih lambat.

Riviera Meksiko

Pada 21 Agustus, Karnaval Panorama menjadi kapal pesiar pertama yang melanjutkan berlayar dari California dan menandai keberangkatan pertama sektor ini keluar dari pelabuhan Long Beach Harbour area Los Angeles sejak jeda global dimulai pada Maret 2020.

Panorama sebenarnya mempelopori beberapa pengalaman pertama pasca-pandemi selama seminggu terakhir, karena memanggil pelabuhan di sepanjang Riviera Meksiko yang belum menyambut kapal pesiar penumpang dalam hampir satu setengah tahun.

Itu menjadi kapal pesiar pertama yang disambut kembali di Cabo San Lucas, Mazatlán dan Puerto Vallarta, di mana ia disebut sebagai bagian dari rencana perjalanan tujuh hari. Panorama diatur untuk melanjutkan pelayaran mingguan di sepanjang rute yang sama sepanjang sisa musim.

Untuk pelayaran pertama ini, Karnaval Panorama kelas Vista berlayar dengan kapasitas 75 persen, dengan sekitar 2.750 penumpang, setidaknya 97 persen di antaranya telah divaksinasi lengkap. Kapal ini memiliki total kapasitas tamu 4.008 dan berlayar dengan hingga 1.450 awak.

Kapal tersebut adalah kapal kedelapan Carnival Cruise Lines yang kembali beroperasi dari 24 armada kapal induk, mengikuti kapal yang sudah berlayar dari Miami, Orlando, dan Galveston. 

Kepala Administrasi Pelabuhan Integral Los Cabos, Fernando Hoyos mengatakan bahwa organisasinya mengharapkan untuk menyambut 50.000 penumpang kapal pesiar selama empat bulan ke depan.

Cruise Hive melaporkan bahwa jalur pelayaran lainnya juga akan mengembalikan berbagai kapal untuk berlayar di Riviera Meksiko sebelum tahun ini berakhir, termasuk Navigator of the Seas dari Royal Caribbean, Grand Princess dari Princess Cruises, Norwegian Bliss dari Norwegian Cruise Line, dan Koningsdam dan Holland America. Zuiderdam.

Kolumbia

Di luar Meksiko, tujuan lain juga merayakan kembalinya pelayaran internasional ke pantai mereka, termasuk Kolombia, di mana pelayaran pasca-pandemi pertama tiba di Pelabuhan Cartagena pada 24 Agustus lalu. 

Kapal itu adalah Star Breeze dari Windstar Cruises, dengan 312 penumpang dan 190 anggota awak kapal, yang berhenti sebagai bagian dari pelayaran Karibia 14 hari saat ini.

Menurut Cruise Mapper, 122 kapal pesiar dijadwalkan tiba di pelabuhan Cartagena musim ini, yang dimulai dengan kedatangan Star Breeze pada hari Selasa dan berlanjut hingga 14 Juni 2022.

Dalam siaran pers, ProColombia mengatakan 26 jalur pelayaran diharapkan mengunjungi Cartagena sepanjang rute mereka musim ini dan tujuh di Santa Marta, sebuah kota yang juga terletak di wilayah Karibia Raya di negara itu. 

Di antara mereka yang telah merencanakan kedatangan di Cartagena adalah Carnival Cruise Line, Celebrity Cruises, Holland America, MSC Cruises, Princess Cruises dan Royal Caribbean, sementara Norwegia dijadwalkan untuk berhenti di Santa Marta.

Bonaire

Di Antillen Belanda, Bonaire juga bersiap-siap menerima kunjungan kapal pesiar pertamanya sejak pandemi menutup sektor tersebut. Celebrity Cruises ‘Celebrity Equinox berlabuh di ibu kota Bonaire, Kralendijk pada 2 September.

Pulau Karibia Belanda siap dengan protokol kesehatan baru untuk tamu kapal pesiar. Penumpang yang divaksinasi lengkap harus memberikan bukti vaksinasi, serta menunjukkan hasil tes PCR pra-naik asli mereka, sementara mereka yang tidak divaksinasi akan diminta untuk menunjukkan tes antigen negatif yang diambil tidak lebih dari 24 jam sebelum tiba di Bonaire.

“Kami senang dengan dimulainya kembali pariwisata kapal pesiar; ini berarti dimulainya kembali lebih banyak kegiatan ekonomi di pulau kami setelah pandemi,” kata Hennyson Thielman, Komisaris Urusan Pariwisata dan Ekonomi Bonaire, kepada Caribbean Journal. 

“Tujuan kami adalah untuk mempertahankan industri pelayaran, tetapi memperkenalkan beberapa perubahan untuk menangani manajemen kerumunan dengan lebih baik dan untuk menarik jenis wisatawan yang mampu menghabiskan lebih banyak di pulau kami,”

Arum Suci Sekarwangi