Destinasi Terbaik & Terburuk untuk Solo Traveling

0
273
Turis China solo traveling menikmati desa wisata Ubud Bali (Foto; http://www.ydcbalitour.com/)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Traveling menjadi salah satu cara untuk bahagia. Selain menjernihkan pikiran, traveling bisa membawa Anda pada pengalaman-pengalaman baru. Apakah traveling harus bersama-sama teman? tidak juga. Solo traveling bahkan telah menjadi pilihan banyak orang, terutama mereka yang introvert. Jadi, jangan ragu untuk melakukan solo traveling karena beberapa manfaat.

Perjalanan seorang diri akan membuat Anda mengenal diri lebih dalam, dan tentunya membuat Anda lebih percaya diri. Bahkan Liburan seorang diri terbukti lebih murah. Salah satu alasannya Anda bisa memutuskan bagaimana cara makan dan dimana Anda akan tinggal tanpa harus berdebat dengan orang lain.

Memang Saat bepergian bersama pasangan atau berkelompok, Anda tahu bahwa keputusan harus mewakili semua orang. Berbeda jika Anda sendiri, Anda harus membuat keputusan sendiri. Namun bepergian sendiri mengharuskan Anda untuk berinteraksi dengan lebih banyak orang dibanding ketika melancong bersama-sama.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa melakukan solo traveling merupakan pilihan yang sehat. Sebab membuat Anda menjadi orang yang lebih bahagia, mengurangi depresi dan stres. Sementara saat bertamasya kelompok, tak memiliki kebutuhan darurat untuk berbicara dengan warga setempat. Hal ini dikarenakan dapat berbincang dengan teman-teman sendiri. Namun ketika melakukan solo traveling, perlu berbicara dan berinteraksi dengan orang-orang di sekitar.

Karenanya, solo traveling bisa menjadi pilihan untuk para introvert. Selain bisa memperoleh ketenangan, solo traveling tentu memberikan pengalaman yang berbeda dibandingkan Anda bepergian bersama grup. Namun, pastikan Anda memilih destinasi yang aman dan menyiapkan segalanya dengan matang sebelum bepergian.

Dilansir dari Elite Daily, Rabu (03/10/2018), empat destinasi wisata ini paling direkomendasikan untuk solo traveling.

#. Roma, Italia

Roma terkenal dengan bangunan bersejarah dan makanan khas Italia, seperti pizza dan pasta dengan rasa yang autentik. Pada siang hari, Anda dapat menjelajahi Colosseum sambil menikmati cappuccino hangat. Kota ini hampir selalu ramai dengan turis setiap harinya sehingga aman bagi Anda.

#. Bali, Indonesia

Salah satu provinsi di Indonesia ini terkenal sebagai surganya dunia oleh para turis. Di sini, Anda tidak hanya bisa ke pantai, tetapi juga memanjakan mata dengan mengunjungi area persawahan yang hijau.

#. Paris, Prancis

Tempat ini dikenal sebagai “Kota Cinta.” Jadi, wajar saja Anda akan jatuh cinta pada sesuatu selama perjalanan Anda di Paris. Entah itu Menara Eiffel, atau bangunan-bangunan indah di setiap sudut jalan.

#. Great Ocean Road, Australia

Terletak di pantai barat daya Victoria, Australia, berpetualang di Great Ocean Road ini banyak membuat turis takjub karena pemandangan bebatuan yang indah. Anda bisa menikmati pemandangan Great Ocean Road sambil menyusuri Pacific Coast Highway.

Sebaliknya ada yang terbaik dan pasti ada yang terburuk untuk solo traveling. Sebuah jajak pendapat menyebutkan bahwa India adalah negara paling tak aman untuk wanita. Thomson Reuters Foundation melakukan jajak pendapat pada 548 ahli global terkait permasalah wanita. Para wanita pun diimbau untuk tidak traveling sendirian ke negara ini.

Laporan menyebutkan kekerasan seksual terhadap wanita semakin meningkat, termasuk perdagangan manusia untuk pekerjaan rumah tangga, perkawinan paksa, kerja paksa, dan lain-lain. “Jajak pendapat ini merupakan pengulangan dari survei pada tahun 2011 dimana para ahli melihat Afghanistan, Republik Demokratik Kongo, Pakistan, India, dan Somalia sebagai negara paling berbahaya bagi wanita,” lapor Thomson Reuters Foundation.

Kabarnya, India adalah yang paling berbahaya di dunia karena tradisi budayanya yang berdampak negatif pada perempuan. Dikatakan demikian dengan mengutip kasus-kasus kekerasan fisik dalam rumah tangga, pernikahan anak, dan sebagainya. Kejahatan terhadap perempuan di India melonjak lebih dari 80 persen antara 2007 dan 2016, menurut data pemerintah.

Berikut 10 negara terburuk atau berbahaya bagi Solo Traveling antara lain: India, Afganistan, Syria, Somalia, Arab Saudi, Pakistan, Republik Demokratik Kongo, Yaman, Nigeria dan Amerika Serikat. (EP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.