ART & CULTURE DAERAH NEWS

Demi Konservasi Pemerintah Patok Tarif Naik Candi Borobudur Rp 750 Ribu/ orang

Seorang anak bermain di pelataran candi Borobudur ( Foto: Badan Otorita Borobudur/ Foto : @pep3ng

YOGYAKARTA, bisniswisata.co.id: PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (PT TWC) mendukung kebijakan kuotadengan tiket khusus, sebagai kebijakan yang mengedepankan aspek konservasi tersebut, kata Edy Setijono,Direktur Utama PT TWC.

Hal tersebut dilakukan untuk pengaturan kunjungan wisatawan yang akan naik ke bangunan Candi Borobudur karena mempertimbangkan aspek konservasi Candi Borobudur, ujarnya 

Hadir dalam rakor tersebut Kementerian dan Lembaga di antaranya Kemenko  Bidang Kemaritiman dan Investasi ; Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,Riset dan Teknologi, Kementerian BUMN ; Kemenparrkraf serta Kementerian PUPR, Balai Konservasi Borobudur dan PT Taman Wisata Candi, termasuk Gubernur Jawa Tengah dan Bupati Magelang.

Keputusan Rapat Kordinasi yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan adalah diperlukan pembatasan kunjungan wisatawan yang akan naik ke bangunan Candi Borobudur dengan menerapkan sistem kuota.

Soalnya berdasarkan hasil monitoring dari Balai Konservasi Borobudur terkait pelestarian Candi Borobudur, telah ditemukan bagian dengan kondisi keausan batu dan kerusakan beberapa bagian relief. 

“Pembebanan pengunjung (over capacity) berlebihan juga dikhawatirkan akan berdampak pada kelestarian Candi Borobudur,termasuk penurunan kontur tanah Candi Borobudur,” kata Edy Setijono.

Menurut dia, pengaturan kuota kunjungan 1.200 wisatawan per hari adalah kuota khusus untuk wisatawan yang naik bangunan Candi Borobudur. Kebijakan kuota dengan tiket khusus Rp 750.000 per orang akan diterapkan melalui sistem reservasi online.

Sementara wisatawan regular bisa berkatifitas di Taman Wisata Candi Borobudur sambil menikmati keindahan dan kemegahan Candi Borobudur sampai di pelataran/halaman candi.

“Kami tetap mengakomodir wisatawan regular yang akan berkunjung ke Taman Wisata Candi Borobudur,dengan harga tiket masuk reguler, yaitu untuk tiket Wisatawan Nusantara Dewasa/Umum Rp.50.000 dan tiket Wisatawan Nusantara Anak/Pelajar Rp.25.000,”

Tiket Wisatawan Mancanegara Dewasa/Umum US$25, dan tiket Wisatawan Mancanegara Anak/Pelajar US$15. Tiket ini memperbolehkan wisatawan untuk berwisata di Taman Wisata Candi Borobudur sampai batas pelataran/halaman Candi Borobudur juga.

Atas keputusan rapat koordinasi itu, PT TWC sedang mempersiapkan Standard Operational Procedure (SOP) teknis pelaksanaannya dan akan berkoordinasi dengan Balai Konservasi Borobudur (BKB). 

SOP ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas layanan kepada wisatawan. Keputusan tersebut akan dilaksanakan setelah SOP teknis sudah siap”, tutup Edy Setijono.

 

Satrio Purnomo