Danau Toba Dilengkapi Gazebo Rumah Adat Batak

0
464
Destinasi wisata Danau Toba (Foto: Bintang.com)

TAPANULI UTARA, bisniswisata.co.id: Danau Toba terus dipercantik. Fasilitas terus ditambah. Penambahan terbaru, kini dilengkapi gazebo rumah adat Batak Toba sebagai tempat peristirahatan bagi para wisatawan yang menikmati panorama Toba. Selain Gazebo. juga ditunjang spot foto di bukit Hutaginjang berlatar Danau Toba

Gazebo dan spot foto ini sumbangan BPJS Ketenagakerjaan melalui program CSR. “Kami berupaya mendorong peningkatan perekonomian masyarakat, dengan partisipasi menambah fasilitas pendukung pariwisata di kawasan Danau Toba tepatnya Penatapan Hutaginjang, Kecamatan Muara, Tapanuli Utara,” papar Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto di Danau Toba, Satu (01/09/2018).

Saat ini, sambung dia, kaum millenial mulai rajin menabung untuk bisa berwisata. Ini menandakan perkembangan leisure economy di Indonesia semakin membaik. “Karena itu, saat dimintai membantu untuk meningkatkan perekonomian pariwisata, kami langsung setuju. Dan kami memilih Danau Wisata yang ditetapkan sebagai destinasi utama 10 besar diluar Bali.

Dengan perkembangan pariwisata yang kini semakin menggembirakan, akan banyak masyarakat yang akan memanfaatkan sebagai sumber penghasilan, serta potensi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, lontarnya.

“Kami adalah organisasi nonprofit. Kami tidak jualan polis. Tapi kami memberikan perlindungan bagi seluruh masyarakat pekerja. Untuk itu kami minta untuk memberikan seluruh masyarakat di sini,” sambungnya.

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan mengatakan kawasan Danau Toba merupakan kawasan wisata yang paling termasuk sebagai pengembangan pariwisata prioritas yang setara dengan Bali. Untuk itu, dia berharap pembangunan pariwisata di kawasan Danau Toba dapat terus berlanjut.

“Dengan begini seluruh stakeholder harus segera berbenah. Ke depannya, kami harap tak hanya pembangunan fisik, tetapi juga pembangunan manusia di bidang pariwisata. Wisatawan yang datang butuh pelayanan yang baik,” tuturnya.

Bupati meminta jajarannya mengalokasi anggaran untuk pelatihan bagi masyarakat Hutaginjang, termasuk kemampuan berbahasa Inggeris kepada sejumlah pemuda yang akan berperan sebagai pemandu wisata. Kedatangan jumlah wisatawan terus meningkat, setelah Bandara Silangit bertaraf internasional.

“Masyarakat Toba dan sekitarnya harus menyambutnya, dan menerima wisatawan dengan senang hati, tangan terbuka, murah senyum dan diperlakukan secara baik. Jika wisatawan senang dengan sambutan kita maka mereka akan berbicara bahwa Danau Toba sehingga banyak wisatawan yang banyak datang,” paparnya.

Kabupaten Tapanuli Utara berada di kawasan Danau Toba persisnya di wilayah Kecamatan Muara yang merupakan bagian dari 10 pengembangan pariwisata prioritas di Indonesia. Kawasan Hutaginjang dicanangkan sebagai destinasi wisata oleh Dinas Pariwisata Tapanuli Utara dengan objek wisata unggulannya Kawasan Wisata Geopark berupa Gantole Hutaginjang dan Penatapan Hutaginjang.

Jika hendak berpelesir ke Danau Toba wilayah Tapanuli Utara, tak usah takut bosan karena di samping berwisata air, melihat pemandangan dan budaya ternyata banyak spot wisata lain yang bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi.

Danau terbesar di ujung utara Indonesia ini memang mampu menyihir wisatawan. Airnya bening, suhunya sejuk, akomodasi dan infrastruktur yang sudah memadai menjadi faktor pendukung menariknya spot wisata ini.

Selain wisata air, terdapat banyak spot wisata lainnya yang bisa Anda kunjungi saat plesir ke Danau Toba, tepatnya di Tapanuli Utara. Di antaranya adalah:

#. Geopark Kaldera Toba

Kawasan Hutaginjang dicanangkan sebagai destinasi wisata oleh Dinas Pariwisata Tapanuli Utara dengan objek wisata unggulannya Kawasan wisata Geopark berupa Gantole Hutaginjang dan Penatapan Hutaginjang. Sejatinya Geopark Kaldera Toba tersebar di tujuh kabupaten, salah satunya adalah di Tapanuli Utara. Di kawasan wisata ini menyediakan wisata paralayang.

#. TB Silalahi Center

Museum TB Silalahi merupakan museum yang dibangun oleh tokoh TNI Angkatan Darat TB Silalahi. Museum ini menyimpan berbagai barang pribadi milik TB Silalahi, seperti kendaraan, jam tangan, seragam, senjata, penghargaan, dan masih banyak lagi. Selain barang TB Silalahi, museum ini juga menampilkan rumah tradisional batak. Jika berjalan sampai ujung, Anda dapat melihat pemandangan Danau Toba dari atas bukit. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang suka selfie karena banyak spot foto yang menarik.

#. Makam Sisingamangaraja

Siapa tak kenal dengan pahlawan nasional asli Batak Sisingamangaraja. Selain makam Raja Sisingamangarja, terdapat pula makam R Patuan Anggi dan R Patuan Nagari yang merupakan puteranya. Makam ini dilengkapi dengan taman dengan sejumlah bangku yang biasa digunakan untuk berbincang. Meski merupakan makam, tempat ini tidak tampak angker karena banyak masyarakat yang berkunjung untuk sekedar mengobrol. (EP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.