Cara Merencanakan Perjalanan Berkemah & Kayak dengan Sempurna

0
5

JAKARTA,bisniswisata.co.id: .Jika Anda dan keluarga selalu siap berpetualang, berkemah kayak bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Namun, Anda harus merencanakan perjalanan Anda terlebih dahulu untuk menikmati waktu Anda dan memastikan keselamatan Anda.

 Apakah Anda seorang pemula yang lengkap atau seorang pembuat kayak profesional, fase perencanaan dan persiapan adalah yang paling penting. Dilansir dari Travel News Daily, berikut merupakan langkah-langkah untuk merencanakan perjalanan berkemah kayak yang sempurna.

Langkah 1: Pilih lokasi yang optimal, Ini dapat dilakukan dengan mempelajari jenis air untuk kayak dan lokasi berkemah yang Anda minati.

  • Jenis air

Pengalaman kayak pertama Anda akan bergantung pada jenis air yang Anda pilih untuk didayung. Untuk pemula, jenis terbaik adalah air datar karena memberikan stabilitas yang cukup. Setelah Anda mendapatkan pengalaman, Anda dapat beralih ke arung jeram atau perairan terbuka.

  • Lokasi berkemah

Kumpulkan informasi tentang beberapa danau, sungai, dan lokasi berkemah di sekitar Anda. Siapkan daftar dan bandingkan jarak dan keamanan dengan memeriksa ulasan online dan mengambil rekomendasi dari teman dan keluarga Anda. 

Jika Anda memilih lokasi terpencil, Anda harus mempelajari lebih lanjut tentang jalur akses situs Anda untuk keluar selama keadaan darurat.

Langkah 2: Kumpulkan peralatan dan perlengkapan Anda

Tanpa alat dan perlengkapan yang tepat, pengalaman berkemah kayak Anda akan berubah menjadi kegagalan besar. Anda membutuhkan peralatan berkemah, kayak, dan keselamatan yang tepat untuk mengalami perjalanan berkemah tanpa repot.

  • Perlengkapan berkemah

Meskipun Anda memang membutuhkan perlengkapan berkemah yang diperlukan, Anda harus membawa barang ringan agar perjalanan Anda lebih lancar. Beberapa alat dan perlengkapan berkemah yang diperlukan meliputi:

Sebuah tenda,Sekop kotoran,Kantung tidur , Beberapa kantong kering, Perlengkapan mandi, Kompor, Minum dan membersihkan ai, Senter, Korek api atau korek api, Perlengkapan hujan, Pakaian berkemah.

Jika Anda memiliki kondisi medis atau rentan terhadap reaksi alergi mendadak, bawalah juga obat-obatan Anda.

  • Perlengkapan kayak

Hal pertama yang Anda butuhkan adalah kayak yang kuat dan tahan lama. Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk menemukan kayak yang bagus; jika Anda melihat online, Anda akan menemukan kayak memancing terbaik di bawah US$1000 yang sesuai dengan anggaran Anda. 

Selain biaya, Anda harus mempertimbangkan aspek lain yang diperlukan seperti panjang kayak, ukuran, dan gaya, serta jenis air yang akan Anda kayuh. Jika Anda seorang pemula yang mencari sesuatu yang stabil, kayak rekreasi bisa menjadi pilihan yang ideal untuk Anda. 

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk berwisata atau mendayung kayak, tergantung pada ruang penyimpanan yang Anda miliki dan jenis air yang akan Anda kayuh. 

Selain kayak yang kuat, Anda juga membutuhkan dayung untuk mendayung kayak Anda. Saat memilih dayung, perhatikan faktor-faktor seperti berat, kualitas, daya tahan, panjang dayung, bentuk bilah, dan sudut bulu. 

Jika Anda seorang pemula, pilihlah dayung ringan yang biasanya terbuat dari serat karbon atau laminasi komposit.

  • Peralatan keamanan

Bawalah kotak pertolongan pertama dengan obat-obatan, perban, dan salep secukupnya untuk mengatasi kecelakaan atau cedera. Jika lokasinya jauh atau di dalam hutan, bawalah obat nyamuk untuk menghindari gigitan. 

Selain itu, bawalah peta dan kompas untuk menandai arah Anda. Jika Anda berencana untuk bermalam di area camp, jangan lupa membawa senter.

Langkah 3: Periksa pedoman mendayung LNT di zona Anda

LNT, atau pedoman mendayung Tinggalkan Tanpa Jejak, mengacu pada serangkaian tujuh prinsip yang dikuratori untuk pendayung dan berkemah untuk mendapatkan pengalaman berkemah yang aman dan menyenangkan sambil melestarikan tempat berkemah.

Pada dasarnya, ketujuh prinsip ini bertujuan untuk membantu para pelancong melakukan perjalanan mereka semaksimal mungkin, dan itu adalah sebagai berikut:

*Rencanakan sebelumnya dan persiapkan perjalanan Anda.

*Pastikan lokasi dan permukaan berkemah Anda tahan lama.

*Buang limbah di tempat yang tepat.

*Jangan menyentuh atau mengambil apa yang Anda temukan.

*Bakar api unggun sepenuhnya sebelum Anda meninggalkan lokasi.

*Lindungi dan hormati satwa liar.

*Hormati pengunjung lain dan pertimbangkan mereka.

Langkah 4: Kemasi makanan yang cukup

Jika Anda ingin tinggal lebih dari satu hari di lokasi camping, Anda harus mengemas makanan yang cukup, apalagi jika lokasinya jauh. Kebanyakan orang meremehkan jumlah makanan yang mereka kemas dalam perjalanan. 

Karena kayak adalah aktivitas intens yang akan menguras energi, Anda akan lebih lapar dan membutuhkan lebih banyak makanan daripada biasanya. Lebih bijaksana untuk mengemas lebih banyak makanan untuk perjalanan Anda. 

Kemasi beberapa makanan ringan berkalori tinggi seperti kerupuk, coklat, kacang-kacangan, selai kacang, fritos, energy bar, minyak zaitun, dan kue untuk dimakan kapanpun Anda merasa lapar. Jika Anda memiliki kemewahan, bawalah pemanggang barbekyu Anda untuk memasak hamburger di tepi danau.

Langkah 5: Hitung jarak tempuh mendayung Anda

Jika Anda seorang pemula, Anda harus menghitung jumlah mil yang dapat Anda kayuh dalam sehari. Karena kayak adalah aktivitas yang melelahkan, pertahankan jarak yang disarankan tanpa menjadi terlalu ambisius. 

Jika Anda merencanakan perjalanan selama dua hari atau lebih, lebih bijaksana untuk mengikuti mileage plan tersebut. Untuk menghitung jarak tempuh harian Anda, pertimbangkan jenis badan air dan arusnya. Lihatlah bagan ini dan tentukan jenis badan air dan arusnya untuk menghitung jarak tempuh mendayung Anda: Air datar tanpa arus: 10 hingga 15 mil. Perairan terbuka dengan arus normal: 10 hingga 15 mil Air datar, sungai: 15 mil atau lebih Whitewater: Konsultasikan dengan kayaker profesional atau pemandu.

Meskipun pendayung pemula dapat melakukan perjalanan lebih dari 15 hingga 20 mil sehari, lebih bijaksana untuk memulai dengan jarak yang lebih pendek dan meningkatkan jarak Anda dengan pengalaman.

Langkah 6: Siapkan kendaraan Anda.

Terakhir, siapkan kendaraan Anda dan isi bahan bakar yang cukup untuk mencapai tujuan dan kembali. Hal terakhir yang Anda tidak inginkan adalah mobil rusak di tengah jalan untuk merusak perjalanan Anda. 

Periksakan ke profesional jika ada kesalahan dan ban kempes. Siapkan peralatan dan pelajari cara mengganti ban kempes, terutama jika Anda berencana mengunjungi daerah terpencil yang tidak memiliki mekanik di sekitarnya.

Pastikan pasangan Anda, teman, atau orang yang menemani Anda dalam perjalanan mengetahui cara mengemudikan mobil untuk memiliki cadangan. Periksa dan tandai SPBU yang dapat diakses di dekat lokasi berkemah Anda.

Langkah-langkah sederhana ini akan memastikan bahwa Anda menghabiskan perjalanan kayak dan berkemah yang tak terlupakan bersama teman dan keluarga Anda. 

Dengan mengikuti panduan langkah demi langkah ini, Anda tidak hanya akan mengalami perjalanan kayak yang berkesan tetapi juga akan memastikan keselamatan teman Anda. Dengan mengingat kiat-kiat ini, Anda sekarang harus siap untuk merencanakan perjalanan berkemah kayak berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.