Berwisata di Alam Terbuka Mampu Turunkan Stres

0
195

MICHIGAN AS, bisniswisata.co.id: Melancong dengan jalan kaki minimal selama 20 menit di alam terbuka, ternyata mampu menurunkan tingkat stres dan meningkatkan kesehatan. Demikian hasil penilitian para peneliti yang mengungkapkan menghabiskan waktu 20-30 menit di antara alam dapat mengurangi hormon stres, kortisol sebanyak 10%.

“Penelitian kami menunjukan hasil terbesar dalam menurunkan tingkat hormon stres, kortisol. Anda harus menghabiskan 20-30 menit duduk atau berjalan di alam terbuka,” lontar Dr Mary Carol Hunter dari University of Michigan yang memimpin penelitian seperti dilansir Dailymail, Jumat (05/04/2019).

Jadi selain melancong yang jauh, sambung Dr Hunter, berjalan-jalan keluar kantor dan duduk di kawasan yang ada cukup pepohonan, mengunjungi taman kota, menikmati pepohonan di alam terbuka ternyata juga mampu mengurangi stress.

Dr Hunter percaya penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Frontiers in Psychology, dokter harus meresepkan pil alam bagi pasien yang menderita kecemasan. Menghabiskan waktu di alam sebelumnya disarankan sebagai cara murah dan signifikan memerangi masalah kesehatan, termasuk tekanan darah tinggi dan kesehatan mental.

Resep sosial – perawatan non-medis yang bermanfaat bagi kesehatan – adalah bagian utama dari rencana jangka panjang NHS yang diluncurkan Theresa May dan kepala eksekutif NHS Inggris Simon Stevens pada Januari.

Lebih dari 2,5 juta orang diperkirakan akan mendapat manfaat dari cara ini untuk lima tahun mendatang, menurut rencana, yang berjanji untuk mempekerjakan lebih dari 1000 pekerja terlatih untuk membantu pasien menjalani kehidupan yang lebih sehat.

Seketaris kesehatan Matt Hancock mengatakan ia ingin melihat keseimbangan bergeser dari obat-obatan ke kegiatan sosial untuk meningkatkan kesehatan negara. “Pasien demensia harus ditawari terapi musik dan tari untuk mengelola kondisi mereka,” sambungnya. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.