Bandara Internasional Hong Kong Laporkan Penurunan Penumpang Hingga Minus -98,6% untuk Agustus

0
4

Hong Kong International Airport ( Foto: The Moodie Davitt Report) 

HONG KONG, bisniswisata.co.id: : Badan Pariwisata Dunia ( UNWTO) baru saja merilis sedikitnya sudah lebih dari 50% negara di dunia mempermudah pembatasan perjalanan dan menerima wisman.  Namun arus kunjungan wisman memang masih anjlok seperti yang terjadi di Hong Kong, salah satu destinasi favorit wisatawan Indonesia.

Traveler  Indonesia suka berwisata ke Hong Kong karena bisa merasakan liburan seru dengan destinasi yang memiliki spot mewah, wisata belanja yang lengkap serta taman bermain yang beragam seperti Disneyland hingga Madame Tussauds. Luasnya yang kecil dan teknologi yang canggih membuat destinasi ini menjadi incaran wisatawan Indonesia.

Dilansir dari The Moodie Davitt Report, Otoritas Bandara Hong Kong telah mengumumkan penurunan tajam yang terus berlanjut dalam jumlah penumpang dan pergerakan pesawat di Bandara Internasional Hong Kong (HKIA) pada bulan Agustus, karena COVID-19 terus menghambat pertumbuhan.

Selama bulan tersebut, HKIA menangani 84.000 penumpang dan 10.000 pergerakan penerbangan, mewakili penurunan tahun-ke-tahun masing-masing sebesar -98,6% dan -72,0%.

Otoritas bandara mengatakan permintaan perjalanan tetap lemah sebagai akibat dari berlanjutnya pembatasan masuk Hong Kong untuk non-penduduk, serta pembatasan imigrasi dan tindakan karantina yang diterapkan di berbagai negara dan wilayah.

Ditambahkan, lalu lintas penumpang pada Agustus mengalami penurunan signifikan di semua kategori, yakni penduduk Hong Kong, pengunjung dan penumpang transfer / transit, dibandingkan bulan yang sama tahun lalu.

Selama delapan bulan pertama tahun ini, HKIA menangani 8,5 juta penumpang dan 114.020 pergerakan penerbangan, masing-masing mewakili penurunan -83,2% dan -60,1%. Pada basis bergulir sepanjang 12 bulan baik penumpang dan pergerakan penerbangan tercatat -60,6% dan -42,0% tahun-ke-tahun dari  situasi normal pada angka 29,5 juta penumpang dan 248.285.

Sementara itu, untuk memfasilitasi prosedur karantina pemerintah bagi orang yang tiba di HKIA, Temporary Specimen Collection Centre (TSCC)  Departemen Kesehatan telah dipindahkan dari AsiaWorld-Expo ke Midfield Concourse (MFC) di area terlarang bandara.

Direktur Eksekutif Otoritas Bandara Hong Kong, Operasi Bandara Vivian Cheung mengatakan: “TSCC telah beroperasi dengan lancar di Midfield Concourse sejak relokasi. Untuk memastikan keamanan dan mencegah penyebaran infeksi di HKIA, kami telah bekerja sama dengan Pemerintah untuk menerapkan serangkaian tindakan untuk memisahkan staf bandara dan orang yang datang.

“Otoritas Bandara juga telah memasang saluran desinfeksi tambahan yang didedikasikan untuk anggota staf yang bekerja di TSCC, yang selanjutnya memperkuat upaya kami untuk menjaga lingkungan yang aman di HKIA.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.