Bandara Changi Dilengkapi Robot

0
116
Robot berkeliaran di Bandara Changi Singapura (Foto: .straitstimes.com)

SINGAPURA, bisniswisata.co.id: Bandara Changi di Singapura sempat dinobatkan sebagai salah satu bandara terbaik di dunia berkat air terjun dalam ruangannya yang menakjubkan. Nampaknya penobatan itu, tak memberikan rasa puas malah terus melakukan terbosan baru, invasi baru dan kini layanan keamanan mendapat perhatian serius dengan mengerahkan robot.

Robot-robot pengatur lalu lintas diketahui sedang beroperasi di wilayah bandara paling keren ini. Kabar ini terdengar setelah sebuah video amatir merekam kegiatan robot pengatur lalu lintas, yang masih dalam tahap uji coba di bandara Changi. Robot setinggi satu meter ini sengaja disiapkan Certis untuk membantu petugas keamanan di sana.

“Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan kami untuk menata kembali konsep baru dalam operasi keamanan canggih, Certis telah melakukan uji coba di bandara Changi dalam dua minggu terakhir,” ujar juru bicara Certis dikutip dari straitstime.com, Senin (10/06/2019).

Melansir mashable.com, robot yang didominasi warna hitam-oranye ini melaksanakan tugasnya sebagaimana petugas keamanan. Salah satunya adalah dengan keterangan “Dilarang Parkir” kepada pengemudi yang memarkir kendaraannya di daerah yang dilarang. Jika pengemudi tidak segera memindahkan kendaraannya, robot ini akan memfoto kendaraan tersebut dan mengirimkannya kepada pihak yang berwenang.

Kehadiran robot ini tentunya akan membantu kerja dari 4.000 petugas keamanan Certis yang bekerja di bandara Changi. Selain itu, dengan adanya robot ini, petugas keamanan juga bisa dipindahtugaskan ke bagian lain yang masih kekurangan sumber daya manusia. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.