ASEAN EVENT NEWS

ATF 2022: “ASEAN – A Community of Peace and Shared Future”

SIHANOUKVILLE, Kamboja, bisniswisata.co.id: ASEAN Tourism Forum (ATF) ke-40 diselenggarakan sampai dengan  22 Januari 2022, di Sokha Beach Resort, Sihanoukville dengan tema “ASEAN – A Community of Peace and Shared Future”.

Sokha Beach Resort, di Sihanoukville, memiliki ruang pertemuan terbesar kota pelabuhan tepi laut di selatan, Sihanoukville. Kota yang telah ditetapkan oleh Kerajaan sebagai zona ekonomi serbaguna khusus sebagai bagian dari ekspansi ekonomi dan diversivikasi pertumbuhan pembangunan Kamboja.

Sebagai salah satu tujuan wisata dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara—bagian Barat Daya– , pesisir Kamboja kaya warisan dan sumber daya alam, menawarkan berbagai situs budaya dan ekowisata. Produk pariwisata unik negaraKamboja,  siap untuk memulihkan pariwisata di tengah pandemi yang berkepanjangan ini.

Small Country with a Big Heart

Pada 1 April 2021, HUN SEN, Perdana Menteri Kerajaan Kamboja, secara resmi menyetujui peta jalan pariwisata nasional tiga fase 2020 – 2025 untuk menavigasi kemunculan sektor ini dari pandemi COVID-19 dan mendukung inisiatif pemulihannya.

Berbekal slogan baru, “Kamboja – Negara Kecil dengan Hati Besar/ Cambodia – a Small Country with A Big Heart”, Kementerian Pariwisata mengumumkan kampanye baru pada Juni tahun lalu untuk menarik wisatawan internasional.

Pada 15 November 2021, Kamboja dibuka kembali untuk wisatawan internasional yang divaksinasi penuh di bawah kampanye pariwisata aman dan bersih, dan  merupakan langkah menuju pemulihan dan keberlanjutan pariwisata di kawasan ASEAN dan sekitarnya.

Menurut statistik dari Kementerian Kesehatan Kamboja, lebih dari 90 persen dari 16 juta penduduk Kamboja telah divaksinasi penuh COVID-19 pada 10 Januari 2022.

“Atas nama Kementerian Pariwisata Kamboja, merupakan kehormatan bagi saya untuk secara resmi mengumumkan bahwa Kamboja siap menjadi tuan rumah ASEAN Tourism Forum 2022 (ATF 2022) di Sihanoukville. Kota pesisir ini telah berkembang menjadi pusat perdagangan, perdagangan, dan pariwisata internasional dan nasional terkemuka. Ini juga merupakan salah satu pusat populasi yang paling beragam dan dinamis secara budaya di Kamboja.

Karena kesehatan para pelancong adalah perhatian utama, kami telah menyusun rencana membangun kembali sektor pariwisata dengan aman melalui perlindungan kebersihan yang ketat untuk mencegah penyebaran COVID-19 dan menanamkan rasa aman di antara komunitas kami.

Kami berkomitmen untuk menjalankan ATF 2022 dalam format fisik yang aman. Semua peserta diingatkan untuk memakai masker mereka, dan diperhatikan untuk menjaga jarak aman. Semua titik kontak akan menjalani sanitasi dan disinfeksi rutin serta protokol 3 DO dan 3 DON’T,” tegas Dr. THONG Khon, Menteri Pariwisata, Pemerintah Kerajaan Kamboja.

Sebagai platform perdagangan perjalanan untuk kawasan ASEAN dan Asia Tenggara, ATF 2022 mempertemukan 350 peserta dari 27 negara. Termasuk pemimpin dan pejabat pariwisata, pembeli internasional, peserta pameran, media serta pengunjung perdagangan dan pelancong industri pariwisata.

Penyelenggaraan ATF 2022, pararel dengan pertemuan resmi ASEAN NTO untuk pengembangan program kerja pemulihan pariwisata ASEAN, menuju masa depan yang lebih tangguh. Pertemuan Menteri Pariwisata dan Pertemuan Asosiasi berlangsung dari 16 – 20 Januari 2022 sementara TRAVEX digelar 19 – 20 Januari 2022. *

Dwi Yani

Representatif Bali- Nusra Jln G Talang I, No 31B, Buana Indah Padangsambian, Denpasar, Bali Tlp. +628100426003/WA +628123948305 *Omnia tempus habent.*