Asian Games, Danau Toba Tak Ingin Kehilangan Peluang

0
456
Danau Toba (Foto: Travel Today)

TAPANULI UTARA, bisniswisata.co.id: Memasuki momen Asian Games 2018, pariwisata kawasan Danau Toba tak mau kehilangan peluang. Pesona keindahan Danau Toba pun dikemas ke dalam dua paket perjalanan wisata. Paket wisata ini ditawarkan kepada wisatawan asing, termasuk pemain, crew hingga official peserta pesta olahraga kawasan Asia, yang akan digelar di Jakarta dan Palembang pada pertengahan Agustus 2018.

Fantastic Toba dan Amazing Lake Toba merupakan dua paket destinasi perjalanan wisata yang ditawarkan kepada para wisatawan Asian Games 2018. Sejumlah destinasi andalan ditawarkan, seperti Brastagi, Prapat, dan Pulau Samosir pada paket wisata berdurasi 5-4 malam ini.

“Asian Games merupakan momentum yang baik untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Sekaligus mendulang wisatawan mancanegara. Ini harus kita maksimalkan. Apalagi Danau Toba merupakan salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas,” ujar Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BOPDT) Arie Prasetyo, dalam keterangan tertulis, Jumat (25/05/2018).

Dengan merogoh kocek sebesar US$486 per pax untuk paket Fantastic Toba, dan US$450 per pax untuk paket Amazing Lake Toba, Arie mengatakan wisatawan dapat mengunjungi deretan destinasi andalan yang ditawarkan sekaligus menikmati kekayaan budaya Batak dan santapan yang patut untuk dicoba. City tour ke kota Medan pun ditawarkan guna menabah daya tarik paket wisata itu.

“Langkah strategis ini tentunya akan kita dukung. Segala persiapan yang dibutuhkan akan kami koordinasikan dengan stakeholder terkait. Sehingga nantinya ini menjadi sebuah stimulus untuk mengangkat pariwisata Danau Toba. Apalagi Obor Asian Games juga akan mengunjungi Danau Toba pada akhir Juli nanti,” ucap Arie.

Harga yang ditawarkan sangat menggiurkan. Paket Fantastic Toba di bandrol dengan harga US$486 per pax. Sedangkan paket Amazing Lake Toba telah di bandrol dengan harga US$450 per pax.

“Langkah strategis ini tentunya akan kita dukung. Segala persiapan yang dibutuhkan akan kami koordinasikan dengan stakeholder terkait. Sehingga nantinya ini menjadi sebuah stimulus untuk mengangkat pariwisata Danau Toba. Apalagi Obor Asian Games juga akan mengunjungi Danau Toba pada akhir Juli nanti,” ucap Arie.

Sebagai destinasi wisata prioritas, keindahan Danau Toba tidak terbantahan. Danau terbesar di Indonesia ini, karena itu kehadiran Asian Games 2018 merupakan saat yang tepat untuk membawa dunia ke Indonesia. Sehingga harus dimanfaatkan untuk menambah pundi-pundi wisatawan.

Selain itu, pemilihan Danau Toba sebagai salah satu paket yang dijual sangatlah pas. Selain dikaruniai pesona alam dan budaya yang luar biasa, secara infrastruktur Danau Toba sudah sangat mumpuni. Baik itu aksesibilitas maupun amenitasnya. Hal ini terlihat dari performa positif yang dibukukan pariwisata Danau Toba.

Tahun 2015 tercatat kunjungan wisatawan mencapai 171.000 orang, tahun 2016 meningkat menjadi 190.000 orang, 2017 mencapai lebih dari 200.000 orang. Target tahun 2018 ada peningakatkan sekitar 20 hingga 25 persen dibandingkan tahun sebelumnya. ([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.