Aman dengan “Safe Travel”, Tenang Bersama “Cathay Care”

0
17

HONGKONG, bisniswisata.co.id: Pekan ini Cathay Pacific meluncurkan Cathay Care, dengan memperkenalkan beberapa langkah pencegahan yang disempurnakan pada setiap tahapan perjalanan –mulai dari check-in hingga dalam kabin selama perjalanan, sehingga penumpang dapat terbang dengan tenang.

“Di Cathay Pacific, berkomitmen untuk selalu memprioritaskan kesehatan dan keselamatan seluruh penumpang, awak kabin, dan staf kami. Kami mengerti kekhawatiran dan tututan keselamatan bagi semua pihak,” ucap Chris Bowden, Cathay Pacific Country Manager Indonesia.

Pihaknya memperkenalkan beberapa langkah pencegahan yang disempurnakan pada setiap tahapan perjalanan –mulai dari check-in hingga dalam kabin sehingga mereka dapat terbang dengan tenang.

Langkah-langkah yang diterapkan dari proses check-in dan masuk pesawat tanpa kontak. Pernyataan kesehatan pada saat check-in, kewajiban memakai penutup wajah selama penerbangan, dan aturan menginap yang ketat untuk awak kabin.

Cathay Pacific memprioritaskan penumpang di dalam pesawat dengan mewajibkan memakai penutup wajah selama penerbangan, memastikan suhu tubuh semua penumpang telah dicek, juga disinfektasi penutup kursi jika memungkinkan.

Cathay Pacific , mengatur ulang alur layanan dan sanitasi untuk meyakinkan bahwa penumpang terlindungi di udara, dengan sanitasi menyeluruh pada semua permukaan di lingkungan kabin.

Begitu pula dalam menyediakan layanan makan yang dimodifikasi dan dirancang untuk mengurangi kontak dengan awak kabin, serta menutup sementara layanan makanan ringan dan minuman yang sudah disediakan sebelumnya.

Semua pesawat juga dilengkapi dengan penyaring HEPA yang menghilangkan 99.999% kontaminasi udara. Selain itu, seluruh penyaring juga meresirkulasi udara setiap dua menit dengan performa yang setara dengan penyaring yang digunakan di kamar operasi rumah sakit dan ruang bersih di kawasan industri.

Mewajibkan, awak kabin Cathay Pacific mengikuti prosedur keselamatan untuk melindungi kesehatan seluruh penumpang di dalam pesawat dengan mengenakan masker, sarung tangan dan kacamata pelindung yang disediakan untuk semua awak kabin.

Selain itu juga menerapkan aturan menginap yang ketat termasuk tidak ada kontak dengan komunitas lokal dan pengawasan kesehatan.

Safe Travel Campaign

Sementara di rute domestik nusantara, Lion Group memulai kampanye kenyamanan dan keselamatan perjalanan (Safe Travel Campaign) pada penerbangan Kualanamu ke Soekarno-Hatta dengan nomor penerbangan Batik Air ID-6891, Minggu  (9/8).

Kampanye menurut Chief Executive Officer (CEO) Batik Air, Capt. Achmad Luthfie mengusung konsep #SafeTrip #SafeFlight #SafeHealth.  Safe Travel Campaign menjadi bagian tindakan preventif dan antisipasi utama mengenai masa waspada pandemi COVID-19.

Langkah tersebut merupakan rangkaian program rutin dalam menyampaikan berbagai informasi penting terhadap aspek keselamatan dan keamanan penerbangan, terutama berkaitan dengan sisi kesehatan serta kepentingan manusia (human interest) yang mencakup dari karyawan/ staf dan pengguna jasa penerbangan atau publik.

Semua awak pesawat yang aktif terbang sudah melakukan uji atau tes kesehatan dengan hasil negative .  Pemeriksaan kesehatan awak pesawat tetap dilakukan sebelum penerbangan (pre-flight health check).

Hal ini untuk menentukan kondisi sehat serta laik terbang (airworthy for flight). Semua pesawat sebelum terbang dilaksanakan penyemperotan desinfektan, dalam upaya memastikan sterilisasi dan kebersihan pesawat,

Peningkatan kegiatan kebersihan pesawat udara secara berkala dengan metode Aircraft Exterior and Interior Cleaning (AEIC), meliputi ruang kemudi (flight deck); dapur (galley); kamar kecil (lavatories), termasuk pintu, pegangan pintu, wastafel dan tempat sampah; alas makan dan pegangannya.

AEIC juga mencakup fasilitas hiburan (in-flight entertainment) termasuk remote control; pegangan pembuka rak bagasi kabin (luggage storage bin handle); overhead lighting, ventilasi udara dan call button.

Begitu pula halnya untuk sandaran kursi; penutup tempat duduk (seat covers); sabuk pengaman (seatbelts); sandaran kepala tempat duduk (seat headrests); karpet lantai; jendela dan penutup jendela; fasilitas penumpang lainnya; dan ruang kargo (cargo compartment).

Pesawat jet Airbus dan Boeing yang dioperasikan termasuk kategori generasi modern yang memiliki sistem penyaringan udara kabin yang dilengkapi High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter.

Menjaga kebersihan dan sterilisasi juga berlaku untuk peralatan pendukung seperti kendaraan pendorong pesawat (pushback car), bus penghubung (neoplane), tangga masuk pesawat untuk penumpang dan kargo, kendaraan pengangkut barang dan kargo.

Mengoptimalkan pengaturan jarak aman antar penumpang (physical distancing) dalam kabin pesawat pada penerbangan, yang tetap memperhatikan aspek keselamatan penerbangan.

Mengurangi interaksi langsung (contactless) antara sesama awak pesawat, antara sesama teknisi, antara sesama FOO, antara sesama ground staff serta dengan  penumpang, jelas Capt. Achmad Luthfie.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.