Airbnb Ajak Masyarakat Ikuti Online Experiences

0
41

Salah satu program online Airbnb cara  merawat  domba, kursus memasak & sulap ( Foto: Airbnb)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Membuka situs website perusahaan Airbnb yang berbisnis penginapan online bermarkas di San Francisco, Amerika Serikat. Tampak adanya perubahan strategi menghadapi wabah pandemi global Covid-19 yang mengharuskan sebagian besar penduduk dunia untuk tetap di rumah saja.

“Kita mungkin terpisah jarak, tapi kita akan melewati masalah ini bersama-sama,” begitu kalimat pembukaannya yang menarik perhatian.

Hal Itu karena Airbnb sekarang menawarkan pengalaman ‘perjalanan’ virtual untuk membuat orang tetap terhibur di rumah, cara baru untuk terhubung, melakukan perjalanan secara virtual dan mendapatkan penghasilan selama krisis COVID-19. 

Terobosan Brian Chesky, CEO dan Co.Founder Airbnb ini juga dengan melakukan Corporate Social Responsibility ( CSR),menyediakan akomodasi gratis bagi 100.000 tenaga medis yang berada di garda terdepan dalam mengatasi wabah ini.

Rumah dan apartemen yang Airbnb sewakan merupakan rumah warga lokal. Dalam hal ini, AirBnB memang bekerja sama dengan warga setempat untuk menyewakan rumah mereka. Mitra atau pemilik rumah/apartemen yang mau berkontribusi untuk akomodasi tenaga medis bisa mendaftar.

Program lainnya di bulan April 2020 adalah menghubungkan para mantan tamu yang pernah tinggal di rumah-rumah warga yang disewa lewat Airbnb ( Air bed and breakfast) untuk berdonasi ke pemilik tempat mereka pernah menginap dalam menghadapi masa sulit saat iini. 

Maklum di jenis penginapan ini pemilik kerap memperlakukan tamunya seperti anggota keluarga sehingga tercipta hubungan harmonis antara tamu dengan pemilik rumah.j

” Kami menciptakan program agar tamu dapat mengirimkan pesan bersamaan dengan kontribusi bantuan uang kepada tuan rumah tempat mereka pernah menginap sebelumnya,” kata Brian Chesky.

Dengan komunitas di seluruh dunia yang tinggal di rumah untuk melindungi kesehatan mereka, orang tidak dapat melakukan kegiatan rutin seperti pergi bekerja, berolahraga, atau mengejar hasrat. Itulah sebabnya kini ada Airbnb Online Experiences.

“Hubungan manusia adalah inti dari apa yang kami lakukan. Dengan begitu banyak orang yang perlu tinggal di dalam rumah untuk melindungi kesehatan mereka, kami ingin memberikan kesempatan bagi tuan rumah kami untuk terhubung dengan komunitas tamu global kami dengan satu-satunya cara yang mungkin saat ini, secara online.” kata Catherine Powell, kepala Airbnb Experiences.

Airbnb Online Experiences menawarkan beragam pilihan seperti meditasi dengan para biksu Buddha, kunjungan virtual dengan anjing-anjing Chernobyl, memasak bersama keluarga Maroko, dan banyak lagi.

Program baru akan mengubah rasa bosan berada di dalam rumah dengan mengikuti kursus-kursus singkat berbayar. Ada pelajaran belajar rahasia sulap dari Inggris dengan membayar 19 franc swiss ( CHF)/ per 1,5 jam arau mau kursus masak Resep Pasta Keluarga Kami dibawakan oleh Luca Lorenzo dari Italia dengan biaya 10 CHF/ orang/ jam.

Para pemberi materi ( host) memiliki penghasilan dengan mengajar dari rumah di masa-masa yang tidak pasti ini dan membawa pengalaman virtual transformatif mereka kepada jutaan tamu.

Dengan begitu banyak orang berlindung di rumah, maka program ini menyediakan kegiatan baru bagi keluarga untuk mengeksplorasi seperti mempelajari rahasia sulap, opsi untuk rekan kerja yang ingin terhubung kembali dan terikat dengan kegiatan tim seperti membuat kopi dengan pencicip kopi profesional.

Ada fitur untuk kelompok yang mencari untuk  rayakan ulang tahun atau kumpul-kumpul pribadi dan opsi untuk meminta tanggal spesifik untuk pengalaman seperti belajar bartending dengan para ahli.

Pihaknya  juga sedang mengerjakan inisiatif lainnya yang tengah dibahas detail lebih lanjut dengan para ahli dan pakar epidemiologi mengenai standar kebersihan untuk menjaga keselamatan para mitra dan tamu, asuransi perjalanan serta program untuk menyampaikan permintaan agar mitra membangun kembali bisnis setelah wabah berlalu.

Brian Chesky mengatakan ketika aktivitas perjalanan dimulai lagi—dan itu akan terjadi—Airbnb menantikan menyambut kedatangan jutaan tamu bersama lagi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.