Ada Toilet Umum Tembus Pandang di Tokyo, Berani Coba?

0
2

Di Jepang, ada toilet umum yang dibuat transparan (foto: business insider)

TOKYO, bisniswisata.co.id: Selama ini toilet dianggap sebagai tempat yang sangat pribadi. Umumnya orang menemukan privacy-nya di sana. Makanya toilet, termasuk toilet umum, biasanya ditempatkan di belakang-belakang.

Tabu rasanya mengumbar, apalagi membuat dinding toilet transparan alias tembus pandang sehingga memungkinkan orang melihat ke dalamnya. Di Jepang, aturan-aturan ini dilanggar. 

Shibuya, salah satu distrik paling populer di Tokyo, Jepang, baru-baru ini menambahkan fasilitas publik baru yang langsung menarik perhatian. Fasilitas baru itu adalah toilet umum yang dindingnya tembus pandang. Kok bisa?

Tapi, Anda tak perlu khawatir akan terlihat dari luar saat menggunakan toilet ini. Perancangnya yang tergabung dalam Shigeru Ban Architects telah mendesain dengan cerdas. Ketika seorang pengguna toilet masuk dan mengunci pintu, dinding akan otomatis berubah warna menjadi buram, yang menghalangi pandangan dari luar.

Hal ini dimungkinkan karena ada arus listrik yang mengalir di dinding kaca. Ketika pintu dikunci, arus listrik terputus sehingga pengguna toilet bisa buang hajat tanpa takut dilihat dari luar. Ini artinya pengguna toilet tak perlu takut bisa diintip jika listrik tiba-tiba terputus.

Jadi yang penting diingat adalah memastikan mengunci pintu yang terletak tepat di bawah pegangan pintu. Masalahnya, dari dalam toilet orang tidak tahu apakah kacanya sudah buram atau tidak.

Dinding di antara bilik toilet juga dipasangai cermin, sehingga menambah perasaan aneh seolah sedang ditonton. Itulah bagian yang mendebarkan.Toiletnya sendiri luas, sangat bersih, dan diberi warna yang sesuai, perpaduan antara warna putih dan krom. 

Para perancangnya berharap cara itu dapat mengatasi kekhawatiran tentang penggunaan toilet. Maksudnya, dengan memasang dinding kaca transparan maka orang dapat mengetahui dari luar apakah toilet itu berisi atau tidak.

“Hal ini memungkinkan orang untuk memeriksa kebersihan dan apakah ada orang lain di dalam toilet dari luar. Saat malam, nyala lampu dari toilet ini juga menerangi taman seperti sebuah lentera yang cantik,” sebut pernyataan resmi Shigeru Ban Architects di laman Tokyotoilet.jp.

Toilet transparan ini merupakan bagian dari proyek Nippon Foundation yang menugaskan sejumlah arsitek terkemuka untuk merancang ulang fasilitas umum.

“Dengan membuat toilet tembus pandang, kita bisa mengurangi kekhawatiran orang tentang kebersihan, juga keamanan, karena kau bisa lihat tidak ada orang yang bersembunyi di dalamnya,” kata pejabat komunikasi Nippon Foundation Kana Saji kepada AFP.

Dan salah satu warga setempat, Masataka Tsuchigami (55) mengatakan dia percaya kepada teknologi di balik dinding transparan, dan tidak khawatir dunia tiba-tiba bisa melihatnya buang hajat di dalam toilet.

“Jika skenario terburuk terjadi, takkan parah-parah amat, kita semua kan lahir tanpa busana!”

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.