4 – 8 September 2018, Solo Internasional Performing Arts

0
337
Solo Internasional Performing Arts (Foto: indonesiakaya.com/)

SOLO, bisniswisata.co.id: Pagelaran seni bertajuk Solo Internasional Performing Arts (SIPA) 2018, kembali dihelat. Perhelatan tahunan ini mempersembahkan Seniman dari enam negara yakni Italia, Taiwan, Filipina, Rusia, Korea Selatan dan Indonesia akan tampil di Benteng Vastenburg Solo Jawa Tengah, pada 4 hingga 8 September 2018.

Tahun ini, SIPA 2018 memboyong tema “We Are The World-We Are The Nation”. Lewat tema ini, penyelenggara mengajak masyarakat bersatu di dalam perbedaan dunia. Bahkan tema ini, sangat dibutuhkan oleh masyarakat dewasa ini. Karena sejatinya, semua orang adalah satu bangsa.

Biarlah perbedaan bahasa, warna kulit, adat dan tradisi dan bangsa itu menjadi satu dalam kekuatan kebersamaan. Semuanya menyatu dalam semangat panggung SIPA kali ini.

Pembukaan SIPA 2018 akan digelar secara meriah. Contohnya akan ada koreografi yang indah, musik yang merdu dan melibatkan pula ribuan penonton. Bahkan suasana malam di Benteng Vastenburg disulap menjadi megah, mewah, mempesona sehingga penonton merasa terpukau.

Memang SIPA tahun ini dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, banyak perbedaannya. Bila diperhelatan sebelumnya, SIPA hanya diadakan 3 hari berturut-turut, namun tahun ini SIPA diadakan 5 hari dengan rangkaian acara yang berbeda bahkan menarik. Tujuannya agar masyarakat lebih mengenal SIPA dan paham bahwa SIPA adalah milik masyarakat Solo.

Kegiatan SIPA 2018, di antaranya SIPA Goes to Cafe tanggal 4 September, lalu SIPA Goes to Campus tanggal 5 September, yakni di UNS Solo. Kemudian penyelenggaraan di benteng Vastenburg selama 3 hari, dari tanggal 6-8 September.

Selain iu, ada pertnjukkan seni tari, musik, hingga teater. Juga bazar diisi pameran produk, distro batik, handcraft, hingga stand khusus kuliner yang akan menjual makanan-makanan dan minuman khas dari Solo ataupun di luar Solo.

Disisi lain, event SIPA ini bisa membawa dampak positif bagi pariwisata Indonesia. Semangatnya tak sekadar menjadi fungsi seni pertunjukan untuk persoalan kesenian semata, tapi juga tradisi bisa menjadi sarana untuk memunculkan semangat kebersamaan. Akhirnya adalah membumikan dan menggairahkan pariwisata Kota Solo dan Indonesia. Karena itu, SIPA 2018 ditargetkan 10 ribu pengunjung dalam satu malam. Diharapkan 50% dari penonton adalah wisatawan. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.