Home INDEX 15 Juni 2019, Penerbangan di Bandara Bandung Pindah ke BIJB

15 Juni 2019, Penerbangan di Bandara Bandung Pindah ke BIJB

0
242
Bandara Kertajati Majalengka Jawa Barat (Foto: Kumparan.com)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Mulai 15 Juni 2019, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati mulai bergairah. Mengingat, dari total 19 penerbangan domestik di Bandara Husein Sastranegara Bandung, 12 di antaranya akan dipindah ke BIJB Kertajati Majalengka.

“Ya hari ini rapat tentang penyertaan modal PT Angkasa Pura II dan terkait pemindahan pesawat,” papar Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil kepada wartawan usai menghadiri rapat di kantor Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Rapat pada Kamis (16/05/2019) membahas isu-isu terkini seputar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Ridwan mengungkapkan salah satu poin yang dibahas dalam rapat terkait rencana pemerintah yang telah memutuskan untuk memindahkan penerbangan luar Jawa dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke BIJB Kertajati mulai 15 Juni 2019.

Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin yang juga mengikuti rapat tersebut mengungkapkan pemindahan tersebut akan dilakukan serentak pada 15 Juni mendatang. “Langsung saja yang ke luar Jawa itu langsung pindah,” ujarnya seperti dilansir Liputan6.com

Dicontohkan beberapa rute yang akan pindah: Bandung – Kualanamu, Bandung – Palembang, Bandung – Makassar, Bandung – Balikpapan, Bandung – Denpasar dan lainnya. “Ya langsung (pindah ke BIJB Kertajati) serempak, gak bisa dong (bertahap sebagian) kan itu ada kaitannya sama rotasi pesawat jadi gak bisa sebagian-sebagian,” ujarnya.

Bandara Husein hanya akan melayani penerbangan dengan rute pendek yaitu penerbangan dengan destinasi berada di pula jawa. Misalnya saja rute penerbangan ke Surabaya yang selama ini sudah ada di BIJB pun akan dipindahkan ke Husein.

“Ke depan itu nanti Bandung akan jadi propeller saja jadi dia untuk memang bandara penerbangan jarak pendek. Domestik Jawa akan dari Bandara Husein pakai pesawat propeller, domestik luar Jawa pakai turbo jet dari Kertajati,” tutupnya. (NDY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.