Waduk Jatiluhur, Ikon Wisata Purwakarta yang Menakjubkan

0
85
Waduk Jatilihur dikelilingi bukit Pasundan (Foto: pesona.travel)

Destinasi Wisata Waduk Jatiluhur di Purwakarta Jawa Barat, memang menarik dikunjungi. Selain menjadi ikon Kabupaten Purwakarta yang terkenal di kalangan wisatawan, bendungan terbesar ini menawarkan pemandangan panorama danau yang sangat menakjubkan. Jika kamu hobi berfoto, bisa menemukan berbagai spot foto yang menarik di tempat ini. Juga tempat wisata ini dilengkapi berbagai fasilitas yang memadai.

Dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (31/1/2020), obyek Wisata ini berada di Kecamatan Jatiluhur. Untuk tiba di Waduk Jatiluhur, dapat ditempuh perjalanan sejauh 9 kilometer dari pusat Kota Purwakarta. Untuk mendapatkan pemandangan indah serta pengalaman yang menarik di Waduk Jatiluhur ternyata tidak memerlukan biaya yang menguras isi dompet.

Jika datang pada hari Senin hingga Jumat, kamu hanya perlu membeli tiket seharga Rp 15.000 per orang. Sedangkan di hari Sabtu dan Minggu, serta hari libur nasional biayanya menjadi Rp 20.000 per orang.

Wisata Waduk Jatiluhur Purwakarta ini memiliki banyak sekali fasilitas rekreasi yang memadai, seperti hotel dan bungalow, bar dan restaurant, lapangan tenis, bilyard, perkemahan, kolam renang dengan water slide, ruang pertemuan, playground, sarana rekreasi dan olahraga air seperti mendayung, selancar angin, kapal pesiar, ski air, boating, dan lain-lain.

Apabila tidak puas hanya duduk-duduk di tepi waduk, kamu juga bisa menyewa perahu motor yang dapat digunakan untuk berkeliling. Selain itu, kamu juga bisa berkeliling waduk dengan menggunakan jetsky atau dengan mendayung kano. Keduanya bisa disewa di sekitar waduk.

Jika budget kamu mencukupi, tidak ada salahnya untuk mencoba naik kapal pesiar yang akan mengantarkan kamu berkeliling danau. Jika ingin yang murah, kamu juga bisa menyewa kereta kayuh untuk menikmati keindahan wisata Waduk Jatiluhur Purwakarta ini.

Di wisata Waduk Jatiluhur Purwakarta ini terdapat budidaya ikan keramba jaring apung, yang menjadi daya tarik tersendiri. Budidaya ikan tersebut pun kini telah dikembangkan menjadi tempat memancing di Waduk Jatiluhur yang sangat menarik minat pengunjung.

Kamu bisa memancing di tengah heningnya suasana sekitar sambil menyaksikan matahari yang mulai terbenam dan ditemani lezatnya ikan bakar.

Selain itu, kamu juga bisa berenang di waduk ini, Kamu tidak perlu takut tenggelam karena telah dibangun fasilitas waterboom di wisata Waduk Jatiluhur Purwakarta ini. Wahana permainan air yang bernama water world itu memiliki 4 tingkatan kolam renang, yaitu olimpic, dangkal, anak-anak, dan dewasa. Di sana juga terdapat banyak permainan yang menyenangkan seperti ember air, papan seluncur, bungee trampolin, dan lain sebagainya.

Bagi kamu yang menyukai kegiatan fisik seperti outbound, di Waduk Jatiluhur ini juga menyediakan fasilitasnya. Untuk berkemah di sisi waduk pun merupakan hal yang sangat memungkinkan karena telah disediakan lahan yang cukup luas. Bahkan, dengan hamparan hijau yang dialiri sungai Citarum, tentunya akan sangat memesona jika tempat ini dijadikan sebagai objek pengambilan foto kamu.

Kamu juga bisa mendapatkan pesona “morning glory” yang merupakan jenis bunga berwarna ungu yang tumbuh di sana secara liar. Foto kalian tentu akan lebih berkualitas dengan berpose di tempat yang instagramable ini.
Wisata Kuliner dan Belanja di Waduk Jatiluhur

Bagi kamu yang ingin membeli oleh-oleh dari wisata Waduk Jatiluhur Purwakarta ini, kamu bisa berkunjung ke toko oleh-oleh yang terletak tidak jauh dari panggung terbuka yang sering dijadikan sebagai tempat berbagai acara. Beberapa pedagang souvenir dengan harga terjangkau dapat kamu temui di sekitar area Waduk Jatiluhur.

Selain itu, kamu juga bisa memborong ikan-ikan segar hasil tangkapan warga dari Waduk Jatiluhur. Tentu saja kualitas ikan di sini sangat baik dan segar karena ditangkap langsung dari waduk.

Untuk kulineran di wisata Waduk Jatiluhur Purwakarta, kamu bisa makan siang di restoran apung yang terletak di tengah waduk. Perjalanan menuju ke restoran harus mengenakan perahu motor yang bisa diisi sekitar 10 orang dewasa.

Di tempat ini kamu bisa kulineran ikan karamba yang memang dibudidayakan di sekitar restoran apung tersebut. Ada pun pilihan ikan yang tersedia adalah patin, nila merah, nila hitam, hingga gurame. Bagi yang tidak suka ikan bisa memesan nasi goreng, mi rebus, mi goreng, kangkung, tahu, tempe, dan lainnya.

Dengan harga yang tidak begitu menguras kantong dan rasa lezat yang kamu rasakan, tidak akan ada penyesalan setelah mengarungi waduk menggunakan perahu motor demi menyantap makanan di restoran apung ini.

Menu masakan khas Sunda juga tersedia lengkap dengann harga yang bersahabat serta rasa yang lumayan lezat. Sambil menunggu makanan disajikan, kamu bisa berkeliling restoran untuk melihat-lihat keramba yang berisi berbagai macam ikan dan menikmati suasana wisata Waduk Jatiluhur Purwakarta ini. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.