INTERNATIONAL NEWS RISET

Trip.com Ungkapkan Meningkatnya Permintaan Personalisasi di Sektor Atraksi & Tour di Envision 2024

SHANGHAI, bisniswisata.co.id: Trip.com, penyedia layanan perjalanan terpadu terkemuka, mengumpulkan para pemimpin industri dan pakar di Trip.com Group Envision 2024 Global Conference Attractions & Tours Forum yang baru lalu akhir Mei lalu. . 

Acara ini menyoroti perkembangan preferensi wisatawan di sektor atraksi dan tour, kekuatan teknologi, serta perluasan kemitraan dan penawaran Trip.com Attractions & Tours.

Pencarian pengalaman unik dan dipersonalisasi

 Dalam pidato utamanya, Jim Ji, Wakil Presiden Trip.com Group, CEO Atraksi & Tour, mengungkapkan bahwa perjalanan internasional melonjak, dengan pertumbuhan kedatangan sebesar 34% pada tahun 2023 dibandingkan tahun sebelumnya.  

Pertumbuhan keluar ( outbond)  dan domestik Tiongkok juga menunjukkan pertumbuhan yang kuat, terutama selama periode liburan penting seperti Tahun Baru Imlek dan hari libur Hari Buruh yang lalu.

Dia mengungkapkan bahwa generasi muda telah menjadi kekuatan paling dominan di pasar perjalanan outbound Tiongkok.  Selain itu, wisatawan mencari pengalaman yang lebih terlokalisasi dan unik selain hal-hal tradisional yang “wajib dilakukan”.  

Misalnya, taman hiburan, tempat-tempat Instagrammable, aktivitas baru, masakan lokal, dan pengalaman berdasarkan minat merupakan beberapa tema utama yang muncul.

 “Wisatawan saat ini mencari lebih dari sekedar tempat wisata pada umumnya. Mereka mencari pengalaman unik, personal, dan autentik yang memungkinkan mereka terhubung dengan budaya dan tradisi lokal,” kata Ji. 

Dia menyampaikan bahwa strategi inovatif seperti streaming langsung, media sosial, pembuat konten (KOL), dan AI harus diterapkan untuk melibatkan wisatawan.

Panel di konferensi tersebut membahas lebih lanjut perubahan perilaku pemesanan pengguna, seperti penelitian dan pemesanan sebelumnya, perpanjangan masa menginap, dan peningkatan kunjungan objek wisata.  

Mereka juga mencatat bahwa wisatawan bersedia membayar untuk opsi premium seperti tiket ekspres dan layanan VIP.  Untuk memenuhi kebutuhan yang meningkat ini, Trip.com Attractions & Tours telah memperluas penawarannya, termasuk pengalaman VIP, paket makanan dan tiket, serta tiket ke acara olahraga seperti Australia Open.

AI dan teknologi mengubah pengalaman perjalanan

Dengan latar belakang pemulihan ekonomi, AI dan teknologi mendorong perubahan di industri perjalanan.  Misalnya, asisten perjalanan AI seperti TripGenie dari Trip.com merevolusi perencanaan perjalanan, sementara peran AI yang semakin besar dalam layanan pelanggan meningkatkan interaksi yang efisien dan dapat disesuaikan.

Pada konferensi tersebut, baik pidato pemimpin maupun panel mengungkapkan kekuatan AI dalam berbagai fungsi.  Hal ini mencakup pengelolaan harga dinamis, melakukan konfirmasi pemesanan instan, analisis prediktif untuk manajemen kapasitas, dan sistem manajemen saluran terpadu. 

Tren masa depan juga mengarah pada otomatisasi yang lebih besar dan penggunaan teknologi seperti AR dan VR untuk memberikan pengalaman yang mendalam.

Proyek menarik dan kemitraan di seluruh dunia

Atraksi & Tour Trip.com juga berbagi keberhasilan perluasan penawarannya selama setahun terakhir, yang mencerminkan kerinduan pelanggan akan acara dan pengalaman menarik.  Misalnya, Christmas Wonderland 2023 eksklusif di Singapura, sebuah acara meriah yang memukau, meningkatkan pangsa pasar.

Kemitraan strategis dengan atraksi dan agen perjalanan juga disorot sebagai hal yang penting untuk menciptakan nilai.  Misalnya, Trip.com Attractions & Tours berfungsi sebagai agen umum dan mitra Pilihan untuk Louvre Abu Dhabi di Tiongkok.  

Bekerja sama dengan Empire State Building Observatory di New York, juga meluncurkan pengalaman wisata matahari terbit yang eksklusif.  

Selain itu, mereka juga telah menjalin kemitraan baru dengan Discover Saudi, yang bertujuan untuk meningkatkan pariwisata dari pasar Asia ke Arab Saudi dengan menawarkan produk dan layanan perjalanan yang komprehensif.

Trip.com juga mengungkapkan peningkatan pada layanan pra-perjalanan, yang merupakan bagian penting dari setiap perjalanan.  Perusahaan ini memperluas layanan eSIM-nya, yang kini mencakup lebih dari 160 negara melalui kemitraan dengan lebih dari 50 operator global. 

Gerai bandara afiliasinya, yang terletak di Bandara Changi, Incheon, Gimpo, Gimhae, Internasional Hong Kong, Suvarnabhumi, dan Taoyuan, juga meningkatkan pengalaman perjalanan sejak langkah pertama.

Dalam kesempatan itu Grup juga menegaskan kembali komitmennya terhadap layanan pelanggan yang berkualitas, dengan mengungkapkan bahwa sentuhan kemanusiaan adalah kunci untuk memastikan wisatawan menikmati perjalanan yang menyenangkan.

Keberlanjutan juga merupakan tema utama lainnya, dimana Trip.com Group mengintegrasikan komitmen ESG (Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola) yang kuat ke dalam tujuan bisnisnya.  

Inisiatif-inisiatif ESG ini mencakup promosi pilihan perjalanan rendah karbon, mendukung kebijakan ramah keluarga, dan revitalisasi masyarakat, semuanya untuk memastikan manfaat bersama bagi pelanggan, mitra, dan masyarakat luas.

Tentang Trip.com

Trip.com adalah penyedia layanan perjalanan terpadu internasional, tersedia dalam 24 bahasa di 39 negara dan wilayah dalam 35 mata uang lokal.  

Trip.com memiliki jaringan hotel dan penerbangan yang luas yang terdiri dari lebih dari 1,7 juta hotel dan penerbangan dari lebih dari 600 maskapai penerbangan yang mencakup 3.400 bandara di 220 negara dan wilayah di seluruh dunia.  

Layanan pelanggan multibahasa Trip.com yang berkelas dunia 24/7, serta pusat tambahan di Edinburgh, Tokyo, dan Seoul, membantu ‘menciptakan pengalaman perjalanan terbaik’ bagi jutaan pelanggannya di seluruh dunia.  Hotel de Crillon, A Rosewood Hotel, terpilih sebagai hotel mewah terbaik di dunia

Atraksi Asia dipilih sebagai hal terbaik untuk dilakukan. Pemandian air panas dan resor ski secara global menjadi perhatian utama wisatawan

Hilda Ansariah Sabri

Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers dan Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat (2018-2023)