DESTINASI INTERNATIONAL LIFESTYLE

Tour Bus Ke Pusat Budaya Manila Diluncurkan

Sekretaris Pariwisata Christina Frasco (kanan) dan Walikota Manila Honey Lacuna memimpin peluncuran wisata bus Hop-On, Hop-Off (HOHO) pada Kamis 6 Juli 2023.  (Foto PNA oleh Yancy Lim)

MANILA, bisniswisata.co.id: Departemen Pariwisata Fililina (DOT) meluncurkan bus wisata Hop-On, Hop-Off (HOHO) Manila Cultural Hub, meningkatkan penawaran wisata di Metro Manila.

Dilansir dari pna.gov.ph, rute baru ini adalah yang kedua setelah uji coba tour HOHO Makati Financial Hub pada 28 Mei.

“Presiden kita mencita-citakan industri pariwisata yang mampu bersaing bahu-membahu dengan tetangga kita di Asia, juga dunia,” kata Sekretaris Pariwisata Christina Frasco saat peluncuran.

Itulah mengapa pihaknya memperkenalkan pariwisata ke era digital melalui Tour Bus ‘Hop-On, Hop-Off’ ini yang memungkinkan wisatawan memesan melalui aplikasi, mengatur pengalaman mereka, dan melakukan perjalanan dengan kenyamanan mereka sendiri, tambahnya.

Dia mencatat bahwa setelah pandemi, telah terjadi perubahan global dalam tren perjalanan dan keinginan para pelancong untuk pengalaman yang lebih imersif telah tumbuh.

“Tren perjalanan terus berubah, dan merupakan kewajiban kita di pemerintah nasional dan pemerintah daerah untuk beradaptasi.Sudah waktunya bagi kita untuk berkembang dan benar-benar memahami perlunya memastikan bahwa kita tidak tertinggal di dunia pasca-pandemi,” katanya.

Dengan HOHO Manila yang baru, Frasco berharap dapat memperkenalkan kembali dan berbagi warisan dan budaya ibu kota dengan turis lokal dan asing.

Pusat Budaya akan memiliki sembilan perhentian yang akan mengelilingi Robinsons Manila, Raja Sulayman, Rizal Park Luneta, Museum Nasional, Tur Warisan Malacañang, Balai Kota, Escolta, Binondo, dan Intramuros.

Wisatawan dapat memilih dari rencana perjalanan yang dikurasi dan dilakukan sendiri dengan opsi untuk tur pribadi dan berpemandu.

Harga perkenalan untuk tur HOHO Manila Cultural Hub mulai dari PHP1.000 per orang. Filipina HOHO menampilkan situs web khusus dengan semua informasi, kartu berkemampuan EMV yang dapat diisi ulang, aplikasi seluler untuk memesan tour dan melakukan pembayaran tanpa uang tunai.

Ada fitur  pemantauan kedatangan bus jaringan GPS dan panduan video, serta informasi tentang hotel, makanan, dan tempat-tempat penjualan suvenir. Pada tahun 2022, Metro Manila mencatat total 5,3 juta wisatawan semalam, dengan Manila peringkat keempat dengan 710.275 kedatangan, sedangkan Makati City peringkat satu tingkat lebih tinggi dengan 969.927 kedatangan.

Kota Pasay dan Parañaque menempati urutan pertama dan kedua.Sementara itu, Kota Manila menduduki puncak kedatangan pada hari yang sama dengan 7,4 juta yang tercatat pada periode yang sama tahun lalu, catatan DOT menunjukkan.

 

Evan Maulana