Tips Melancong dengan Dana Terbatas

0
8

Melancong dengan anggaran terbatas (foto: Peerless Money Mentor)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Setiap orang pasti mendambakan untuk bepergian, mengunjungi tempat-tempat menarik, makan di restoran dengan sajian lezat, berenang, atau sekadar menikmati keindahan bangunan megah. 

Hasrat melancong kini makin meningkat setelah banyak orang terkungkung selama empat bulan lebih akibat pandemi COVID-19. Masalahnya, bepergian kerap membutuhkan biaya besar. Tapi, bukan berarti hal itu tidak bisa diwujudkan. Jika dana Anda terbatas, ada beberapa tips untuk mensiasatinya, seperti dilansir dari traveldailynews.

Rencanakan perjalanan Anda

Dengan dana terbatas, satu hal yang harus Anda lakukan adalah membuat perencanaan yang baik. Buat daftar tempat-tempat yang hendak dikunjungi, catat aktivitas apa saja yang akan dilakukan di sana,.

Daftar keperluan lain yang kira-kira membutuhkan biaya, seperti sewa kendaraan atau asuransi. Tulis saja semua pos pengeluaran yang akan terjadi selama perjalanan, baru cocokkan dengan budget. Cara ini akan menentukan apakah rencana ini feasible.

Pesan tiket pesawat dimuka

Ongkos pesawat kerap memakan porsi paling besar anggaran untuk melancong. Ada cara untuk menghematnya. Biasanya, harga tiket yang dipesan jauh hari sebelum keberangkatan akan lebih murah.

Oleh sebab itu janganlah memesan tiket terlalu mepet dengan hari keberangkatan. Jika ingin lebih berhemat, sering-seringlah mengecek perkembangan harga tiket. Gunakakanlah perangkat flight cost trackers untuk mengetahui penawaran harga terkini. 

Satu lagi kiatnya adalah memilih maskapai penerbangan. Pilihlah perusahaan yang menawarkan harga paling murah, misalnya yang tidak ada fasilitas bagasi. 

Bijak Memilih Waktu Bepergian

Berlibur ketika musim liburan memang menyenangkan karena itulah sebenarnya waktu yang paling pas, umumnya jatuh saat musim panas. Tetapi dari segi biaya, itulah waktu termahal untuk melancong karena semua orang ingin melakukannya.

Saat cuaca panas dan musim liburan tiba, banyak orang keluar untuk plesiran. Jadi, jika memungkinkan rencanakan perjalanan Anda di luar musim ini. Keuntungan lain, saat musim libur usai tempat-tempat wisata pun tidak akan terlalu penuh, sehingga Anda lebih dapat menikmatinya.

Pinjam uang untuk jalan-jalan

Kadang hasrat untuk berlibur muncul tiba-tiba sebelum sempat direncanakan. Jika itu terjadi dan Anda tidak hendak menundanya karena menurut Anda berharga maka bolehlah mempertimbangkan untuk meminjam uang.

Bank tradisional biasanya tidak dapat memproses pinjaman dengan cepat. Itu sebabnya gunakanlah layanan bank untuk pinjaman jangka pendek yang dapat memproses dalam waktu kurang dari 24 jam, seperti LoanPig.  

Hematlah uang untuk akomodasi

Akomodasi adalah pengeluaran penting lainnya saat bepergian. Meski kadang kita tak ingin mengutak-atik pos ini, ada baiknya ‘ditengok’ kembali demi penghematan. 

Hostel atau pondokan bisa jadi pilihan. Kini sudah banyak pengelola yang menawarkan layanan menarik seperti kamar khusus perempuan atau kamar double bedroom dengan fasilitas kamar mandi bersama.

Sebaiknya tukarlah ongkos menginap di hotel mewah dengan hostel sehingga Anda masih punya cukup uang untuk bepergian lebih lama. Jangan lupa, periksalah ulasan tentang kondisi hostel yang hendak dituju untuk memastikan standarnya sudah sesuai kebutuhan Anda, dan pengalaman orang yang pernah menginap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.