Tips Atasi Rasa Takut Naik Pesawat

0
238
Penumpang pesawat (Foto: Pinterest)

WASHINGTON DC, bisniswisata.co.id: Kebanyakan orang, naik pesawat adalah momen sangat menyenangkan. Apalagi, jika baru pertama kali. Namun, sebagian orang malah merasa naik pesawat lebih dari teror, sangat menakutkan. Ketakutan naik pesawat selalu menghantuinya. Sebenarnya, pesawat adalah moda transportasi paling aman di dunia. Jauh meninggalkan kereta, kapal, mobil, apalagi motor.

Ingat, kecelakaan pesawat hanya terjadi diantara 1: 1,2 juta penerbangan. Jadi Sangat sedikit, lho. Kenapa ditakuti?. Jika dikomparasikan dengan kecelakaan mobil, ternyata ada 3.287 orang meninggal akibat kecelakaan mobil setiap harinya, atau 1,3 juta jiwa melayang setiap tahun. Demikian disampaikan National Highway Traffic Safety Administration dalam laman USA Today, Kamis (28/03/2019).

Bisa jadi takut, karena kecelakaan pesawat dimasukkan dalam kejadian luar biasa. Kenapa luar biasa? Karena pesawat sudah dibekali dengan sistem super canggih, yang dikontrol dan diperiksa kelayakannya setiap saat akan terbang dan landing.

Begitu banyak juga orang tersertifikasi dan terus dilatih berulang kali bahkan yang sudah sangat senior sekalipun, yang ikut dilibatkan untuk keselamatan sebuah penerbangan. Maka, kecelakaan pesawat adalah hal yang “nyaris tidak mungkin”.

Tapi, berita di media massalah yang menerormu. Tak seselalu tabrakan motor, berita kecelakaan pesawat adalah momen langka, yang tentu sangat menantang untuk dikulik para awak media. Bayangkan, dari ribuan wartawan di Indonesia khususnya, hanya ratusan orang yang mendapat kesempatan meliput kecelakaan pesawat. Bahkan, ada yang tidak sama sekali terlibat sejak pertama kali bekerja hingga pensiun.

Momen langka saat semua mata dunia tertuju pada insiden seperti inilah yang membuat awak media dan perusahaan media akan mengulik berita kecelakaan pesawat dengan begitu masifnya. Semakin sering kamu menyaksikan tayangan dan membaca segala macam tentang kecelakaan pesawat, tentu ini akan terus terngiang-ngiang dan tersimpan di otakmu.

Percayalah, naik pesawat tak semenakutkan itu. Tapi jika kamu masih saja takut, lakukan beberapa Tips ini.

*Pikirkan atau bicarakan hal-hal yang membuat Anda tertawa, dengan orang disampingmu.

*Redam stres dan kecemasan dengan memikirkan hal yang menyenangkan.

*Selalu berpikir positif.

*Tutup mata, anggap saja kamu sedang berkendara di darat.

*Tarik nafas dalam-dalam dan menghembuskan perlahan.

*Nikmati ini, seperti kamu sedang berwisata virtual.

*Tuliskan semua ketakutan pada agenda perjalanan Anda, dan bacalah kembali setelah kamu turun dari pesawat. Ini menjadi obat mujarab untuk terbang berikutnya dengan menyenangkan.

*Baca buku, atau putar musik kesukaannmu. Pasti ini akan sangat meringankan bebanmu. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.