EVENT HOSPITALITY INTERNATIONAL NEWS

TCEB, ICCA yakin dengan kapasitas Bangkok untuk Kongres Tahunan ICCA 2023

BANGKOK, bisniswisata.co.id: International Congress and Convention Association – atau ICCA – menyatakan kepercayaannya pada kapasitas industri MICE Thailand dan Bangkok sebagai tuan rumah sukses Kongres Tahunan ICCA ke-62 2023, dengan perkiraan 1.000 kehadiran.

Didirikan pada tahun 1963, ICCA adalah pemimpin asosiasi global untuk pertemuan internasional.  Dengan tujuan untuk mendukung dan mengembangkan industri pertemuan internasional, organisasi ini memiliki lebih dari 1.000 anggota yang mewakili sektor publik dan swasta dari 91 negara dan wilayah di seluruh dunia.

Dilansir dari businesseventsthailand.com, pada kesempatan penandatanganan nota kesepahaman untuk Thailand menjadi tuan rumah ICCA Annual Congress 2023 di Bangkok antara Thailand Convention and Exhibition Bureau (TCEB) dan ICCA, Chiruit Isarangkun Na Ayuthaya, President, Thailand Convention & Exhibition Bureau (Public Organization) atau  TCEB.

Intinya menyatakan bahwa penandatanganan disaksikan oleh perwakilan dari Bangkok Metropolitan Administration (BMA), berlangsung selama perjalanan inspeksi ICCA terhadap tempat dan infrastruktur di Bangkok.

Dengan demikian, MOU tersebut mencerminkan kesiapan Thailand dan Bangkok menjadi tuan rumah acara asosiasi global untuk pertemuan internasional.  “Kami akan menjadikan Kongres Tahunan ICCA ke-62 2023 sebagai acara netral karbon untuk menegaskan tekad Thailand dalam memperjuangkan keberlanjutan,”

Selain itu untuk menyoroti keberhasilan terbaru Bangkok dalam kredensial lingkungan untuk industri pertemuan setelah memenangkan Penghargaan Paling Ditingkatkan dari Indeks Keberlanjutan Destinasi Global (GDS  -Index) 2022 selama Kongres Tahunan ICCA ke-61 di Polandia pada bulan November tahun ini.

Dengan lebih dari 1.000 anggota dari 91 negara dan teritori di seluruh dunia, penyelenggaraan Kongres Tahunan ICCA akan menyoroti Thailand sebagai tujuan ideal untuk konvensi internasional baik secara kuantitatif maupun kualitatif.  

Kongres tersebut akan menghasilkan pendapatan, dampak ekonomi dan sosial serta berkontribusi pada potensi Thailand dalam menjadi tuan rumah konvensi internasional.  

Saat ini, TCEB memiliki skema untuk mempromosikan pertemuan internasional, skema untuk mendukung penawaran, inisiatif yang menciptakan peluang bisnis, pasar internasional baru dan aliansi luar negeri, termasuk program peningkatan kapasitas untuk asosiasi dan pemasok Thailand.

Kongres ICCA 2023 akan menjadi edisi ketiga yang diadakan di Thailand dan yang kedua diselenggarakan di Bangkok.  Kerangka kerjasama untuk kongres antara TCEB dan ICCA mensyaratkan Bangkok sebagai kota tuan rumah dan TCEB bertindak sebagai tuan rumah lokal.

TCEB bertanggung jawab atas hubungan masyarakat kongres dan menunjuk panitia penyelenggara lokal, yang terdiri dari anggota organisasi ICCA Thailand, aliansi dari keduanya  sektor publik dan swasta, pengusaha terkait dan asosiasi.  Panitia akan dilibatkan dalam perencanaan dan persiapan seluruh tahapan penyelenggaraan kongres.

Kongres ICCA 2023 dijadwalkan pada 12-15 November 2023 di Bangkok.  Pendaftaran akan dibuka pada Maret 2023. Jumlah peserta diharapkan 1.000 orang, terdiri dari 800 orang asing dan 200 pengunjung Thailand.  

Kongres tersebut diharapkan menghasilkan pendapatan 85 juta baht, menyumbang 47 juta baht untuk produk domestik bruto (PDB) dan menghasilkan pendapatan pajak 2,92 juta baht dengan nilai hubungan masyarakat untuk Thailand sebesar 300 juta baht.

Senthil Gopinath, CEO International Congress and Convention Association (ICCA), mengatakan bahwa ICCA dengan senang hati akan mengadakan Kongres ICCA ke-62 ke Bangkok, Thailand November mendatang.  

Thailand menawarkan industri pertemuan global solusi yang bertujuan dan menjadi tuan rumah bagi beberapa kongres terkemuka di dunia.  Upaya strategis TCEB dalam membangun portofolio industri pertemuan di Thailand patut diacungi jempol.  Thailand dan TCEB adalah mitra lama ICCA dan kami telah bekerja sama dalam banyak inisiatif global dan kongres akan menjadi salah satu sorotan utama.

“Setelah menghabiskan beberapa hari di lokasi inspeksi, saya yakin Bangkok sebagai kota tuan rumah akan menjadi latar belakang yang menakjubkan untuk kongres.  Kami tidak sabar menunggu komunitas global kami berkumpul di Pusat Konvensi Nasional Queen Sirikit (QSNCC) yang luar biasa dan mengalami semua yang ditawarkan acara internasional kelas dunia.  

Kehadiran ICCA di ibu kota mewakili tonggak sejarah dalam program ‘Visi Bangkok 2032’, yang merupakan imajinasi ulang yang sangat ambisius tentang apa yang dapat ditawarkan kota ajaib ini kepada dunia.  

Antisipasi sedang dibangun, dan kami berharap dapat berkolaborasi dengan teman dan kolega kami di Thailand Convention & Exhibition Bureau (TCEB) dan The Bangkok Metropolitan Administration (BMA) dengan harapan dan kegembiraan yang nyata.  

Dengan keberlanjutan sebagai inti dari semua upaya, kami akan bekerja tanpa lelah untuk memastikan kongres menghadirkan konten, pengalaman budaya, jaringan, dan tentu saja, peluang bisnis baru bagi anggota kami.  

Mungkin yang paling penting, kami yakin Kongres ICCA ke-62 akan meninggalkan warisan berharga bagi masyarakat Bangkok dan komunitas acara bisnis secara keseluruhan.”

Sanon Wangsrangboon, Wakil Gubernur Bangkok, mengatakan bahwa “Bangkok adalah pusat ekonomi yang diberkati dengan keragaman yang kaya, mulai dari getaran multikultural, makanan kaki lima hingga santapan mewah bintang 6 oleh koki selebritas, situs bersejarah, arsitektur kontemporer, tempat konvensi, fungsi pusat seni dan budaya, museum hingga banyak ruang serbaguna lainnya yang ditawarkan oleh sektor publik dan swasta.  

Lebih baik lagi, Bangkok kaya akan seni pertunjukan yang menonjolkan identitas Thailand, termasuk tarian tradisional Thailand, musik rakyat Thailand, pertunjukan kontemporer, tinju Thailand, dan banyak lagi.  

Personil sektor publik dan swasta sangat ingin menyambut delegasi ICCA dan semua tamu terhormat.  Bangkok siap dalam semua aspek untuk memungkinkan ICCA menetapkan standar dan menjadi kenangan bagi semua pihak yang berpartisipasi.”

Selanjutnya, Thailand akan menjadi tuan rumah Forum Asosiasi Aliansi Konvensi Asia (#ACAAF1) pertama selama Kongres ICCA 2023. Ini akan menjadi tugas pertama kelompok mitra Aliansi Konvensi Asia (ACA). 

Tujuannya adalah untuk mendorong pertukaran pengetahuan antara para eksekutif asosiasi yang bertindak sebagai tuan rumah konvensi internasional.  Mereka diundang oleh organisasi anggota dari empat wilayah yang membentuk ACA – Thailand, Malaysia, Korea Selatan, dan Taiwan.  

Forum ini juga diharapkan dapat membantu memperluas jaringan aliansi untuk promosi konvensi internasional.  Diperkirakan forum tersebut akan menciptakan peluang untuk menarik setidaknya 4 pertemuan internasional yang akan diadakan secara bergilir di antara empat wilayah anggota ACA.

 

 

Hilda Ansariah Sabri

Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers dan Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat (2018-2023)