INTERNATIONAL TEKHNOLOGI

TAT dan TAGTHai Tandatangani MOU untuk Tingkatkan Pariwisata Thailand

TAGTHAI, diucapkan “Tak-Thaai” dan berarti “salam” dalam bahasa Thailand, akan dipromosikan lebih lanjut sebagai aplikasi perjalanan Thailand yang wajib dimiliki oleh wisatawan yang menjelajahi Thailand.

BANGKOK, bisniswisata.co.id: Tourism Authority of Thailand (TAT) dan Thai Digital Platform Social Enterprise Co., Ltd. menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) untuk lebih meningkatkan kesadaran akan TAGTHAI.

Ini aplikasi lengkap Thailand, sebagai ‘Platform Super Aggregator’ yang wajib dimiliki oleh wisatawan lokal dan asing yang menjelajahi Thailand.

MOU tersebut ditandatangani antara Thapanee Kiatphaibool, Gubernur TAT, dan Kalin Sarasin, Ketua Komite Manajemen Thai Digital Platform Social Enterprise Co., Ltd., pemilik dan pengembang aplikasi perjalanan TAGTHAI. Kalin juga merupakan Ketua Kehormatan Kamar Dagang Thailand dan Dewan Perdagangan Thailand.

Thapanee Kiatphaibool, Gubernur TAT, mengatakan “TAT menyadari potensi TAGTHAI sebagai ‘Platform Agregator Super’ yang melayani berbagai jenis wisatawan dan membuat perjalanan di Thailand menjadi sederhana dan nyaman.

TAGTHAI mencerminkan promosi kami terhadap elemen soft-power Thailand dan banyak pengalaman perjalanan yang bermakna di Thailand. MOU ini sesuai dengan arahan TAT pada tahun 2024 untuk merevitalisasi pariwisata Thailand menuju pertumbuhanĺĺĺ bernilai tinggi dan berkelanjutan.

MOU ini menekankan rencana pembangunan nasional Thailand, “Thailand 4.0”, yang berupaya meningkatkan akses teknologi dan data publik-swasta untuk mendorong daya saing negara dan industri pariwisata.

Aplikasi perjalanan TAGTHAI ditetapkan sebagai platform bagi bisnis lokal, khususnya usaha kecil dan menengah, untuk mempromosikan produk dan layanan mereka.

Diluncurkan pada tahun 2019, TAGTHAI, diucapkan “Tak-Thaai” dan berarti “salam” dalam bahasa Thailand. Aplikasi perjalanan lengkap adalah platform kolaborasi antara lembaga publik dan swasta di Thailand yang mengumpulkan sumber daya mereka untuk mengembangkan aplikasi.

Berdasarkan MOU tersebut, TAT akan mempromosikan TAGTHAI melalui aktivitas pemasaran dan saluran publisitasnya serta berbagi informasi mendalam tentang tempat-tempat wisata populer dan yang akan datang serta rute tour.

Sebagai imbalannya, TAGTHAI akan memberikan data intelijen tentang preferensi perjalanan wisatawan di Thailand, melalui analisis aktivitas pengguna. Hal ini akan memungkinkan koneksi berbasis data yang efektif antara platform online TAT dan TAGTHAI.

Kalin Sarasin, Ketua Komite Manajemen Thai Digital Platform Social Enterprise Co., Ltd., mengatakan “Teknologi digital memainkan peran penting dalam industri pariwisata, dan sebagai aplikasi perjalanan yang wajib dimiliki di Thailand, TAGTHAI ingin menjadi ikut serta dalam membantu mempertahankan posisi Thailand sebagai tujuan pariwisata kelas dunia.

Melalui kemitraan dengan TAT, aplikasi TAGTHAI akan dikembangkan lebih lanjut menjadi Platform Super Aggregator terlengkap yang dapat digunakan wisatawan untuk bepergian di Thailand.

TAT dan TAGTHai telah bekerja sama melalui TAGTHAI Pass – tiket pariwisata digital Thailand, yang memungkinkan wisatawan hanya melakukan satu pembayaran untuk mengakses layanan terkait pariwisata tertentu, terutama oleh penduduk setempat, termasuk tempat wisata, lokakarya, restoran, dan spa.

Saat ini tersedia City Pass untuk Bangkok, Phuket, Pattaya, dan Ayutthaya, serta pass pengalaman perjalanan termasuk Massage Pass, ONESIAM Pass, Golf Pass, dan Elephant Lover Pass. Yang sedang direncanakan adalah perluasan City Pass dan Golf Pass ke lebih banyak tujuan.

Wisatawan dapat mengunduh aplikasi TAGTHAI melalui App Store atau Play Store. Kunjungi https://www.tagthai.com/ untuk informasi lebih lanjut, atau ikuti akun Facebook dan Instagram tagthai.official.

Hilda Ansariah Sabri

Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers dan Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat (2018-2023)