Sleman Luncurkan Kalender Wisata Olah Raga 2020

0
73
Tour de Sleman melintas kawasan Candi Prambanan (Foto: panduanwisata.id)

SLEMAN, bisniswisata.co.id: Wisata olahraga atau Sport Tourism menjadi perhatian khusus dari Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Sepanjang tahun 2020, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman meluncurkan Calendar of Event 2020. Kalender ini memuat agenda-agenda wisata, termasuk wisata-wisata bertema olah raga Kabupaten Sleman.

“Ini merupakan kali kedua Calendar of Event diluncurkan. Wisata yang dihadirkan sendiri beragam, termasuk wisata-wisata bertema olah raga. Peluncuran kalender ini dapat jadi pegangan informasi awal bagi calon-calon wisatawan. Juga membantu Kabupaten Sleman mencapai target 10 juta kunjungan wisata pada 2020,” papar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Sudarningsih.

Selain itu, lanjut dia, yang terpenting kualitasnya ditingkatkan, lenght of stay (lama tinggal) dan spending money juga (pengeluaran) diharapkan ada kenaikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, sambung di seperti dilansir laman Republika, Kamis (05/12/2019).

Dilanjutkan, agenda-agenda yang diluncurkan tidak cuma yang milik OPD-OPD Pemkab Sleman. Tapi, diluncurkan agenda-agenda kelompok komunitas kemasyarakatan, organisasi keolahragaan dan lain-lain. Tahun ini, total ada sebanyak 150 agenda yang tercantum di kalender wisata Kabupaten Sleman. Meliputi agenda-agenda seni, budaya, olah raga dan wisata-wisata yang dimiliki desa-desa Kabupaten Sleman.

Beberapa agenda yang akan digelar seperti Volcano Run 8 Maret, Tawur Agung Kesanga 24 Maret, Tour de Sleman 12 April, Dimas Diajeng 17 April, Hari Jadi Sleman 15 Mei, serta Le Velo de Garuda 20 Juni. Selain itu, ada Prambanan International Yoga Day pada 21 Juni, Jogja International Scout Camp 5 Juli, Sleman Temple Run 12 Juli, Tour De Merapi 19 Juli, dan IAWP Conference 6-10 September.

Ada pula Jogja Tourism Festival 27 September, Sleman Exotism Festival 1-4 Oktober, Pelangi Budaya Bumi Merapi 11 Oktober, Tour de Prambanan 25 Oktober dan Jogja International Heritage Walk 14-15 November. “Seluruh Wisata olahraga diharapkan menjadi perhatian bagi wisatawan, sehingga dengan kalender of event ini wisatawan dapat menyiapkan waktunya untuk mengunjungi Sleman,” sambungnya.

Purwatno Widodo dari Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Sleman berharap, adanya Calendar of Event semakin melancarkan usaha promosi wisata. Lalu, meningkatkan pula kunjungan wisatawan. “Saya sangat berharap setiap desa di Kabupaten Sleman dapat menjadi destinasi wisata dengan keunikannya masing-masing,” ujar Purwatno.

Selain itu, dapat mendorong desa-desa berinovasi mengembangkan wisata. Ia menekankan, seluruh penyelengara harus berkomitmen serta bertanggung jawab atas Calendar of Event yang telah diluncurkan ini. “Agenda wisata ini, akan membawa kredibilitas tidak cuma penyelenggara tapi Pemkab Sleman sendiri. Saya berrpesan agar agenda-agenda wisata dikelola secara profesional, sehingga minat wisatawan sangat antusias untuk datang,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.