TRANSPORTASI

Singapore Airlines A350-900 Terbaru Terbangi Langit Jakarta

SINGAPURA, bisniswisata.co.id: Jakarta menjadi destinasi selanjutnya dilayani pesawat Airbus A350-900 medium-haul milik Singapore Airlines, yang dimulai pada 18 Desember 2018. A350-900 terbaru beroperasi setiap hari dengan nomor penerbangan SQ964 dan SQ965, diluar dari sembilan penerbangan harian antara Singapura dan Jakarta yang dioperasikan Singapore Airlines.

SQ964 berangkat dari Bandara Changi Singapura pukul 17.20 (waktu Singapura) dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, pukul 18.05 (waktu Indonesia) setiap hari. Dan, penerbangan kembali SQ965 berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta pukul 19.00 (waktu Indonesia) dan tiba di Bandara Changi Singapura pada pukul 21.55 (waktu Singapura) setiap hari.

Pesawat A350-900 medium haul terbaru dilengkapi 303 kursi, terbagi dua kelas, yaitu 40 kursi Business Class dan 263 kursi Economy Class. Dilengkapi produk regional kabin terbaru untuk Business Class dan Economy Class , kabin Business Class gunakan konfigurasi kursi 1-2-1, guna memberikan akses lorong langsung kepada setiap pelanggan, sementara kabin Ekonomy Class diatur dalam konfigurasi kursi 3-3-3.

“Pesawat ini dilengkapi sistem hiburan penerbangan terbaru: Thales AVANT. Dirancang dengan tampilan interaktif sehingga navigasi lebih intuitif. Para pelanggan kami dapat nikmati myKrisWorld, sistem hiburan penerbangan Singapore Airlines yang dapat dipersonalisasi dengan pengaturan lebih baik,” papar Moudy Alfiana Associate, Media Relations SIA dalam siaran pers, Senin (18/12/2018)

Guna melengkapi pengalaman ini, lanjut Moudy, para pelanggan dapat memilih daftar pilihan lagu mereka dari aplikasi mobile SingaporeAir sebelum melakukan penerbangan, serta mengirim pilihan-pilihan lagu tersebut ke myKrisWorld dengan cara menyambungkan alat elektronik mereka dengan sistem di dalam pesawat melalui Near-Field Communication (NFC).

Para pelanggan menerima rekomendasi konten berdasarkan preferensi dan daftar riwayat pencarian mereka, sementara anggota KrisFlyer terus menandai dan melanjutkan konten, serta menyesuaikan dan menyimpan preferensi dan daftar putar untuk penerbangan selanjutnya. Anggota KrisFlyer dan pelanggan Bussiness Class juga dapat memiliki akses terhadap tambahan pilihan konten hiburan dalam penerbangan lainnya.

Selain itu, pelanggan mendapat akses Wi-Fi dengan kecepatan tinggi dalam pesawat A350-900. Pesawat ini akan dilengkapi dengan sistem konektivitas broadband milik GX Aviation, yang ditawarkan melalui SITAONAIR, sambungnya.

Kursi Business Class terbaru pada penerbangan jarak menengah diproduksi Stelia Aerospace dan diatur konfigurasi kursi 1-2-1 menghadap ke depan untuk memberikan akses lorong langsung kepada para pelanggan. Setiap kursi dapat direbahkan langsung hingga 76’’ menjadi tempat tidur yang sepenuhnya datar, pelanggan Business Class dapat beristirahat lebih nyaman, meski pada penerbangan jarak pendek.

Setiap kursi memiliki ukuran lebar hingga 26’’ dengan sandaran lengan yang dapat diangkat dan diturunkan. Baik bepergian sendiri ataupun bersama pasangan, pembatas yang dapat disesuaikan pada kursi bagian tengah memberikan tingkat privasi yang dapat memenuhi preferensi seseorang, tambahnya.

Dilanjutkan, para pelanggan juga dapat melihat lebih lanjut fitur-fitur lainnya untuk meningkatkan pengalaman perjalanan mereka, seperti ruang penyimpanan untuk barang-barang pribadi, panel bisnis dengan pasokan listrik pada listrik (in-seat power supply) dan port USB yang tersedia pada setiap kursi, serta unit lampu baca dengan intensitas pencahayaan yang dapat disesuaikan dan monitor layar sentuh pribadi berukuran 17 inci dengan kualitas gambar beresolusi tinggi.

Dirancang RECARO, kursi Economy Class terbaru juga memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik. Diatur konfigurasi kursi 3-3-3, masing-masing dari 263 kursi Economy Class yang tersedia memiliki kontur sandaran punggung dirancang secara ergonomis guna memberikan kenyamanan lebih baik, dengan enam arah sandaran kepala dapat disesuaikan dan dapat dilipat memberikan sanggahan leher.

Para pelanggan Economy Class juga dapat menikmati pengalaman hiburan melalui monitor layar sentuh personal mereka yang berukuran 11,6 inci dengan resolusi gambar tinggi ketika mereka memilih lebih dari 1.000 pilihan film, acara televisi, program audio, dan permainan yang tersedia pada myKrisWorld.

Fitur lain yang dapat dinikmati lebih lanjut oleh para pelanggan Economy Class yaitu memasukkan barang-barang pribadi ke ruang penyimpanan, gantungan mantel, serta port USB dan pasokan listrik pada kursi (in-seat power supply), ungkap Moudy

Pesawat A350-900 dilengkapi dengan langit-langit pesawat yang lebih tinggi, jendela yang lebih besar, badan pesawat yang lebih lebar untuk memberikan ruang dan kenyamanan yang lebih baik, serta pengaturan penerangan yang dirancang secara khusus untuk mengurangi jetlag.

“Singapore Airlines telah memesan 67 pesawat Airbus A350-900, 26 diantaranya telah masuk dalam jaringan armada dan sudah dilengkapi dengan produk kabin jarak jauh Business, Premium Economy, dan Economy Class,” ujar Moudy

Pada bulan Oktober tahun ini Singapore Airlines telah menerima pesawat A350-900 Ultra Long Range pertama di dunia, yang digunakan untuk mengoperasikan kembali penerbangan non-stop antara Singapura dan New York (Bandara Internasional Newark Liberty). Pesawat ULR ini dilengkapi dengan 67 kursi Business Class dan 94 kursi Premium Economy Class.

Penempatan pesawat Airbus A350-900 jarak menengah menuju Jakarta menegaskan komitmen Singapore Airlines dalam mendukung industri pariwisata di Indonesia serta memberikan pengalaman perjalanan yang nyaman dan menyenangkan bagi seluruh pelanggan, sambungnya. (redaksibisniswisata@gmail.com)

Endy Poerwanto