Puasa Ramadhan, Nikmati Liburan Tanpa Kuras Energi

0
70
gelombang tinggi di Pantai Glagah Kulonprogo Yogya (Foto: backpackerjakarta.com)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Berwisata sambil berpuasa Ramadhan, memang sangat mengasyikkan dan memiliki pengalaman tersendiri. Apalagi di bulan suci ini kebetulan momennya bertepatan dengan musim liburan sekolah. Sehingga banyak waktu luang bagi pelajar dalam mengisi liburan sekolah.

Memang, Ramadhan mengharuskan kita untuk berpuasa selama sebulan penuh, namun bukan berarti harus tiduran di rumah tanpa aktivitas.
Banyak hal yang bisa membuatmu lebih fresh meski bulan puasa. Jangan mengeluh lapar dan lemas, karena kedua hal itu sebenarnya bisa dialihkan dengan beragam aktivitas seru yang mengasyikkan.

Nah, bingung menghabiskan waktu liburan sekolah selama bulan puasa? Ada beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan untuk menghibur buah hati tanpa perlu khawatir menghabiskan banyak energi saat berpuasa.

#. Taman Kota

Taman kota kini sudah mulai tumbuh di beberapa kota. Suasananya rindang, sejuk, asri, ada tempat santai sambil menikmati semilirnya angin sambil bermain ayunan. Juga bisa melihat kegiatan anak muda, atau melihat anak-anak kecil berlarian kesana-kemari. Biar greget, bawa tikar atau matras biar Kamu bisa sambil santai tiduran. Jadi taman kota solusi tepat bagi yang nggak ada kerjaan di rumah, mending jangan cuma tiduran deh. Coba keluar rumah, jalan kaki atau naik kendaraan menuju ke taman kota dan menikmati suasananya

#. Escape Room
Nikmati petualangan baru di dalam ruangan, terhindar dari panasnya matahari di tengah bulan Ramadhan. Tantang pengetahuan dan kreativitas Anda dalam menyelesaikan berbagai misteri di Pandora Experience atau bermain peran sebagai detektif dan selesaikan misteri dan teka-teki di Escape Hunt Experience. Anda dan anak-anak akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.

#. Museum

Museum dapat memberikan pengalaman yang menarik untuk keluarga Anda pada bulan Ramadhan. Salah satunya adalah Museum Modern and Contemporary Arts in Nusantara (MACAN) di Jakarta yang memiliki instalasi seni paling unik di Indonesia. Beri anak Anda pengalaman seru dan berkesan untuk melihat berbagai instalasi seni dari para seniman lokal maupun internasional.

#. Perpustakaan

Ingin aktivitas yang lebih edukatif ketika sedang berpuasa? Anda bisa ajak anak dan keluarga Anda ke perpustakaan untuk membaca dan berimajinasi di dunia cerita, dongeng dan fantasi, sembari menikmati atmosfer dan arsitektur dari bangunan perpustakaan itu sendiri. Dikenal sebagai perpustakaan nasional tertinggi di dunia dengan total 27 lantai, Perpustakaan Nasional Indonesia di Jakarta adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Dengan ribuan koleksi buku, Anda juga dapat menikmati pemandangan indah dari balkon yang menghadap ke Monumen Nasional (Monas). Lokasinya juga mudah diakses dengan transportasi umum seperti Busway dan MRT Jakarta yang baru saja diresmikan.

#. Staycation

Masih bingung kemana membawa buah hati Anda selama liburan sekolah di kala Ramadan? Kenapa tidak mencoba staycation (stay vacation) sebagai salah satu cara mengisi liburan di masa bulan suci Ramadhan. Konsep liburan singkat cukup dengan menginap di hotel di kota tempat Anda tinggal yang kini tengah menjadi tren. Tanpa perlu repot menyusun rencana perjalanan, menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga sambil menikmati suasana baru dan beragam fasilitas yang tersedia di hotel bisa menjadi pilihan aktivitas yang sangat menyenangkan.

#. Naik bus wisata keliling kota

Kota-kota besar kini banyak tersedia bus wisata keliling kota. Seperti di Jakarta, Bandung, Surabaya dan kota lainnya. Daripada males-malesan di rumah saat berpuasa dan nggak ada pemandangan yang bisa dinikmati, mending naik bus wisata. Dan bisa cari tempat duduk dan melihat pemandangan kota dengan bus tanpa jalan kaki. Apalagi bus wisata keliling kota ada yang gratis lho…

#. Pantai
Bagi yang tinggal di tak jauh dari pantai, berwisata nikmati pemandangan pantai, menghirup udara pantai, menyaksikan riak air laut dan kesibukan kapal nelayan saat sore atau pagi hari memang mengasyikkan. Bahagia itu sederhana. Duduk di atas pasir pantai lalu melihat matahari terbit dan tenggelam adalah salah satu contohnya. Jadi kebetulan rumah tidak jauh dari pantai, cobalah untuk mendapatkan energi positif dengan melihat pemandangan pantai saat waktu luang. Kamu bisa membawa serta bekal berbukamu saat sore hari untuk merasakan suasana buka puasa yang baru. Atau memancing di pantai pasti ada kesan tersendiri.

#. Camping
Puasa di bulan ramadhan memang seru jika dihabiskan di rumah bersama keluarga. Tapi, kami memiliki rekomendasi kegiatan yang lebih seru yaitu camping bersama di pegunungan. Kamu bisa pilih pegunungan di dekat rumahmu agar perjalanan tak bikin emosi karena jarak yang jauh. Nah, usahakan untuk berangkat sebelum maghrib biar bisa buka bersama di camping ground. Ohya, jangan lupa juga bawa bekal untuk sahur biar bisa sekalian sahur di gunung. Asik bukan?

#. Blog-walking

Kata banyak orang, buku adalah jendela dunia. Sekarang, Kamu bisa melihat jendela versi digital dengan blog. Nah, kalau Kamu udah mentok nggak punya kerjaan dan males keluar, mending isi waktu luang itu dengan membaca blog perjalanan lewat smartphonemu. Secara nggak langsung, Kamu bisa merasakan euforia perjalanan seseorang tanpa perlu jalan-jalan. (NDY)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.