INTERNATIONAL LIFESTYLE NEWS

Pengalaman Perjalanan Apa yang Dicari Wanita Saat Ini?

Seorang wanita mendaki Taman Nasional Gunung Api Arenal di Kosta Rika. (Foto- mihtiander/iStock/Getty Images Plus)

NEW JERSEY, bisniswisata.co.id: Industri perjalanan dan pariwisata telah melihat pertumbuhan yang signifikan dalam perjalanan solo wanita dan operator tour khusus wanita.

Menurut data 2020–21 oleh Condor Ferries, perusahaan perjalanan yang didedikasikan untuk pelanggan khusus wanita telah meningkat sebesar 230 persen selama beberapa tahun terakhir.

Dilansir dari Travelpulse.com, Sisterhood of the Outdoors telah memandu perjalanan berburu dan memancing bagi para wanita yang menyukai alam bebas.

WHOA Travel, perusahaan  petualangan papan atas untuk wanita oleh wanita, menawarkan petualangan di empat benua.

Women’s Hiking Crew adalah komunitas hiking untuk wanita. Finatical Flyfishing menyediakan perjalanan memancing di seluruh dunia khusus wanita, lengkap dengan pemandu wanita.

Pengalaman perjalanan yang dicari wanita saat ini berfokus pada mempelajari aktivitas baru dan berhubungan kembali dengan alam dan manusia.

Banyak penonton pertandingan musim panas Olimpiade 2021 yang menyaksikan debut kompetisi selancar wanita terinspirasi untuk mempelajari olahraga tersebut. Inilah yang dilakukan 60 persen tamu di Kalon Surf Kosta Rika, sebuah resor mewah dan kamp selancar.

“Kami telah membangun sebuah pengalaman yang membantu para tamu kami untuk bersantai dan memulihkan tenaga dengan belajar atau meningkatkan kemampuan berselancar mereka di tempat yang indah, seperti surga yang penuh dengan kenyamanan,” kata Kjeld Schigt, pendiri Kalon.

“Anda menghabiskan setiap hari di laut sambil bersenang-senang, tersenyum sepanjang waktu dan terhubung dengan diri sendiri dan orang lain lagi.”

Lebih banyak wanita bepergian sendirian, tetapi itu tidak berarti Anda selalu bepergian secara eksklusif sebagai satu pihak.

Enam puluh persen pelancong wanita yang mendaftar untuk petualangan klasik WHOA Travel — tour petualangan perjalanan grup dengan tanggal yang telah ditentukan sebelumnya — datang sendiri, yang berarti mereka tiba tanpa mengenal siapa pun.

Tetapi pada saat program berakhir, mereka pergi dengan teman-teman baru – dan kompetensi yang sama sekali baru. “Ketika Anda menghadapi tantangan, seperti mendaki Kilimanjaro Afrika atau mendaki medan glasial Islandia, dan meminta wanita lain untuk mengangkat Anda di sepanjang jalan, itu membentuk ikatan luar biasa yang bertahan lama,” kata Allison Fleece, yang ikut mendirikan organisasi yang berfokus pada wanita, perusahaan perjalanan petualangan pada tahun 2015 dengan sesama penggemar petualangan Danielle Thornton.

“Dapat mengintimidasi untuk mengambil risiko dan mendaftar untuk kegiatan semacam ini,” kata Fleece.

“Tetapi ketika Anda tahu Anda melakukannya dengan wanita yang bertubuh sama atau seusia, Anda semakin terdorong dan berdaya.”

Perawatan diri, atau berhubungan kembali dengan diri sendiri, adalah tujuan perjalanan yang berkembang bagi wanita. Bayangkan tinggal di tempat peristirahatan yang tersembunyi di oasis hutan seluas 22 hektar di Kosta Rika.

Anda berjarak 10 menit dari pantai, beberapa langkah dari jalur alam dan air terjun pribadi, serta disuguhi makanan yang dibuat oleh koki vegan bintang lima. Kemudian pasangkan dengan aktivitas favorit Anda: yoga. Itulah yang akan Anda temukan di Institut Imiloa.

Menyatu kembali dengan alam adalah prioritas lain di antara para pelancong wanita. Saint Brandon adalah tempat yang ideal untuk detoks digital.

Terletak di timur laut Mauritius, Saint Brandon adalah negara pulau seperti surga di Samudra Hindia yang sangat cocok untuk pemancing, penyelam bebas, peselancar layang-layang, dan pecinta alam.

Sayangnya, wanita dari segala usia harus menghadapi risiko tertentu di jalan. Perjalanan solo, untuk wanita dan pria, berarti mengambil beberapa tindakan pencegahan tambahan.

Memiliki perangkat komunikasi yang berfungsi dalam segala keadaan dan memperoleh perlindungan evakuasi medis darurat sangat penting.

Menyelesaikan penelitian mendalam tentang tujuan Anda akan membantu mencegah pengabaian budaya. Menjaga keluarga atau teman Anda mengetahui rencana perjalanan Anda dengan jadwal check-in adalah jalur penting untuk tetap aktif.

Sementara semua bentuk perjalanan terhenti selama pandemi, statistik menunjukkan bahwa perjalanan solo wanita meningkat.

Saat perjalanan kembali, perjalanan solo kemungkinan merupakan salah satu segmen pertama yang diharapkan bangkit kembali dengan operator tour melaporkan peningkatan dalam pemesanan perjalanan wanita solo.

 

Arum Suci Sekarwangi