FASHION NEWS

MUFFEST+ 2022 Hadir Kembali di Makasar, Yogya dan Jakarta

YOGYAKARTA, bisniswisata.co.id: Pameran dan fashion show MUFFEST+ 2022  menempati area Grand Atrium Hartono Mall menyertakan 65 desainer baik lokal maupun nasional. 

Pada acara pembukaan tanggal 8 April 2022 akan ditampilkan karya 22 desainer IFC Chapter Yogyakarta antara lain Phillip Iswardhono, Yuliana Fitri, Lanny Amborowati, Dani Paraswati, Mia Ridwan, Dewi Roesdji.

Akan tampil pula Astuti Arindra, Wening Angga, Iffah M Dewi,  Kristi, Luffi, Melati, Sofie,  Dedi Delmora, Hendri budiman, Afif Syakur, Nenni R., Mala, Nissa Khoirina, Irun Maulana, Dwie Nurhasanah.

Sedangkan para desainer IFC Nasional, yaitu Ali Charisma, Lia Mustafa, dan Wening Angga akan turut serta memberi dukungan dan perhatian dalam perhelatan ini.

Program unggulan nya adalah Program Business-To-Business (B2B) untuk memfasilitasi desainer bertemu dengan buyer sebagai mitra dagang. 

Para pelaku industri fesyen muslim yang berbasis di daerah seperti Yogyakarta, tentunya menyambut baik MUFFEST+ 2022 sebagai salah satu solusi atas masalah yang dihadapi di masa pandemi. 

Acara ini memberikan kesempatan bagi para pebisnis fesyen muslim untuk tumbuh kembali dan bangkit dari masa keterpurukan saat pandemi. 

“Ddiharapkan dapat mengangkat kembali bisnis fashion muslim, khususnya di Yogyakarta. Apalagi dilaksanakan di bulan Ramadan dan Lebaran guna meningkatkan gairah masyarakat untuk berbelanja pakaian muslim,” kata Phillip Iswardono, Ketua IFC Chapter Yogyakarta.

Selain kegiatan pameran dan fashion show, juga workshop  tentang Mendesain Gaun Pesta, Belajar Draperi Busana Pesta & Kebaya untuk Pemula dari Nissa Khoirina (Puthic), Talkshow tentang Find Your Passion in Fashion dari New Member 2022 IFC Yogyakarta.

Sementara sang ketua Phillip Iswardono dan Dedi Hartanto melakukan Talkshow tentang From Daily Wear to Runway Collection serta bincang kreatif bersama Bank Indonesia yang mengangkat tema Transaksi Digital Masa Kini dari Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY.

Di masa pandemi saat ini, Indonesian Fashion Chamber (IFC) Chapter Yogyakarta menghadirkan MUFFEST+ 2022 dengan tema “Recovery for fashion” sebagai langkah positif dalam mendukung pemulihan perekonomian nasional melalui ekosistem industri fesyen. 

Tetap diselenggarakan secara hybrid sebagai solusi di tengah pandemi untuk membantu keberlangsungan pelaku bisnis fashion di Indonesia, mulai dari desainer hingga UKM. Kegiatan langsung (offline) juga dengan memperhatikan protokol kesehatan sesuai peraturan Pemerintah, maupun secara virtual agar dapat dijangkau oleh masyarakat lebih luas.

Rangkaian kegiatan digelar secara nasional di beberapa kota, antara lain di Kota Yogyakarta, tepatnya di Hartono Mall, pada tanggal 6 -10 April 202.

Sebelumnya, telah diselenggarakan di Kota Makassar pada tanggal 23-27 Maret 2022, dan akan berakhir di Kota Jakarta pada tanggal 21-23 April 2022 di Ritz Carlton Hotel, Pacific Place, Jakarta. 

MUFFEST+ menjadi event unggulan IFC yang mendapatkan dukungan penuh dari Presiden Joko Widodo beserta Kemenparekraf , sejalan dengan program pemerintah yang tengah mempersiapkan Indonesia untuk bisa menjadi pusat fashion muslim dunia pada 2024 mendatang. 

Indonesia memiliki banyak potensi, dari sumber daya manusia, pasar, wastra lokal yang beraneka ragam hingga fashion designer yang berkualitas.

 

Satrio Purnomo