Menikmati Quiche & Pastri Perancis Persembahan Tiga Sekawan

0
37

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Keterbatasan di berbagai bidang akibat pandemi global COVID-19, ternyata justru mendorong kreativitas tiga sekawan untuk menyikapi wabah penyakit sebagai suatu peluang bisnis di saat orang harus mengerjakan segala sesuatu dari rumah.

Adalah Carla Quiko, Pheaby Tjandra dan Vilma Kiswoyo yang akhirnya sepakat untuk memperkenalkan Quiche Lorraine atau pai Perancis yang masih jarang dijual dan belum begitu dikenal masyarakat ketimbang pizza yang bisa ditemui di banyak kota besar di Indonesia.

Awal mulanya karena lebih banyak waktu luang dimasa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dimana anak sekolah, para pekerja dan profesi  lainnya harus beraktivitas di rumah untuk menyetop penyebaran virus Corona.

“Banyak keluarga yang jadi menyempatkan bikin kue sendiri karena punya banyak waktu di rumah,” kata Carla Quiko.

Pilihan beragam dengan buah-buahan seperti apel dan jeruk

Vilma Kiswoyo mengeluarkan simpanan resep kue-kue andalannya yang dinikmati keluarga dan kerabatnya seperti Carla sehingga akhirnya tercetus mengisi eaktu luang dengan menjual pada masyarakat dengan sistem pesanan.

Ternyata sambutan keluarga dan teman bagus sehingga akhirnya berkembang menjadi peluang bisnis yang dimulai justru di tengah masa keprihatinan akibat pandemi global.

” Bu Vilma latar belakangnya guru Bahasa Inggris yang dulu sering berkumpul dengan teman-teman dari mancanegara dan saling bertukar resep khas masing-masing,” ungkap Carla.

Vilma suka mempraktekan membuat pastri untuk keluarga dan teman-teman dan Quiche atau Pai Perancis ini masih jarang dan belum begitu dikenal oleh masyarakat. 

Quiche adalah kue tar Perancis yang terdiri dari kulit pastry yang diisi dengan custard gurih yang digunakan sebagai bahan dasar dan diisi dengan potongan keju, daging, seafood atau sayuran bayam, misalnya.

Varian yang paling terkenal adalah Quiche Lorraine yang bisa disajikan panas atau dingin. Bagian dalam Quiche itu adalah masakan yang terbuat dari krim dan kuning telur dan sering digunakan sebagai hidangan penutup. Tart Ini populer di seluruh dunia.

Irisan Quiche vegetarian yang menggiurkan

Wikipedia mencatat kue ini pertama kali dikenal pada 1605 di Lorrain patois, Perancis dan makin dikenal pada 1805 hingga di negara luar Perancis. Pada 1925 penggunaan nama bahasa Inggris pertama tetap dipakai Quiche Lorraine 

Jadi hidangan Perancis yang menggunakan telur dan krim ini telah dipraktikkan dalam masakan Inggris  dan masakan Italia setidaknya sejak abad ke-13. 

Resep untuk telur dan krim yang dipanggang dalam kue mengandung daging, ikan, buah maupun sayuran ini bahkan sudah disebut  di buku masak abad ke-15, seperti Italian Libro de arte coquinaria. 

Di Perancis sendiri ada banyak varian Quiche dan dapat diberi nama secara deskriptif seperti Quiche au fromage (Quiche dengan keju) dan Quiche aux champignons (Quiche dengan jamur) atau secara konvensional, misalnya  florentine (bayam).

Carla bahkan tidak mencatat kapan tanggal produksi pertama melayani pesanan karena order mengalir begitu saja. “Kami jual dengan harga terjangkau mulai dari Rp 125.000-Rp 175.000 untuk satu loyang quiche berukuran 20 cm,” kata Carla sambil menambahkan harga belum termasuk ongkos kirim yang ditanggung oleh pemesan.

Saat ini pihaknya  mempunyai 9 jenis rasa untuk Quiche dan 2 rasa untuk Pie. Quiche Beef dan Apple pie yang paling banyak diminati. Produksi harian masih memenuhi dari pesanan yang diterima.

Pilihannya adalah Vegetarian, Cheese, Beef, Chicken, Lemon Meringue, Apple Pie, Chocolate Rum, Chocolate Meringue, Salmon, Tuna & Beef spinach

Pemasaran melalui media sosial untuk open PO dan para pelanggan. Saat ini belum melayani Cafe-cafe lokal secara khusus meski tawaran untuk memasok Quiche sudah ada.

“Di luar negeri jenis makanan ini lebih banyak disediakan oleh Cafe untuk melengkapi minum teh dan kopi. Bisa dihidangkan panas maupun dingin,”

Baik Carla yang bertugas di bagian pemasaran,  Pheaby Tjandra  yang mengurusi bahan baku dan admin serta Vilma yang mengurusi produksi sepakat untuk membuat packaging yang cantik. Tiap kemasan di dalamnya sudah dilengkapi dengan pisau plastik dan saus sambal.

Kemasan membuat Quiche ini pantas menjadi hadiah-hadiah bagi yang berulang tahun maupun memiliki moment khusus lainnya. Nah berminat ? tapi sabar ya kalau order hari ini maka baru bisa dinikmati 2 hari kemudian. Wah sukses ya tiga sekawan….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.