KBRI Sofia Promosi Pariwisata Indonesia ke Pasar Albania dan Makedonia

0
239
Acara Wonders of Indonesia : Indonesia Outlook 2018, digelar kota Skopje,

SKOPJE, bisniswisata.co.id: Kedutaan Besar Republik Indonesia di Sofia terus melakukan inovasi dan terobosan baru, untuk mempromosikan Indonesia demi meningkatkan nilai perdagangan sekaligus pariwisata. Kini sasarannya dengan menembus wilayah Albania dan Makedonia.

Acara promosi Berjudul Wonders of Indonesia : Indonesia Outlook 2018, digelar kota Skopje, ibukota Makedonia pada 27 November 2018 dan di Kota Tirana, ibukota Albania pada 26 November 2018. Sambutan luar biasa dari dua kota itu, semakin menunjukkan bahwa promosi berjalan sukses dan lancar.

Berbagai pengusaha lokal di berbagai bidang di kedua negara tersebut menyambut baik inisiatif Indonesia. Beberapa peluang ekspor Indonesia yang dapat ditingkatkan diantaranya adalah ekspor produk kopi, perikanan, produk pertanian. pesawat, dan kerjasama di bidang pariwisata.

“Beberapa dari mereka juga menyampaikan keinginannya untuk datang pada acara Trade Expo mendatang di Indonesia. Ini kesempatan baik setalah kami gencar promosi di dua negara itu,” ungkap Dubes RI Sofia, Sri Astari Rasjid dalam keterangan tertulis yang diterima Bisniswisata.co.id, Rabu (05/12/2018).

Pemerintah Indonesia, sambung Dubes Sri Astari, telah berupaya menciptakan sistem ekonomi yang kondusif dalam mendukung perdagangan, pariwisata dan investasi. “Para pengusaha itu sangat tertarik dengan kebijakan Indonesia dan mereka juga tertarik meningkatkan kerjasama,” tambahnya.

Direktur Eropa 3 Kemenlu, Adrian Wicaksono sebagai narasumber acara menyampaikan pentingnya peningkatan hubungan bilateral dengan negara-negara di kawasan Balkan, antara lain Albania dan Makedonia. Dalam paparannya disampaikan pula mengenai berbagai produk unggulan indonesia diantaranya produk pesawat, hortikultura, dan, perikanan.

Nurul Sofia, Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI Sofia menambahkan Albania dan Makedonia merupakan dua negara di Balkan yang berpotensi untuk menjadi pasar non tradisional produk Indonesia. Perdagangan Indonesia – Makedonia tahun 2017 mencapai hampir USD 7 juta, sedangkan hingga Agustus telah melampaui USD 9 juta.

Nilai perdagangan Indonesia – Makedonia tahun 2017 mencapai hampir USD 7juta, sedangkan hingga Agustus telah melampaui USD 9 juta. Sedangkan dengan Albania, nilai perdagangan mencapai lebih dari USD 10 juta di tahun 2017.

Potensi kunjungan pariwisata juga dapat terus ditingkatkan dari dua negara di kawasan Balkan ini mengingat perkembangan positif beberapa tahun terakhir. Tahun 2017, jumlah wisatawan dari Makedonia sekitar 1.400 orang. Sedangkan untuk Albania, jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia tahun 2017 sekitar 700 orang. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.