DAERAH NEWS

Kalangan Industri Pariwisata Semangat Ikuti SUKA Travel Mart 

Ketua DPD ASPPI Kalsel, Mutia Amana bersama anggotanya siap menyambut buyer SUKA Travel Mart.  ( Foto: dok. ASPPI Kalsel)

BANJARMASIN, bisniswisata.co.id: Langkah Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPD Kalimantan Selatan dan pelaku usaha pariwisata lainnya serta Dinas Pariwisata Kalsel dibawah kepemimpinan Syarifuddin menyelenggarakan South Kalimantan Travel  Mart 2021 sangatlah tepat, kata Momod Bahriyansyah, pendiri  ASPPI, hari ini.

“Inisiatif ASPPI DPD Kalsel untuk menyelenggarakan SUKA Travel Mart 21-24 Oktober di Banjar Baru, Kalsel sangat tepat seiring dengan kebangkitan pariwisata dunia.Untuk membangkitkan pariwisata yang terpuruk sebagai mesin perekonomian membutuhkan tekad dan kerjasama yang solid dikalangan Pentahelix,” katanya.

Momod Bahriyansyah  yang akrab disapa Riyan ini mengapreasisi rekan-rekan ASPPI Kalsel  sebagai  tourism soldiers atau ujung tombak pariwisata di daerahnya untuk bangkit meski saat ini Indonesia dan seluruh dunia masih menghadapi pandemi global COVID-19.

” Apresiasi yang tinggi untuk seluruh panitia, Disparda Kalsel dan para sponsor karena Kalimantan Selatan menyelenggarakan kegiatan yang mempertemukan 30 buyer ( pembeli) di berbagai wilayah di Indonesia dengan 150 seller ( penjual) dari Kalsel. Ini kegiatan ke tiga dimasa pandemi, sebelumnya ASPPI DPD Aceh dan Sumatra Utara juga sudah laksanakan travel mart di masa pandemi” kata Momod.

Muhammad Bezqoni, Ketua Pelaksana SUKA Travel Mart mengatakan para buyer datang dari berbagai daerah di Indonesia seperti dari Jakarta, Makasar, Medan, Lombok, Lampung, Bengkulu, Belitung dan kota-kota besar di Pulau Jawa mulai dari Banten, Solo, Surabaya.

” Kita bertekad bangkitkan kembali pariwisata Kalsel dan para buyer dapat mengunjungi obyek-obyek wisata andalan Kalimantan Selatan di sertai dua kali pertemuan table top buyer & seller,” kata Bezqoni yang akrab disapa Bebez.

Obyek wisata yang dikunjungi selama 4 hari tiga malam a.l Kiram Park,Tiwingan Lama, Matang Keladan untuk melihat Bekantan dan sunset, mengikuti festival Pasar Terapung, Geopark Tahura Sultan Adam dan Amanah Borneo Park.

” Kalangan industri pariwisata Kalsel patut bersyukur karena para buyer sebagian besar malah mau meluangkan waktu untuk extend, tinggal lebih lama pra dan post tour,” kata Bebez.

Acara yang didukung penuh Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan salah satu langkah untuk memicu kembali gairah kepariwisataan Kalsel  yang sempat terganggu karena pandemi COVID-19.  

Dinas Pariwisata Kalsel dibawah kepemimpinan Syarifuddin, mengarahkan agar dalam mempersiapkan kegiatan ini, bisa dilaksanakan sebaik mungkin dan nantinya sesuai dengan standar CHSE.

Lewat kedisiplinan dan penerapan  Cleanlines (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), Environment sustainability (kelestarian lingkungan), selain SUKA Travel Mart, Syarifuddin juga melaksanakan event Tour de Lhoksado, Festival Pasar Terapung dan lainnya.

“Kita berharap agar para pelaku industri pariwisata di Kalsel mulai persiapkan paket-paket menarik untuk ditawarkan dalam kegiatan nanti. Setidaknya kegiatan South Kalimantan Travel Mart 2021, salah satu upaya memulihkan pariwisata di masa pandemi,” ujar Syarifuddin

Syarifuddin sendiri berharap event yang dianggap salah satu yang paling efektif karena prinsip promosi “seeing is believing“, memungkinkan interaksi pelaku industri pariwisata potensial dari daerah dan negara lain langsung ke Kalsel didamping pelaku usaha lokal untuk membangkitkan kembali pariwisata di Banua Banjar ini.

Untuk menyambut para buyer yang mulai berdatangan, baliho South Kalimantan Travel Mart sudah terpasang di jalur utama ke Banjarmasin untuk menyambut peserta. Bezqoni berharap para peserta baik buyer dan seller makin semangat mengikuti event ini.

 

Hilda Ansariah Sabri

Hilda Ansariah Sabri, Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers. Saat ini menjabat sebagai Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat ( 2018-2023)