Jelajah Wisata Meseum Dunia Miliki Koleksi Aneh

0
321
Seorang petugas menunjukkan jaringan kanker yang merupakan koleksi dari Museum Kanker Indonesia di Surabaya. (4/2). Keberadaan museum yang mempunyai 30 macam jaringan kanker ini diharapkan sebagai museum pendidikan kanker yang terbuka bagi masyarakat umum dan pelajar untuk mengenal bahaya kanker serta pencegahannya. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/ed/pd/15

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Sejatinya museum adalah sarana pembelajaran, sarana mengetahui dan memahami kepingan-kepingan sejarah masa lalu. Sangat banyak kegiatan positif yang dapat dilakukan di museum. Idealnya, siapa pun yang datang ke museum harus merasa senang. Sebab museum bukan sekadar arena menikmati benda koleksi, museum bisa pula menjadi sarana menggelar kreasi, edukasi, informasi, rekreasi, kompetisi, inovasi.

Masih ada seabrek cara menggairahkan kunjungan ke museum. Mungkin “kebiasaan” datang dan mencatat di museum sebaiknya dihilangkan, diganti dengan kegiatan lain yang jauh lebih kreatif. Yang penting program bersifat menarik dan melibatkan masyarakat, sehingga masyarakat merasakan keasyikan berkunjung ke museum, lalu dengan sendirinya akan makin memaknai kunjungan ke museum.

Apalagi kini museum bukan hanya dikelola pemerintah, lembaga atau instansi lainnya, namun museum pribadi yang mengoleksi benda-benda unik dan aneh kini semakin menjamur. Beberapa museum di dunia juga memiliki koleksi yang tidak kalah anehnya. Berikut ini di antaranya:

# Lunchbox Museum (Georgia)

Lunchbox Museum yang ada di Georgia adalah rumah bagi ribuan kotak bekal. Bukan sembarang kotak bekal, yang disimpan di sini adalah kotak logam berhias gambar karakter yang populer di tahun 1920 sampai 1970-an. Pemilik museum adalah Allen Woodall. Dia mengumpulkan 3.500 kotak orisinil bergambar Smurf, Disney, Superman, Spider Man, James Bond, Bionic Woman, Snoopy, dan karakter populer lainnya. Kotak yang paling langka bernilai hingga USD2.500.

#. Icelandic Phallological Museum (Islandia)

Kelamin berbagai makhluk hidup Kota Reykjavk, Islandia memiliki sebuah museum yang begitu unik hingga terkenal di seluruh dunia. Inilah Icelandic Phallological Museum yang dikelola oleh ayah dan anak, Sigurour Hjartarson dan Hjortur Gisli Sigurdsson. Sesuai namanya, museum ini menyimpan koleksi phallus alias kelamin. Setidaknya ada 280 spesimen kelamin yang jadi koleksi.

#. Siriraj Medical Museum (Bangkok)

Siriraj Medical Museum yang ada di Rumah Sakit Siriraj, Bangkok, Thailand disebut warganya sebagai museum kematian. Museum ini menyimpan sejumlah jenazah yang sudah diawetkan. Di antara koleksi paling bikin bergidik antara lain jenazah beberapa bayi yang meninggal karena komplikasi dalam kandungan, korban pembunuhan, serta jenazah para pelaku kejahatan yang sudah diawetkan.

#. Sublabh International Museum of Toilets (India)

Sesuai namanya, museum yang berdiri di New Delhi, India ini menawarkan ratusan spesimen kloset kuno dari seluruh dunia. Ada toilet para raja dan ratu yang begitu mewah. Misalnya saja kloset yang pernah dipakai oleh Ratu Victoria dari Inggris, kloset Raja Louis XIV dari Prancis.

#. Museum of Broken Relationships (Kroasia)
Museum di Zagreb, Kroasia ini memamerkan barang-barang kenangan dari pasangan yang sudah putus atau bercerai. Ada suvenir, foto, surat, dan benda-benda lain yang menyimpan kenangan saat pasangan masih bersama. Uniknya, museum ini digagas oleh pasangan yang sudah berpisah pula. Olinka Vistica yang seorang produser film dan Drazen Grubisic, seorang pemahat memutuskan untuk mendirikan museum setelah hubungan mereka yang dijalani selama 4 tahun kandas.

#. Museum Chinsekikan (Jepang)

Museum ini berada di Chichibu, Kota Tokyo, Jepang. Ruangan museum tak terlalu besar, tetapi menyimpan 1.700 buah batu. 900 di antaranya memiliki wajah seperti manusia. Ada yang mirip karakter ET, Elvis Presley, Boris Yeltsin, bahkan Yesus. Dilansir Bored Panda, museum ini sudah dijalankan oleh dua generasi ibu dan anak. Sampai saat ini museum masih mencari batu-batu berbentuk aneh untuk ditambahkan ke dalam koleksi.

#. Museum of Celebrity Leftovers (Inggris)

Irisan French toast yang tak habis disantap Justin Timberlake, potongan mentimun dari bekas makanan aktris Mia Wasikowska, dan remah puding roti yang sempat dicicipi oleh Pangeran Charles disimpan di dalam kaca tertutup dan dipamerkan dalam salah satu ruangan di Old Boatstore Cafe, Cornwall, Inggris. Inilah koleksi berharga Museum of Celebrity Leftovers. Pemilik museum ini adalah Michael dan Francesca Bennett. Pasangan suami istri itu sengaja mengumpulkan memorabilia selebriti yang paling unik.

#. Museum of Failures (Swedia)

Museum of Failures, Swedia menyimpan berbagai inovasi gagal dari seluruh dunia. Di antaranya adalah Coca Cola rasa kopi yang gagal total di pasaran, kamera digital pertama buatan Kodak, Nokia N-Gage, dan permainan Monopoli gaya baru versi Donald Trump. Dilansir Business Insider, Museum of Failures merupakan gagasan nyeleneh dari Samuel West. Dia mengumpulkan koleksinya dengan susah payah dari seluruh dunia.

#. Museum Kanker (Indonesia)

Museum Kanker Indonesia, yang ada di Kota Surabaya ini memang unik da menarik. Pengunjung bisa tahu pengetahuan tentang kanker. Museum kanker pertama di Indonesia berdiri sejak Oktober 2013. Terletak di Jalan Kayun 16-18 Surabaya dan disebut sebagai museum pendidikan bagi masyarakat yang rentan terhadap kanker. Museum ini terbuka bagi para pelajar yang ingin mengetahui bahaya kanker serta pencegahannya. Di museum yang buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 16.00 WIB ini terdapat koleksi sekitar 30 jaringan kanker yang menyerang organ tubuh. Masing-masing organ tubuh yang terserang kanker disimpan di dalam toples kaca yang berisi cairan formalin. (BBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.