INTERNATIONAL NEWS PENDIDIKAN

Industry Up Date: Apa Sih VUCA ?

NETHERLAND, bisniswisata.co.id: Dunia VUCA, lingkungan VUCA, kepemimpinan VUCA dan bahkan vucability.  Ungkapan yang tampaknya berwawasan ini menimbulkan pertanyaan: Apa itu VUCA?

VUCA: definisinya dari perang hingga lingkungan bisnis. Awalnya, kata ini digunakan oleh militer AS untuk menggambarkan kondisi berbahaya perang dan pasca-perang, dan mendorong kesadaran akan aspek-aspek yang menentukan dari lingkungan masing-masing.  

Sekarang, VUCA  menjadi prinsip kunci dalam pembinaan eksekutif, yang dengan tepat menggambarkan keadaan di mana kepemimpinan yang efektif harus disesuaikan saat ini.

 Di lansir dari Hospitalitynet.org. VUCA adalah singkatan dari “volatile, ketidakpastian, kompleks dan ambigu” dan bertindak sebagai penampung semua untuk tantangan lingkungan bisnis yang berkembang pesat.  Ini termasuk kecepatan kemajuan teknologi dan dampaknya masing-masing untuk operasi, model bisnis dan privasi data, perubahan cepat di seluruh papan, dinamisme, gangguan, dan persaingan yang ketat. 

Semua dengan latar belakang pasar dan fluks berkecepatan tinggi, dan sejumlah pertimbangan tambahan yang berkaitan dengan lingkungan, tanggung jawab sosial perusahaan, dan bahkan kesehatan masyarakat.  Faktor-faktor yang beragam ini murni merupakan contoh dari banyak sekali masalah yang melibatkan perusahaan, yang menambah perasaan umum tentang kurangnya kendali.

 Namun, Harvard Business Review memperingatkan bahwa singkatan tersebut mungkin keliru membuat Anda percaya bahwa istilah yang membingungkan ini begitu abstrak sehingga perencanaan strategis tidak dapat diterapkan. 

 Sebaliknya, masing-masing dari empat tantangan berbeda membutuhkan persiapan dan tanggapan manajerial yang spesifik.  Ini sekarang harus diperhitungkan ketika mempertimbangkan bagaimana melatih manajer baru, seperti halnya berbagai cara di mana mereka mempengaruhi dan memperburuk satu sama lain.

Mari kita cermati empat aspek yang perlu diperhatikan saat mengembangkan kepemimpinan dalam organisasi global: 

 V untuk volatilitas

Mudah menguap: “ditandai oleh atau tunduk pada perubahan cepat atau tak terduga, sementara

Volatilitas mengacu pada kecepatan dan sifat perubahan yang tidak terduga.  Ini berlaku di beberapa tingkatan: volatilitas di pasar tertentu, di industri tertentu atau di dunia secara umum, misalnya.  

Hal Ini menyinggung ketidakstabilan tertentu, dengan tidak hanya waktu perubahan yang tidak dapat diprediksi, tetapi juga durasinya.  Aspek-aspek seperti fluktuasi permintaan, turbulensi, dan waktu yang singkat ke pasar menjadi ciri volatilitas.  Dalam lingkungan dengan volatilitas tinggi, perubahan terjadi sering dan cepat, dan mungkin jauh jangkauannya.

 U untuk ketidakpastian

 Tidak pasti: “tidak diketahui tanpa keraguan, tidak dapat diandalkan, variabel, tidak terbatas, tidak dapat ditentukan”

 Ketidakpastian mengacu pada kurangnya prediktabilitas hasil di masa depan.  Hal ini didasarkan pada tidak adanya informasi yang relevan – baik karena informasi tersebut tidak ada dan tidak dapat dihasilkan secara objektif, atau karena individu atau organisasi yang membutuhkan kepastian tidak memiliki akses atau tidak memahami pengetahuan yang diperlukan.  

Dalam lingkungan yang tidak pasti, perubahan mungkin akan datang atau tidak, dan sifat perubahan tetap tidak diketahui.

 C untuk kompleksitas

 Kompleks: “sulit dipisahkan, dianalisis, atau dipecahkan”

 Kompleksitas mengacu pada jumlah dan keragaman bagian dan variabel yang saling berhubungan dalam satu situasi.  Volume dan / atau sifat informasi yang diperlukan untuk memahami situasi sepenuhnya mungkin berlebihan.  

Dalam lingkungan yang sangat kompleks, ada beberapa faktor untuk dipertimbangkan yang sangat berbeda dan berkorelasi satu sama lain dalam berbagai cara.  Hal ini membuat lingkungan sulit untuk diukur dan dianalisis, sehingga menghambat kemampuan manajerial untuk membuat keputusan yang berpandangan jauh ke depan.

 A untuk ambiguitas

 Ambigu: “mampu dipahami dalam dua atau lebih pengertian yang mungkin, tidak jelas, tidak jelas”

 Ambiguitas mengacu pada tidak adanya kejelasan.  Suatu situasi mungkin sulit untuk ditafsirkan jika informasi yang tersedia kurang optimal.  Informasi yang tidak lengkap, tidak akurat dan / atau kontradiktif dapat membuat situasi tampak ambigu atau menjadi indikasi situasi ambigu yang sebenarnya.  

Lingkungan yang sangat ambigu tidak memiliki preseden yang berguna dan hubungan sebab akibat yang berarti.  Mereka tidak jelas dan kabur, dan membiarkan manajemen terbuka untuk berbagai jalan potensial, yang mungkin terbukti membuahkan hasil atau bencana, tergantung bagaimana situasi semakin mengkristal dari waktu ke waktu.

Forbes memberikan visualisasi yang sangat baik dari masing-masing komponen ini. Seperti yang diperlihatkan oleh uraian di atas, VUCA lebih dari sekadar frasa yang menarik atau akronim mencolok yang dapat digunakan untuk menyempurnakan busur Anda.

Sebaliknya, ini berbicara tentang pola pikir kesadaran dan ketangkasan.  Ini menggambarkan tantangan di tempat kerja, pasar, dan dunia pada umumnya.  Dalam melakukannya, ini menyoroti kebutuhan akan fleksibilitas kognitif, inklusivitas, dan pemikiran komputasi dan lateral dalam kepemimpinan. 

Sekolah Pariwisata dan Perhotelan EHL Swiss telah menjadi salah satu perguruan tinggi manajemen perhotelan terkemuka untuk spesialis hotel selama 50 tahun. EHL bisa membantu memahami VUCA.

EHL adalah sekolah manajemen perhotelan pertama di dunia yang menyediakan program sarjana dan pascasarjana di kampusnya di Lausanne, Singapura dan Chur-Passugg, serta solusi pembelajaran online.

 EHL mendapat peringkat n ° 1 oleh QS World University Rankings berdasarkan subjek dan Majalah CEOWorld, dan restoran gastronomi adalah satu-satunya lembaga pendidikan di dunia yang memegang Bintang Michelin.

Hilda Ansariah Sabri

Hilda Ansariah Sabri, Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers. Saat ini menjabat sebagai Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat ( 2018-2023)