NEWS

CDC Menaikkan dan Menurunkan Tingkat Peringatan Perjalanan untuk Beberapa Negara

Pantai Laut Karibia, Bridgetown, Barbados.  (Foto: Siempreverde22 / iStock / Getty Images Plus)

NEW JERSEY, bisniswisata.co.id: Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS baru saja memperbarui tingkat peringatan perjalanannya untuk beberapa negara di seluruh dunia, yang pada dasarnya meperingatkan dimana risiko COVID-19 saat ini yang tertinggi.

Dilansir dari travelpulse.com, Minggu ini, daftar tujuan yang ditunjuk Level 4 tumbuh sekali lagi, dengan Armenia, Austria, Barbados, Kroasia, Latvia, dan Kaledonia Baru naik ke tingkat peringatan perjalanan tertinggi karena insiden infeksi COVID-19 “Sangat Tinggi”.  

Orang Amerika diperingatkan bahwa mereka harus “menghindari perjalanan” ke negara-negara dalam kategori ini. Sementara status waspada negara lain diturunkan dari Level 4 ke Level 3.

Hal ini  berarti mereka telah diberi label ulang sebagai memiliki insiden COVID-19 “Tinggi” dan rekomendasi CDC adalah untuk “memastikan Anda sepenuhnya divaksinasi” sebelum bepergian ke salah satu dari  negara dalam daftar.

Negara -negara ini adalah Argentina, Prancis, Islandia, Lesotho, Maroko, Nepal, Portugal, dan Afrika Selatan semuanya diturunkan ke Level 3 minggu ini.

Sekarang ada lebih dari 80 negara dalam daftar “hindari perjalanan” Level 4, termasuk tempat-tempat yang biasanya populer di kalangan wisatawan AS, seperti Jamaika, Bahama, St. Kitts dan Nevis, Puerto Riko, Maladewa, Yunani, Inggris dan Irlandia.

USA Today menunjukkan bahwa peringatan perjalanan CDC, seperti peringatan perjalanan yang dikeluarkan oleh Departemen Luar Negeri AS, dimaksudkan sebagai rekomendasi berdasarkan informasi, bukan pembatasan resmi. 

Orang Amerika masih dapat memutus-kan untuk mengunjungi negara-negara ini, tunduk pada batasan apa pun yang ditetapkan oleh tujuan, tetapi melakukannya dengan risiko mereka sendiri.

Perhatikan bahwa bahkan penduduk yang kembali yang mencoba memasuki AS harus memberikan hasil negatif dari tes COVID-19 yang dilakukan dalam waktu 72 jam setelah naik ke penerbangan mereka.

CDC secara aktif memantau ancaman kesehatan di seluruh dunia secara terus-menerus. Sistem empat tingkat untuk Travel Health Notices (THNs) mencerminkan tingkat kejadian COVID-19 atau jumlah kasus di setiap negara.

Begitu juga tingkat saran terutama sesuai dengan jumlah kasus baru dan lintasan kasus baru di setiap tujuan (apakah kasus baru setiap hari meningkat  , menurun atau tetap stabil).

CDC akan menaikkan tingkat THN tujuan ketika jumlah kasus meningkat dan metrik pengujian melampaui ambang batas tertentu dan tetap di atasnya selama 14 hari berturut-turut.  

Demikian pula, menurunkan tingkat THN suatu negara ketika tingkat insiden (atau jumlah kasus) dan metrik pengujian turun di bawah ambang batas yang telah ditentukan dan tetap demikian selama 28 hari berturut-turut.

Destinasi yang dikategorikan sebagai Level 4 telah melaporkan 500 atau lebih kasus baru per 100.000 orang selama periode 28 hari sebelumnya, sementara negara Level 3 telah melaporkan 100–500 per 100.000 dalam 28 hari terakhir.

 

Hilda Ansariah Sabri

Hilda Ansariah Sabri, Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers. Saat ini menjabat sebagai Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat ( 2018-2023)