Berwisata di Kota Terpencil, 600 Turis Terjebak Longsor

0
282
Destinasi wisata Haast

WELLINGTON, Bisniswisata.co.id: Sedikitnya 600 turis yang berwisata di Haast, kota terpencil terjebak tanah longsor akibat badai yang menerjang kawasan Selandia Baru. Selama 48 jam, para wisatawan tersandera kondisi alam. Tak banyak dilakukan kecuali menanti penantian panjang agar bisa keluar dari destinasi wisata yang menyajikan pantai, alam pemandangan indah yang ditetapkan sebagai situs warisan dunia.

Pihak berwenang bekerja keras membersihkan jalan yang dipenuhi tanah longsor. Dan memang butuh waktu lama untuk memulihkan keadaan. Akhirnya jalan berhasil dibuka. Ratusan wisatawan bisa meninggalkan kota terpencil Haast, yang jaraknya 426 km barat laut Dunedin di pantai barat Pulau Selatan

Badan Transportasi Selandia Baru mengatakan State Highway Six dibuka kembali pada pukul 11 pagi waktu setempat. “Semua pengendara yang terjebak sekarang bisa pergi,” katanya.

Jalan itu, sambung dia, diliputi oleh tanah longsor karena badai topan Fehi yang terjadi sebelumnya melanda pantai barat. Akibatnya pohon menjadi tumbang, tiang listrik roboh dan meruntuhkan jembatan.

Pejabat Pertahanan Sipil Pantai Barat mengatakan sebanyak 117 pengendara yang terdampar di Fox Glacier juga dapat melanjutkan kembali perjalanan mereka setelah jalan diperbaiki.

Badai menyebabkan banjir melanda kota Dunedin dan Buller. Hal ini membuat pihak berwenang menyatakan keadaan darurat dan meminta orang-orang untuk tidak bepergian melalui jalan darat.

Dijuliki Haast hal ini sesuai nama geologis Jerman, Julius von Haast, yang pertama kali menemukan kawasan ini. Haast meliputi tiga pemukiman – Haast Junction, Haast Beach, dan Haast itu sendiri. Kota terpencil yang kerap diserbu wisatawan lokal maupun internasional itu merasa berada di tepi perbatasan.

Kawasan wisata ini, hanya diterbangi helikopter yang menerbangkan para pemburu rusa ke kawasan berbatu, dan pub setempat menonjolkan berbagai kepala hewan yang tergantung.

Destinasi wisata sekitar Situs Warisan Dunia ini, adalah atraksi utama berupa hutan hujan Westland menghiasi bentangan alam. Hiburan di Haast termasuk safari sungai, berkunjung ke koloni anjing laut berbulu dan penguin, memancing di laut, memancing ikan trout, berburu, dan berkendara ke Jackson Bay, salah satu desa paling terpencil di Selandia Baru. (NDHYK)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.