EVENT NEWS

Baris Kahrisman: Persaudaraan Muslim Wujudkan Event GTF Jakarta

Baris Kahrisman, Member of Executive Council WTFI. 

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Dilandasi persaudaran Muslim yang erat antara masyarakat Indonesia dan Turki, membuat Pemerintah Turki mengutus Wakil Presiden Turki Fuat Oktay membuka Global Tourism Forum – Leaders Summit Asia di Hotel Raffles, Jakarta, 15-16 September 2021.

” Meski kehadiran Wapres kami Fuat Oktay secara online juga batal hari ini , namun tidak mengurangi keinginan pemerintah kami untuk mendukung event dari World Tourism Forum Institute yang didirikan oleh Bulut Bagci asal Turki yang kini menjabat sebagai President WTFI, ” kata Baris Kahrisman, Member of Executive Council organisasi dunia itu.

Kahriman menjelaskan, ketika pihaknya mengutarakan pada pemerintah Turki untuk memilih Indonesia sebagai tuan rumah Global Tourism Forum ( GTF) presiden Edorgan langsung respon dengan baik dan mau memberikan opening specch yang hari ini digantikan oleh Wakil Presiden Fuat Oktay.

” Inshaa Allah ini kegiatan awal, WTFI berharap Presiden Turki Edorgan tahun depan ( 2022) akan hadir secara langsung di acara GTF yang lebih besar di Bali sebagai destinasi wisata utama RI dan pusat MICE,”  kata Baris Kahrisman.

Tentang GTF

Kahrman menjelaskan bahwa Global Tourism Forum  ( GTF) adalah inisiatif dari World Tourism Forum Institute yang berbasis di London.  Mulai tahun 2020, acara World Tourism Forum Institute diberi judul Global Tourism Forum.

Pariwisata Global, atau disingkat GTF, adalah platform kolaborasi internasional yang berfokus untuk mengatasi tantangan bagi industri perjalanan.  Menggabungkan upaya bersama lembaga pemerintah, pemangku kepentingan industri, dan akademisi, 

GTF berusaha untuk mencapai model pembangunan berkelanjutan untuk pasar perjalanan yang sedang berkembang, serta menyusun strategi untuk memastikan pertumbuhan pariwisata.

World Tourism Forum Institute menyelenggarakan beberapa inisiatif yang bertujuan untuk mempromosikan negara tuan rumah secara internasional.  

Sebagai inisiatif WTFI, Global Tourism Forum menyelenggarakan kegiatan terpilih yang dirancang untuk memperkuat branding negara tuan rumah di luar negeri.

Forum Pariwisata Global juga memainkan peran utama dalam menarik investasi asing langsung ke negara target, dengan bekerja untuk mengidentifikasi peluang bisnis, mempromosikan acara strategis dan memberikan dukungan kepada investor asing yang bersedia mengalokasikan sumber daya di negara target.

” Itu sebabnya di GTF Jakarta ini ada dua kali sesi Investor Roundtable untuk menarik investor datang ke Indonesia, ” kata Baris Kahrisman.

Setelah datang sendiri ke Jakarta, ibukota negara, dia optimistis kegiatan event di Indonesia juga akan bangkit kembali karena pemerintah Indonesia punya komitmen yang tinggi pada pengembangan pariwisatanya.

” Begitu tiba di Soekarno -Hatta kami merasa aman dan nyaman karena para petugas sekuriti terlihat ramah, semua petunjuk arah dan tanda-tanda itu terlihat jelas kemana harus melewati kontrol paspor, ambil bagasi dan lainnya,” tambahnya.

 

Hilda Ansariah Sabri

Hilda Ansariah Sabri, Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers. Saat ini menjabat sebagai Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat ( 2018-2023)