Bakso Gurita, Menu Favorit Festival Kuliner Pedas

0
165
Bakso Gurita (Foto: phinemo.com)

SEMARANG, bisniswisata.co.id: Puluhan stan kuliner menyediakan berbagai olahan masakan pedas, berjajar di pintu masuk area parkir bekas pusat perbelanjaan Sriratu, Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (30/11/2019). Bagi penggemar makanan pedas, tak perlu bingung mencari tempat makan untuk menghabiskan akhir pekan. Festival Kuliner Pedas digelar sejak 26 November hingga 1 Desember 2019 adalah surganya pecinta makanan pedas.

Ketua penyelenggara Festival Kuliner Pedas Firdaus mengatakan, dalam festival digelar untuk ketiga kalinya ini, ada sebanyak 60 stan makanan yang menyajikan beragam kuliner dengan rasa yang pedas. Beberapa di antaranya ada nasi bakar, nasi kulit, nasi goreng babat, ayam rica, nasi gudeg, takoyaki, oseng mercon hingga bakso.

“Festival ini rutin digelar tahunan oleh komunitas pencinta kuliner, Brotherfood Semarang. Tahun ini merupakan tahun ketiga dan selalu digelar akhir tahun, karena biasanya masuk musim hujan. Saat musim hujan banyak orang berburu makanan pedas jadi lebih nikmat,” kata Firdaus.

Menurut Firdaus, Festival Kuliner Pedas memang digelar untuk memenuhi keinginan para penggemar masakan atau kuliner bercita rasa pedas. Kendati demikian, para pengunjung yang tidak terlalu suka masakan pedas tidak perlu khawatir untuk datang. Setiap stan yang menyajikan makanan juga menyediakan pilihan untuk para pencinta makanan tidak pedas.

“Pilihannya di sini, makanan yang pedas atau tidak pedas. Jadi, untuk yang tidak suka pedas enggak perlu khawatir. Ada banyak pilihan di sini. Makanan pedas saat ini menjadi sesuatu yang disukai di Indonesia, tak terkecuali di Semarang,” papar Firduas seperti diunduh laman Kompas.

Hal tersebut disebabkan karakteristik masyarakat di Indonesia yang gemar makanan dengan campuran bumbu dari rempah-rempah. “Market-nya tiap tahun selalu naik. Makanya kami gelar secara rutin setiap tahunnya. Target pengunjung kami masih sama seperti tahun lalu, yakni 1.000 pengunjung setiap harinya,” ujar Firdaus.

Firdaus menceritakan, ada salah satu makanan favorit yang disajikan di Festival Kuliner Pedas yakni Bakso Gurita Kang Joni. Sesuai namanya, bakso gurita menyajikan bakso berukuran besar dengan kombinasi daging cumi di dalamnya. Bakso gurita disajikan dengan kuah yang kental dan pedas, dicampur daging sapi dan pangsit. “Ada juga kombinasi lobster,” kata Firdaus.

Harga seporsi bakso gurita ini Rp25.000. Namun, jika ditambah lobster, harganya sekitar Rp55.000 per porsi. Festival Kuliner Pedas buka mulai jam 10.00 sampai 22.00 WIB. Khusus untuk akhir pekan, akan buka sampai jam 23.00 WIB. “Setiap kali melakukan transaksi akan mendapatkan kupon undian yang akan diundi pada akhir acara dengan hadiah televisi,” kata Firdaus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.