5 Air Terjun Terindah untuk Wisata di Asia Tenggara

0
17
Para biksu menapaki bebatuan di Air Terjun Pongour, Vietnam. ( Foto: Seasia.co)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Asia Tenggara dikenal dengan sumber daya geografis alamnya yang sangat baik. Dari pantai hingga hutan belantara dan air terjun yang indah, Anda dapat menemukan sesuatu yang indah di mana saja. 

Dilansir dari Seasia.co, berikut adalah 5 air terjun tercantik yang bisa ditemukan di Asia Tenggara!

Air Terjun Haipa, Myanmar

Air terjun Hai Pa, salah satu warisan sosial di Kotapraja Mong Hsu tempat tinggal etnis Tainwe dan Palaung sebagai satu di selatan Negara Bagian Shan. Air terjun ini berbentuk dengan tujuh sampai sembilan tingkatan air terjun. 

Ini adalah pemandangan karakteristik yang sarat dengan berbagai jenis kehidupan liar dan burung. Penjelajah yang ingin mengunjungi air terjun Hai Pa perlu menempuh empat setengah jam berkendara dari Kota Loilem.

Hai Pa terletak sekitar satu mil dari Desa Ayah Hai. Sebuah jalan hitam yang ditata ulang di kota tiba di perpanjangan kota yang baru. Antarmuka jalan transitori antara perancah baru dan kaskade melewati sawah. 

Di musim badai, kendaraan kecil mungkin menghadapi beberapa masalah dan bahaya di jalan. Para tamu dapat melihat latihan yang disengaja dari anak-anak di sekitar dalam memperbaiki jalan dengan menggunakan peralatan. Oleh karena itu, beberapa tamu menawarkan tips kepada anak-anak muda tersebut.

Secara rutin,  wisatawan dapat dilihat di air terjun Hai Pa sepanjang tahun namun jumlah penjelajah menurun di air terjun di musim badai karena mereka menghadapi tantangan dalam berjalan-jalan menuju air terjun melalui persawahan.

Secara keseluruhan, air terjun dibuka pada periode Tazaungmone (antara November dan Desember) dan ditutup pada bentangan panjang Kason (Mei). Memang, air terjun Hai Pa, penyebab Sungai Nampan yang mengalir ke lokasi Kunhing yang tersebar di sejumlah besar ngarai dan hutan belantara, ditangkap oleh Bukit Loikhuk, Bukit Loifalyan, dan Bukit Loimonmun.

Banyak sekali tamu yang lari ke air terjun secara konsisten, tetapi jumlah pengunjung yang tiba di ribuan saat tidur siang dan selama periode perayaan Thingyan. Wisatawan dapat bersantai di sekitar air terjun dengan penginapan  wisma, kafe, dan toko suvenir. Mereka mungkin mencicipi gaya memasak rumahan, misalnya, ikan bakar yang ditangkap dari Sungai Nampan.

Wisatawan dari empat penjuru negara dapat bersantai menikmati pemandangan normal yang indah di air terjun Haipa dan sekitarnya sambil mencicipi makanan tradisional Shan yang populer, seperti daging babi asam dan makan malam daging pedas.

Air Terjun Erawan, Thailand

Air Terjun Erawan diakui sebagai salah satu air terjun terindah di Thailand. Terletak di Perbukitan Tenasserim di Provinsi Kanchanaburi, sekitar 200 km barat laut Bangkok.

Erawan memiliki tujuh tingkatan terpisah dan merupakan bagian dari taman nasional dengan nama yang sama. Selain air terjun, taman ini memiliki beberapa gua batu kapur yang menawarkan banyak peluang eksplorasi bagi pengunjung.

Panjang keseluruhan tujuh tingkat melintasi kira-kira 1.500 m melalui hutan hujan lebat di pusat rekreasi. Setiap sarana memiliki namanya sendiri. Akses masuk ke kaskade utama – bernama Hlai Keun Lung, cukup sederhana, karena Anda dapat tiba di jalan setapak, langsung dari cuti kendaraan di tempat tamu. 

Keistimewaan dari air terjun pertama ini adalah banyaknya ikan yang berenang di danau yang dibingkai oleh batu kapur halus yang terukir oleh air. Ikannya sangat ingin tahu dan akan berenang di sekitar kaki Anda. Sangat mungkin mengganggu dari awal tapi Anda tidak lama kemudian menjadi terbiasa.

Jalur ini menjadi lebih ekstrim dengan melanjutkan ke tingkat berikutnya, Wung Macha, yang biasanya lebih sibuk dengan perenang. Ini luar biasa megah karena ada gesper kecil di bawah air terjun.

Pendakian lainnya sekitar 50 m membawa Anda ke tingkat ketiga, yang disebut Pha Nam Tok. Tingkat ini lebih tinggi dari dua air terjun pertama (tingginya sekitar 20 meter) dan menawarkan danau yang sangat besar, sekali lagi sarat dengan ikan, di mana Anda dapat menyegarkan diri. 

Oke Nank Phee Seah dan Bua Mai Long merupakan anak tangga keempat dan kelima Air Terjun Erawan. Mereka termasuk air terjun kecil dan danau yang dikelilingi oleh perkembangan bebatuan dan vegetasi yang lebat.

Air Terjun Pongour, Vietnam

Air Terjun Pongour, Dalat, Vietnam. Distrik ini terkenal dengan pemandangan sentimentalnya, kaya dengan lembah, mata air, danau, dan lereng pinus. 

Di antara air terjun yang berbeda, Pongour, yang dikelilingi oleh hutan murni yang sangat besar, jelas menonjol. Ini adalah salah satu air terjun terindah di negara ini. Dengan mudah mencapai dua cara. Toko-toko kecil atau toko lambat menjual air dan makanan sudah dekat. Tingginya sekitar 40 m, lebar 100 m. 

Tangga yang dibersihkan menyerupai amfiteater yang khas! Gelombang air dengan kuat menghempaskan tujuh anak tangga ini, memenuhi udara dengan suara riuh. Air terjunnya kuat, namun tidak mengesankan. Keindahannya sangat indah dan dipuji oleh penduduk setempat maupun wisatawan.

Anda bisa pergi ke sana sepanjang tahun. Pada tanggal lima belas Januari, penduduk lokal berkumpul untuk merayakan di sini dan berpartisipasi dalam adat istiadat seperti halnya permainan masyarakat. Daerah air terjun ditemukan 50 km dari Dalat. Tiba dengan kendaraan atau dengan kunjungan terpandu.

Kawasan Waterfall, Filipina

Saat Anda mengunjungi Filipina, pastikan Cebu ada dalam daftar kunjungan Anda, terutama Cebu Canyoneering Area. Di Kawasan Cebu Canyoneering, kamu bisa menikmati pemandangan alam yang luar biasa dengan latar belakang air terjun biru Tosca.

Udaranya yang sejuk akan membuatmu betah berlama-lama di sini sambil menenangkan diri dari hiruk pikuk kota. Segarkan tubuh Anda dengan terjun ke air terjun Kawasan. Kawasan cascade terletak di Pulau Cebu, membuat seluruh pengalaman benar-benar fotogenik.

Kawasan Falls di Badian, Cebu adalah tempat alami yang damai di mana Anda dapat menikmati air terjun dengan mata air alami yang terletak di dekat ujung selatan Cebu Filipina. Keheningan lembut dari air dingin yang menenangkan. Hanya 130 kilometer barat daya Kota Cebu dan sekitar tiga jam perjalanan dengan bus.

Area Air Terjun terletak di pegunungan Barangay Matutinao, Badian. Dari pintu masuk, Anda akan menempuh perjalanan menanjak sekitar 1,5 jam untuk sampai ke air terjun pertama. Di sepanjang jalan, toko suvenir menjual aksesoris seperti kalung manik-manik, gelang, dan kaos daerah.

Air Terjun Jembong, Buleleng, Bali.

Tidak hanya menawarkan keindahan lingkungan sekitar Air Terjun Jembong, kini di kawasan serupa, dua buah kolam dibuat tepat di jalan masuk menuju Air Terjun Jembong. Terletak di Desa Ambengan, Sukada, air terjun ini menawarkan kebaruan dan tampilan luar biasa yang dapat dinikmati oleh siapa pun yang tinggal bersama Buleleng.

Air Terjun Jembong buka mulai pukul 07.00 – 17.00. Cukup membayar tiket masuk sebesar Rp5000, tamu sudah bisa berenang di dua kolam yang bisa diakses di bawah Air Terjun Jembong ini. Air Terjun Jembong juga memberikan ruang ganti di dekat kolam renang. 

Selain kolam renang, ada juga bingkisan bening yang bisa digunakan para tamu untuk beristirahat. Para tamu juga disuguhi ikan danau dan berbagai tanaman indah dengan sempurna di sepanjang jalan, tepatnya di dekat tangga yang menuju ke kolam dan air terjun.

Wisata alam ini menawarkan kebaruan air kolam yang jernih dan bisa dimanfaatkan sebagai spot foto untuk menambah koleksi foto Anda. Di kawasan kolam, namun para tamu juga bisa naik ke Air Terjun Jembong dan berfoto di spot-spot foto yang disediakan oleh penduduk sekitar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.