2017, Qantas Raup Laba AUD 876 Juta

0
199
Qantas

SYDNEY, bisniswisata.co.id: Qantas Group mengumumkan laba dasar sebelum pajak tertinggi sepanjang sejarah perusahaan, yaitu sebesar AUD 976 juta, untuk periode enam bulan yang berakhir pada 31 Desember 2017.

Angka tersebut melampaui rekor paruh pertama tahun keuangan tahun 2016 yang berjumlah AUD921 juta, dan berhasil dicapai kendati adanya peningkatan harga bahan bakar dan pertumbuhan kapasitas internasional. Selain itu, jika dibandingkan dengan paruh pertama tahun keuangan 2017, tercatat peningkatan 15% laba dasar sebelum pajak dan 20% laba berdasarkan undang-undang sebelum pajak.

”Kami berhasil mencatatkan hasil ini berkat investasi pada area yang berkontribusi pada pertumbuhan margin, serta implementasi strategi terkait jaringan yang memastikan bahwa kami menyediakan pesawat yang pas untuk rute yang tepat,” kata Group CEO Alan Joyce seperti dilansir laman marketeers.com, Rabu (28/02/2018).

Alan menambahkan, Qantas berhasil mencapai seluruh target keuangan Grup, sehingga memungkinkan Qantas untuk terus menghadirkan hasil positif bagi para pemegang saham, berinvestasi lebih untuk kepuasan konsumen, dan memposisikan diri untuk masa depan.

Tingkat utang bersih terus menurun dan berada pada kisaran bawah, yaitu pada AUD 5,1 miliar. Ini berarti 60% dari armada Qantas, termasuk dua pesawat 787-9 yang dibeli secara tunai, tidak terbebani oleh utang. Periode jatuh tempo pelunasan utang juga membaik hingga delapan tahun, dengan program utang perusahaan di angka AUD 350 juta dan likuiditas jangka pendek terjaga kuat di angka AUD2.8 miliar.

Penghasilan dari perputaran modal investasi 12 bulan mencapai 20,9%, di mana semua segmen operasional mampu memberikan hasil yang melebihi rata-rata biaya modal. Panduan pengeluaran untuk belanja modal tahun keuangan 2018 dan 2019 tetap berada di angka AUD3,0 miliar, di luar penjualan aset bersih.

Arus kas operasi juga mengalami peningkatan sebesar 48% dan memecahkan rekor dengan angka AUD1,7 miliar. Ini berkontribusi pada tersedianya modal lebih untuk diinvestasikan kembali dan dibagikan pada para pemegang saham.

”Hasil ini mencakup pula keuntungan senilai AUD 181 juta yang didapat dari transformasi yang sedang berjalan, dan merupakan bagian dari target tahunan rata-rata sebesar AUD 400 juta. Pada akhirnya, disiplin adalah kunci di balik keberhasilan kami untuk terus memberikan hasil terbaik bagi para konsumen, pemegang saham, dan masyarakat di sekitar kami,” kata Joyce.

Qantas terus berupaya menjaga momentumnya setelah berhasil mempertahankan konsistensi performa selama beberapa tahun terakhir. Qantas juga akan terus melakukan investasi untuk masa depan, termasuk dengan menerima pesawat A320 baru untuk Jetstar, mendirikan akademi pelatihan pilot baru, dan berinvestasi lebih untuk meningkatkan kepuasan konsumen. (NDHYK)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.