AIRLINES NEWS

UNWTO-ICAO Bernitra Untuk Pemulihan dan Transformasi Penerbangan dan Pariwisata

MADRID, bisniswisata.co.id: UNWTO dan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional telah sepakat untuk memperkuat kemitraan mereka dengan tujuan mendukung dimulainya kembali perjalanan dan pariwisata dengan aman dan mempercepat pergeseran kedua sektor menuju ketahanan dan keberlanjutan yang lebih besar.

Dikonfirmasi seminggu sebelum Konferensi Perubahan Iklim PBB (COP26), perjanjian baru ini menggarisbawahi seruan UNWTO untuk meningkatkan kolaborasi guna mewujudkan potensi pariwisata untuk memimpin pemulihan dan mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan dan inklusif. 

Dalam waktu dekat, UNWTO dan ICAO akan bekerja untuk mendukung penerbangan dan pariwisata bangkit kembali dari dampak pandemi COVID-19.

Koordinasi di setiap level

Pariwisata dan perjalanan udara merupakan pilar penting pertumbuhan dan peluang, terutama bagi negara dan masyarakat berkembang

Pada saat yang sama, perjanjian tersebut menggambarkan komitmen bersama untuk meningkatkan koordinasi di setiap tingkat, mulai dari penelitian kebijakan dan bidang manajemen, hingga pengelolaan perbatasan dan fasilitasi perjalanan yang aman dan lancar, salah satu prioritas lama UNWTO.  

Nota Kesepahaman juga mengakui pentingnya mengamankan mekanisme keuangan yang relevan untuk mempercepat peralihan menuju perjalanan dan pariwisata yang lebih ramah lingkungan, dengan komitmen pada upaya advokasi dan penggalangan dana bersama.

Sekretaris Jenderal UNWTO Zurab Pololikashvili mengatakan: “Pariwisata dan perjalanan udara adalah pilar penting pertumbuhan dan peluang, terutama bagi negara dan masyarakat berkembang.” 

Ketika perjalanan udara dimulai kembali dan pariwisata dimulai kembali, kedua sektor harus berkolaborasi untuk mendukung mata pencaharian saat ini dan untuk membangun masa depan yang lebih tangguh dan berkelanjutan.  Kemitraan antara UNWTO dan ICAO akan memungkinkan hal ini.

Presiden Dewan ICAO Salvatore Sciacchitano menambahkan: “Perjanjian ini merupakan langkah penting untuk membantu organisasi kami menangani data bersama dan inisiatif penelitian, modernisasi dan pembiayaan infrastruktur penerbangan, dan pengentasan kendala peraturan ekonomi untuk meningkatkan konektivitas udara dan perjalanan tanpa batas.”

Membangun kemitraan masa lalu

ICAO telah menjadi bagian dari Komite Krisis Pariwisata Global UNWTO, yang didirikan pada awal krisis saat ini untuk menyatukan beragam sektor pariwisata di belakang rencana respons dan pemulihan bersama.  

Pada saat yang sama, UNWTO juga berkontribusi pada Satuan Tugas Pemulihan Penerbangan COVID-19 ICAO (CART), yang bekerja untuk mengidentifikasi dan merekomendasikan prioritas dan kebijakan strategis untuk negara dan operator industri penerbangan.  

Selain itu, ICAO telah menjadi bagian dari Komite UNWTO untuk pengembangan Kode Internasional untuk Perlindungan Turis sebagai pengamat, yang secara aktif berkontribusi dalam penyusunan Kode bersama dengan 98 Negara Anggota, lima Anggota non-UNWTO dan beberapa pengamat dari  beragam organisasi internasional dan pemangku kepentingan swasta

 

 

Hilda Ansariah Sabri

Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers dan Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat (2018-2023)