HALAL HOTEL INTERNATIONAL NEWS

Sertifikasi Halal dan Industri Perhotelan

TOKYO, bisniswisata co.id: Konsumen Muslim sering mencari cara untuk menjalankan prinsip-prinsip keimanan mereka dalam semua aspek kehidupan,mulai dari pola makan hingga perilaku sehari-hari hingga aktivitas rekreasi, termasuk perjalanan.  Lebih banyak perjalanan oleh konsumen Muslim telah mendorong pertumbuhan industri perjalanan dan perhotelan Halal.  Mereka mewakili salah satu segmen industri yang tumbuh paling cepat.

 Dilnsir dari The halaltimes.com menurut sebuah studi tahun 2018 oleh Crescent Rating dan Mastercard, sektor perjalanan Halal akan bernilai $300 miliar selama dekade berikutnya.  Semakin banyak, kaum muda Muslim kelas menengah mencari di luar perjalanan tradisional – kunjungan ke negara asal orang tua atau kakek nenek mereka atau tujuan ramah halal yang terkenal seperti Maroko dan Turki – ke tujuan seperti Jepang, Korea, dan lainnya.

 Ini menghadirkan peluang menarik untuk memenuhi kebutuhan demografis ini.  Sudah, layanan perjalanan dan panduan perjalanan Halal online bermunculan, menawarkan informasi dan perencanaan perjalanan bagi umat Islam yang menjelajahi dunia yang ingin mengalami dunia sambil mengikuti keyakinan mereka.  HalalTravelGuide.net, misalnya, menawarkan wisata di Bosnia, Turki, dan Uzbekistan, serta informasi perjalanan di wilayah non-Muslim dari Cotswolds hingga Karibia.

 Seperti apa Halal di industri perhotelan?  Biasanya, hotel bersertifikat Halal akan menawarkan layanan dan fasilitas yang memungkinkan konsumen Muslim bepergian dengan nyaman.  Menurut HalalBooking.com, ada empat aspek utama hotel dan resor Halal.  Makanan Halal bersertifikat tersedia di restoran hotel atau untuk layanan kamar, sehingga para tamu dapat dengan mudah menikmati makanan lezat yang memenuhi kebutuhan mereka. 

Mereka menawarkan lingkungan bebas alkohol, tanpa bar, tanpa alkohol yang disajikan di restoran, dan tanpa alkohol di kamar.  Jika ada kolam renang atau pantai, beberapa akan ditetapkan sebagai area “khusus wanita” atau “keluarga”, sehingga pelancong Muslim dapat bersantai dan berenang sambil mengamati standar kesopanan agama dan budaya. 

Akhirnya, mereka biasanya memiliki lingkungan yang ramah keluarga dan mungkin menawarkan fasilitas khusus untuk anak-anak untuk menyambut wisatawan dari segala usia.

 Ketersediaan makanan Halal seringkali menjadi salah satu permintaan terpenting dari wisatawan yang ingin mencoba makanan lokal yang dibuat dengan bahan-bahan Halal.  Akses ke ruang sholat dan aktivitas bebas alkohol juga menempati urutan teratas, menurut wawancara dengan blogger perjalanan Halal di The New York Times.

Tujuan perjalanan populer diperhatikan.  Jepang, yang berharap dapat menarik jutaan wisatawan untuk Olimpiade Musim Dingin Tokyo 2020 yang sekarang ditunda, melakukan upaya besar untuk memastikan bahwa makanan Halal akan tersedia bagi para atlet dan pengunjung Muslim.

 Dalam sebuah artikel di situs web mereka, Dewan Muslim Hong Kong melaporkan bahwa Tokyo telah mencapai kesepakatan dengan perusahaan Malaysia untuk memasok makanan untuk pertandingan tersebut.  Dengan standar yang ketat, Malaysia adalah sumber produk Halal yang terpercaya. 

Mengandalkan mereka akan memastikan bahwa wisatawan Muslim merasa nyaman merencanakan perjalanan ke Olimpiade, mengetahui bahwa salah satu kekhawatiran terbesar, menemukan makanan Halal yang dapat dipercaya, telah diatasi.

Sementara perjalanan sangat berkurang selama pandemi, banyak orang masih perlu bepergian untuk keperluan bisnis atau pribadi yang penting, dan beberapa juga akan bepergian untuk bersenang-senang ketika mereka merasa aman untuk melakukannya. 

Dengan banyaknya hotel dengan kapasitas rendah, sertifikasi Halal dapat membuat hotel Anda menonjol di antara ratusan konsumen yang bersaing untuk bisnis mereka.  Selain itu, sertifikasi dapat memberikan ketenangan pikiran di tengah periode yang penuh dengan kecemasan tentang kesehatan dan keselamatan pribadi.

Akhirnya, semuanya akan kembali normal, dan orang-orang di seluruh dunia akan lebih bersemangat untuk bepergian.  Lebih banyak orang akan bepergian untuk kebutuhan bisnis juga.  Semakin banyak konsumen di wilayah mayoritas Muslim di dunia yang memiliki pendapatan lebih tinggi dan tertarik untuk melakukan perjalanan internasional. 

Mereka akan mencari cara berlibur yang ramah keluarga dan konsisten dengan keyakinan dan nilai-nilai mereka.  Kami akan bepergian lagi, dan sertifikasi Halal akan memastikan bahwa hotel, resor, atau spa Anda siap menyambut wisatawan yang bersemangat.

 

Hilda Ansariah Sabri

Hilda Ansariah Sabri, Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers. Saat ini menjabat sebagai Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat ( 2018-2023)