Pegasus Airlines Terpelosok ke Lereng Curam

0
356
Pegasus airlines tergelincir

TRABZON, Bisniswisata.co.id: Pesawat jenis Boeing 737-800 milik Pegasus Airlines tergelincir di landasan pacu bandara Trabzon Turki. Pesawat yang mengangkut 168 penumpang kehilangan kendali dan jatuh menuruni lereng curam di tepi Laut Hitam, hanya beberapa meter dari tepi air laut.

Sebanyak 168 orang penumpang dan dua pilot serta empat kru kabin, dinyatakan selamat dan tidak ada yang terluka sama sekali, dalam insiden ini. Para penumpang hanya panik karena hidung pesawat mengarah ke arah laut, persisnya di tepi pantai.

Pesawat itu baru melakukan penerbangan dari Ankara dan mendarat di Kota Trabzon. Pendaratan tidak berjalan mulus karena pesawat tergelincir di landasan pacu bandara.

“Kami miring ke samping, sementara bagian depan pesawat turun dan bagian belakang naik. Ada kepanikan besar, orang-orang berteriak,” ujar salah seorang penumpang, Fatma Gordu, dikutip kantor berita Turki, Anadolu, Senin (15/01/2018).

Saat pesawat berhenti meluncur di atas lumpur tebal lereng, penumpang mencium bau bahan bakar. “Kami pikir akan ada kebakaran. Orang panik, ada ibu hamil dan anak-anak,” kata Gordu.

Video insiden yang diunggah di media sosial menunjukkan petugas pemadam kebakaran memompa air di atas pesawat pada Sabtu (13/1) malam. “Ini adalah keajaiban. Kita bisa saja terbakar, kita bisa saja meledak atau kita bisa terjun ke laut,” kata seorang penumpang lain, Yuksel Gordu.

Gubernur Trabzon, Yucel Yavuz, mengatakan semua penumpang selamat dari pesawat dan beberapa di antaranya telah dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. “Semuanya baik-baik saja,” ungkapnya.

Pegasus Airlines telah memberikan pernyataan resmi terkait kecelakaan ini. Pesawat Boeing 737-800 mendapat masalah di landasan pacu saat mendarat, tetapi 162 penumpang, dua pilot, dan empat awak kabin dinyatakan tidak terluka.

Salah satu penumpang pesawat tersebut, Fatma Gordu, menceritakan kepanikan di dalam pesawat saat mendarat. “Bagian depan pesawat turun dan bagian belakang terangkat. Penumpang panik, mereka berteriak ketakutan,” kata Fatma. (AND)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.