Jendela Pesawat Komersinal Kok Berbentuk Oval?

0
1088
Penumpang pesawat (Foto: Pinterest)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Ada banyak hal rahasia pada desain pesawat komersial yang perlu diketahui banyak orang. Pernahkah dalam benak Anda terpikir mengapa semua jendela pesawat komersil berbentuk oval? Adakah aturan baku yang membuat semua pesawat harus berjendela bulat?

Jendela pesawat yang dibuat oval bukanlah pilihan desain yang sembrono. Ini adalah inovasi, temuan yang mampu menyelamatkan jutaan jiwa. Jika jendela pesawat komersil dibuat persegi, seperti jendela di rumah, seluruh pesawat nampaknya akan hancur di tengah penerbangan. Mengapa?

Menurut informasi dikutip laman curiosity.com, Selasa (27/3/2018), sekitar pertengahan abad ke-20, maskapai komersial mulai menerbangkan pesawat mereka di ketinggian lebih tinggi. Terbang lebih tinggi ternyata langkah jitu penghematan uang, mengingat terbang lebih tinggi dapat mengurangi kepadatan udara, itu artinya mengurangi hambatan pesawat sehingga lebih sedikit bahan bakar yang terbuang.

Untuk bisa terbang lebih tinggi lagi, maskapai harus melakukan beberapa perubahan desain pesawat komersil. Pertama, kabin pesawat harus diberi tekanan agar semua penumpang bisa bernapas dengan baik saat terbang lebih dari 30.000 meter di atas permukaan laut.

Kedua, desain luar pesawat harus dibuat silindris untuk menahan tekanan udara. Nyatanya kedua desain itu saja tidak cukup, pada 1950-an, tiga pesawat jatuh. Ada satu hal yang mereka lupakan, mereka masih menggunakan jendela persegi.

Sementara jendela persegi dianggap bermasalah bagi pesawat untuk bisa terbang lebih tinggi, karena ada perbedaan tekanan atmosfer dan kabin. Perbedaan ini membuat kabin melebar, yang menjadikan material, dalam hal ini jendela, menjadi rusak.

Berbeda dengan jendela berbentuk oval, yang dipercaya mampu mengalirkan tekanan udara dengan lancar ke sekitar badan pesawat. Jendela oval juga membentuk mengurangi penumpukan tekanan udara yang berpotensi merusak bentuk pesawat. (DAY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.