Diapresiasi, Anak Asuh SOS Magang di Marriott Hotel Group

0
52
Housekeeping jadi sasaran magang anak asuhan : SOS Children’s Villages Indonesia

JAKARTA, bisniswisata.co.id: SOS Children’s Villages Indonesia, organisasi sosial non-profit menyediakan pengasuhan alternatif bagi anak-anak berisiko kehilangan pengasuhan orang tua, menggandeng Marriott Hotel Group meluncurkan program Youth Intership 2020.

Dalam program ini, enam anak asuhan SOS Children’s Villages Indonesia magang di beberapa hotel pilihan jaringan Marriot Hotel Group, yaitu Ritz Carlton Pacific Place, Four Points by Sheraton, The Hemlitage, Keraton at The Plaza, Ritz Carlton Mega Kuningan, dan Mayflower Executive Apartment Jakarta.

“Ini program berkelanjutan. Kami awali di Bandung kini Jakarta. Kami akan kembangkan di Yogya dan Bali, karena industri perhotelan di dua kota itu sangat prospetktif dan mengalami kemajuan yang bagus,” papar National Director SOS Children’s Villages Indonesia, Gregor Hadi Nitihardjo kepada Bisniswisata.co.id saat peluncuran program ini di The Ritz Carlton Jakarta, Jakarta, Kamis (23/01/2020).

Hadi mengakui potensi industri perhotelan sekarang ini sangat cemerlang, seiring dengan kemajuan pariwisata Indonesia yang mengalami peningkatan dalam kunjungan wisatawan mancanegara. “Dan kami memiliki anak asuh menyalurkannya di industri perhotelan untuk magang sesuai dengan kebutuhan,” jelasnya.

Selama enam bulan, terhitung tanggal 24 Januari 2020, keenam anak asuh diperkenalkan pada area kerja perhotelan mulai
bidang kitchen, housekeeping, laundry, hingga engineering. “Syukur-syukur usai magang, anak asuh kami diterima sebagai karyawan hotel sehingga ada masa depan bagi mereka,” lontar Hadi.

Jika tidak diterima, lanjut dia, anak-anak sudah memiliki ketrampilan, pendidikan, pengetahuan dan pengalaman sehingga dapat mengajukan laman di hotel lainnya yang membutuhkan tenaga kerja mereka.

Menurutnya, Program Youth Intership 2020 ini merupakan bagian dari YouthCan! Program global untuk penguatan kapasitas bagi anak muda SOS Children’s Villages yang diluncurkan pada bulan Mei 2017. Program ini menggandeng berbagai pihak untuk mendukung anak muda mencapai kemandirian.

“Fokus dari program ini memberikan pendidikan ketrampilan kerja bagi anak remaja SOS Children’s Villages dengan tujuan meningkatkan kapasitas mereka, baik dalam bentuk hard skill ataupun soft skill,” jelasnya.

Harapannya, tambah dia, anak-anak dari Banda Aceh, Meulaboh, Flores, dan Jakarta ini siap memasuki dunia kerja, khususnya di bidang perhotelan. “Program kerja sama ini juga diharapkan dapat membantu Marriott Hotel Group memperoleh talenta-talenta terbaik,” sambungnya.

Sejak berdiri tahun 1972 hingga 2020, SOS Children’s Villages Indonesia mengasuh dan menaungi lebih dari 18.000 anak dari usia 8 hingga 18 tahun yang tersebar di 10 kota di Indonesia yaitu: Lembang, Jakarta, Bogor, Semarang, Yogyakana, Tabanan, Maumere, Banda Aceh, Mculaboh dan Medan.

Dijelaskan SOS membangun sebuah keluarga menjadi orang tua bagi anak-anak yang kehilangan keluarga. Di tiap rumah,
terdapat satu ibu disertai belasan anak yang tergabung dalam SOS. Seperti biasa, mereka akan didanai oleh SOS untuk
bersekolah. Mulai dari pendidikan dini hingga bangku kuliah.

Di pertengahan tahun 2018, SOS Children’s Villages Indonesia bekerja sama dengan Youth Career Initiative (YCI), lembaga internasional yang memberikan pelatihan perhotelan untuk anak-anak muda yang rentan.

Dengan mitra Hotel Hilton, Four Points, Courtyard Marriott, dan Sheraton di Bandung mereka diberikan pelatihan bidang
perhotelan. Program ini akan berlangsung selama enam bulan. “Selain hotel berbintang, SOS juga bekerja sama dengan kecil yang paling banyak di Bandung dan sekitarnya,” katanya

“Anak-anak kita tentu sangat terbantu dengan kerja sama ini. Kami harapkan lebih banyak lagi rekan-rekan korporasi yang bisa turut mendukung pemenuhan kebutuhan pendidikan dan keterampilan anak muda, sehingga mereka bisa mempunyai bekal yang berguna untuk bersaing di dunia kerja,” sambungnay

General Manager The Ritz-Carlton Jakarta Pasific Place Subin Dharman menambahkan sesuai komitmen global The Ritz-Carlton bahwa Sumber Daya Manusia merupakan aset paling berharga bagi perusahaan, dan setiap orang memiliki kesempatan untuk terus belajar dan berkembang sehingga dapat selalu memberi pelayanan serta kenyamanan terbaik bagi tamu.

“Kami sangat mengapresiasi usaha yang dilakukan SOS Children’s Villages Indonesia dan merasa senang dapat turut
berkonstribusi dalam program ini,” tambahnya. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.