ZTE Buka Konsultasi IT bagi Perhotelan

0
848

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: ZTE menggandeng PT Inet Global Indo Memberikan Konsultasi TIK Gratis Kepada Hotel-Hotel untuk Meningkatkan Kepuasan Pengunjung Hotel. Produk dan solusi teknologi itu, digelar dalam event ZTE Smart Hospitality Solution Conference 2015, sehingga menjadi solusi efektif dan efisien dalam meningkatkan layanan hotel.

Kerjasama ini menghadirkan produk dan solusi teknologi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan hotel-hotel di Indonesia untuk meningkatkan kualitas layanan hotel dan kepuasan pelanggan.

Memasuki era IoT, semua perangkat saling terhubung, seluruh industri membutuhkan jaringan internet yang lebih baik dan cepat dapat diakses di mana saja dan kapan saja, termasuk industri perhotelan. Dalam ranah industri perhotelan, dasar pertimbangan utama adalah bagaimana cara memberikan pelayanan yang nyaman dan mudah bagi para tamu.

Salah satu cara memberikan kemudahan dan kenyamanan dengan memaksimalkan penggunaan teknologi jaringan dan perbaikan manajemen TI, yang tersedia di hotel tersebut. Kebutuhan ini sesuai hasil riset dilakukan Forrester Research pada tahun 2013. Hasil riset menunjukkan koneksi Wi-Fi adalah salah satu fasilitas yang paling dicari oleh para tamu hotel.

Menurut data yang dilansir STR Global pada November 2014, Indonesia telah membangun sebanyak 28.806 kamar hotel baru dan jumlah pembangunan hotel di Indonesia merupakan yang terbanyak ketiga setelah Tiongkok dan India.

Pesatnya pertumbuhan hotel di Indonesia tersebut harus diiringi dengan peningkatan kualitas pelayanan hotel. Hal tersebut dapat dilakukan melalui perbaikan manajemen TI dengan memilih, memasang dan mengelola teknologi yang sesuai kebutuhan hotel tersebut.

“Selain itu, saat ini kebutuhan para tamu hotel akan koneksi jaringan yang lancar untuk memenuhi kebutuhan konektifitas bisnis dan personal mereka terus meningkat”, ucap Kenneth He, Vice President Channel Marketing PT ZTE Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi test.test.bisniswisata.co.id di Jakarta, Ahad (11/10/2015).

Memahami kebutuhan tersebut, ZTE dan PT. Inet Global Indo menghadirkan solusi dan layanan TI menyeluruh dan terintegrasi untuk hotel. Berbagai teknologi dan solusi dengan menghadirkan layanan Wi-Fi, yang jangkauan lebih luas sehingga secara efektif mengurangi blank spot atau daerah yang tidak terjangkau oleh sinyal di seluruh area hotel, meningkatkan kekuatan sinyal, dan memonitor status AP (Access Point), tambah Ken.

Dalam kerjasama ini, ZTE menyediakan solusi akses jaringan broadband dan konfergensi yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan manajemen hotel akan koneksi internet yang optimal untuk mendukung operasional mereka. Solusi jaringan tersebut terdiri dari solusi FTTH (Fiber to The Hotel) yang berbasis teknologi GPON (Gigabit Capable Passive Optical Network) yang merupakan teknologi akses broadband yang berbasis kabel serat optik.

Built in Wi-Fi AP (WE2012) untuk di kamar tamu, AP (W811N) untuk area publik dan koridor, Powerfull PoE Switch (2928E-PS), Access Point Controller (W981s), Thin client (CT220), IPPBX (ZXECS EBG 2800), dan IP Phone (P806L).

Sebagai penyedia layanan internet berlisensi dan penyedia solusi-solusi terintegrasi dalam bidang internet dan jaringan, PT. Inet Global Indo menyediakan layanan proteksi jaringan lengkap yang dapat mengamankan data pelanggan, antara lain adalah layanan antivirus, proteksi email, proteksi jaringan, proteksi server, IPS/IDS, PMS (Property Management System) Hotel, digital signage system, serta solusi OTT (Over The Top) yang dapat diaplikasikan di seluruh kamar hotel.

Seluruh layanan yang disediakan oleh PT Inet Global Indo menggunakan teknologi fiber optik dan wireless dengan layanan SLA (Service Level Agreement) mencapai 99,9%.

“Karena kebutuhan setiap hotel berbeda dan OPEX yang mereka keluarkan berbeda, kami dan ZTE mencoba untuk memberikan solusi yang dapat disesuaikan setiap hotel. Juga memberikan konsultasi bagi hotel yang bersedia bekerjasama, kami memahami kebutuhan mereka dan menawarkan solusi terbaik yang mereka butuhkan. Manajemen hotel dapat memaksimalkan OPEX untuk pengelolaan TI yang mereka keluarkan setiap bulan demi memberikan pelayanan terbaik bagi tamu mereka” Ujar Sukoco Halim, Direktur PT. Inet Global Indo.

“Kami menggunakan ZTE WE2012 AP yang merupakan Wi-Fi access point yang langsung terpasang di dinding. Perangkat juga dilengkapi dengan dua buah port RJ-45 untuk koneksi ethernet. Port USB pun tersedia untuk mengisi baterai layaknya sebuah powerbank. Produk tersebut mampu memperluas jaringan Wi-Fi dan meningkatkan sinyal,” sambungnya.

Solusi TI yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan ini dapat membantu kami dalam mengoptimalkan OPEX yang kami miliki untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, cepat dan mudah, sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan kami. Di samping itu, pemasangan dan perawatannya juga mudah,” jelas Hendry, IT manager Hotel Harris Jimbaran Bali yang telah menerapkan solusi Smart Hospitality hasil kerjasama ZTE dan PT. Inet Global Indo.

Solusi ini telah diimplementasikan di berbagai hotel-hotel ternama, seperti Harris Legian, Harris Sunset Road, Padma Legian, Padma Ubud, dan Swiss-bel International.

Tidak hanya untuk hotel-hotel yang telah beroperasi, ZTE dan PT. Inet Global Indo juga memiliki paket solusi khusus yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan hotel-hotel baru di Indonesia. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.