Zimbabwe Ingin Pelajari Cara Indonesia Majukan Pariwisata

0
772
Tari Kecak di Uluwatu Bali

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Kemajuan pariwisata Indonesia, ternyata menjadi perhatian negara lain. Negara Zimbabwe di Afrika misalnya, ingin mencontoh sekaligus mempelajari tata cara Indonesia mengelola serta memajukan sektor pariwisata, terutama Bali.

‎”Zimbabwe memiliki Victoria Falls, salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Kita mencoba menjadikan Victoria Falls seperti Bali di Indonesia. Karena itu, kami bertemu dengan Pak Jusuf Kalla untuk mengembangkan kerjasama bidang pariwisata,” papar Duta Besar Zimbabwe untuk Indonesia Alice Megaza usai bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, di Kantor Wapres Jakarta, Jumat (14/11/2014).

Victoria Falls merupakan kota di provinsi Matabeland Utara, Zimbabwe. Victoria Falls ditetapkan sebagai taman nasional yang memiliki air terjun spektakuler yang terletak di Sungai Zambezi. “Lokasi wisata tersebut, akan dikembangkan menjadi tempat konferensi internasional, wisata alam, tempat pernikahan dan bulan madu,” jelasnya.

Alice juga memuji pariwisata Bali yang dikenal ke berbagai belahan dunia. Sehingga banyak wisatawan asing yang datang. Bahkan, Bali menjadi tempat favorit untuk penyelenggaraan pernikahan dan bulan madu. Bahkan Bali menjadi tuan rumah bebeberapa konferensi internasional.

Hal itulah yang ingin coba diadopsi oleh pemerintah Zimbabwe di Victoria Falls. “Kita ingin mencontoh dan mempelajari apa yang telah Bali berikan kepada Indonesia,” tambah dia.

Selain mempelajari pariwisata di Bali, Alice juga berbicara mengenai batik. “Zimbabwe, juga memiliki batik dengan corak dan pola yang berbeda dengan yang dimiliki Indonesia. “Karena itu kami juga meminta nasihat dari Indonesia, agar batik Zimbabwe bisa maju seperti Indonesia,” katanya.

“Kita tahu Zimbabwe mendapatkan image negatif dari negara-negara barat. ‎Seperti yang mereka katakan “seeing is believing” setidaknya wisatawan dan investor dari Indonesia datang dan melihat apa yang telah Zimbabwe lakukan,” lontarnya. (redkasibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here