Yuk, Wisata Seru dan Halal ke Lombok

0
724

The Santosa Resor and Villa di Senggigi NTB. Salah satu hotel bintang empat yang menerapkan pelayanan halal. (Foto: Utami Kusumawati)

MATARAM, Lombok, test.test.bisniswisata.co.id: Ingin liburan yang seru tapi tidak ingin repot urusan mencari makanan halal? Tidak usah bingung sebab Lombok kini menawarkan pengalaman berlibur yang ramah bagi Muslim dengan layanan pariwisata kelas dunia.

Kok, bisa? Selain dikenal sebagai tempat ribuan masjid, Lombok juga telah memenangkan penghargaan internasional Halal Travel Award pada tahun lalu. Saat itu, Lombok meraih penghargaan World Best Halal Tourism, World Best Halal Honeymoon dan World’s Best Family Friendly mengalahkan negara seperti Malaysia, Turki, Thailand dan Abu Dhabi.

Penghargaan itu bukan tanpa alasan. Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), rupanya sangat serius menggarap pariwisata halal bagi para wisatawan Muslim yang bertamasya ke daerah tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu Muhammad Fauzal mengatakan saking seriusnya, pemda bersama-sama dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) NTB kini telah menerbitkan peraturan daerah (perda) terkait pariwisata halal.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu Muhammad Fauzal saat berdialog dengan rombongan pers Kemenpar
Kepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu Muhammad Fauzal saat berdialog dengan rombongan pers Kemenpar

“Perda ini lahir dari inisiatif DPRD bukan pemerintah. Sehingga, secara politis pembangunan wisata berbasis halal tidak ada masalah,” ujarnya di Lombok, kemarin.

Adanya perda itu juga menjamin pelaku usaha restoran dan hotel untuk berkomitmen mendorong pariwisata halal di Lombok. Asal tahu saja, kini sudah ada 100 hotel dan restoran di Lombok yang bersertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Dengan sertifikasi itu, Anda yang menginap atau bersantap di salah satu di antaranya tidak perlu cemas dengan adanya makanan non halal ataupun minuman beralkohol. Tak hanya itu, bagi hotel yang bersertifikasi halal, Lalu mengatakan selalu terdapat musholla dan perlengkapan salat bagi kaum Muslim. Hebat bukan?

Tak hanya itu, layanan halal ini juga ditawarkan oleh hotel dan resor dengan kelas bintang 4 atau 5 di wilayah populer turis seperti Senggigi. Tengok saja hotel The Santosa Villas&Resort. Villa mewah ini, kata Fauzal, menjadi rujukan penginapan bersertifikasi halal.

Hal itu dapat dilihat dari menu makanan halal yang tidak mentoleransi adanya alkohol. Selain The Santosa Villas &Resort, ada hotel lain seperti Novotel Lombok Resort and Villas di kawasan pantai Mandalika. Bahkan, Novotel membuat semacam Halal Corner, ujar Lalu.

Selain kedua hotel di atas, ada beberapa hotel yang biasa menjadi langganan wisatawan Muslim mancanegara, khususnya dari Timur Tengah. Misalnya Oberoi Hotel, Svarga Resort Lombok dan Kuta Homestay. Semuanya bebas alkohol dan makanan dijamin halal.

Selain itu, buat Anda yang tertarik mengambil paket wisata, Anda bisa berkonsultasi di Tourism Information Center (TIC) Moslem Friendly mengenai destinasi yang sudah ditetapkan halal oleh pemprov NTB.

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal Kementerian Pariwisata, Riyanto Sofyan mengatakan, destinasi tersebut di antaranya seperti wilayah Moslem Friendly Pantai Senggigi, Kota Tua Ampenan dan Islamic Centre yang menawarkan sajian lampu-lampu menawan dari bangunan masjid sangat megah di NTB.

Jika Anda ingin suka keramaian festival, Anda bisa berkunjung ke Lombok saat diadakannya beberapa perayaan seperti Pesona Tambora, Festival Muharram, MTQ Nasional, serta Bulan Budaya Lombok Sumbawa.

Kunjungan saat berlangsungnya beragam festival tentunya akan menambah wawasan mengenai budaya Islam yang telah menjadi agama mayoritas penduduk NTB. Nah tunggu apalagi ?, yuk wisata halal ke Lombok! (utamid.kusumawati@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.